Renovasi Rumah Lebih Hemat dengan Cara-cara Ini!

18 May 2016 10:25 3727 Hits 0 Comments
Untuk mempercantik rumah tentunya juga diperlukan biaya yang tak sedikit, apalagi jika kalian berencana untuk merenovasi rumah menjelang hari raya Idul Fitri

Bulan ramadhan akan datang sebentar lagi, artinya kita harus mempersiapkan persiapan mental, fisik dan finansial. Sebab kebutuhan yang datang pada saat bulan ramadhan dan menjelang lebaran akan lebih banyak dari bulan-bulan biasanya. Mulai dari persiapan stok makanan untuk sahur dan berbuka, persiapan makanan untuk hari raya dan juga mempercantik rumah agar ketika dikunjungi sanak saudara mereka akan merasa nyaman di rumah Anda.

Untuk mempercantik rumah tentunya juga diperlukan biaya yang tak sedikit, apalagi jika kalian berencana untuk merenovasi rumah menjelang hari raya Idul Fitri. Dari mana kalian akan mendapatkan dana untuk renovasi rumah jika masih banyak kebutuhan finansial lain yang harus dipenuhi? Berikut cara-cara yang bisa kalian coba!

Kredit Renovasi Rumah (Refinancing)

Cara yang pertama ini hanya berlaku bagi kalian yang memiliki sertifikat rumah lebih dari satu unit. Sebab sertifikatnya dapat dijadikan sebagai agunan untuk mendapatkan pinjaman sekitar 80% dari harga taksiran rumah. Bunga yang dibebankan kepada kreditor cukup rendah dan bahkan beberapa produsen semen telah bekerjasama dengan bank untuk memberikan produk layanan renovasi rumah. Kalian harus melampirkan beberapa dokumen di antaranya, KTP, KK, NPWP, Slip Gaji (untuk karyawan), Rencana Anggaran Biaya (RAB) Renovasi Rumah, SHM dan IMB.

Kredit Renovasi BPJS Ketenagakerjaan

Selain Kredit Renovasi Rumah dari Bank, kalian juga dapat memanfaatkan kredit renovasi yang ditawarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk dapat menikmati produk pinjaman ini kalian harus telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selama minimal 5 tahun. Pinjaman ini tak memerlukan agunan, sebagai ganti saldo rekening BPJS Ketenagakerjaan peserta akan menjadi jaminannya. Bunga yang ditawarkan pun lebih rendah dari bunga kredit yang ditawarkan oleh bank.

Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Kredit Tanpa Agunan sebetulnya lebih cocok untuk digunakan sebagai keperluan produktif seperti modal usaha. Sebab bunga yang ditawarkan relatif tinggi karena kemudahannya untuk memberikan pinjaman tanpa agunan dengan plafon kredit yang cukup tinggi bisa mencapai Rp 200 juta dan bisa cair dalam waktu yang cukup cepat sekitar 1-2 minggu bahkan ada beberapa bank yang mencairkannya hanya dalam waktu 2-3 hari saja. 

Rekomendasi Di Baca: 4 Tips Belanja Hemat Yang Wajib Anda Pahami

Over Kredit KPR

Sejak banyak sekali bank yang bersaing untuk memberikan bunga terendah bagi nasabahnya, hal ini sebetulnya bisa dijadikan salah satu keuntungan bagi kalian yang membutuhkan dana untuk merenovasi rumah menjelang lebaran. Sebab kalian dapat mengalihkan KPR (take over) ke bank lain yang memiliki bunga lebih rendah. Dengan cara itu, kalian akan mendapatkan selisih plafon kredit dengan sisa pinjaman yang bisa digunakan untuk melakukan renovasi rumah menyambut hari raya.

Top Up Kredit

Cara yang terakhir ini sekilas memang mirip dengan over kredit KPR. Top Up Kredit untuk biaya renovasi rumah impian Anda menjelang hari raya hanya dapat dilakukan jika kalian merupakan nasabah KPR suatu bank yang belum melunasi cicilan KPR namun sudah berjalan setengah dari tenor waktu yang ditentukan pada perjanjian awal. Selain itu kalian juga wajib memiliki riwayat kredit yang baik guna mendapatkan kredit baru. Prosesnya mudah, sistematikanya begini semisal Anda memiliki cicilan KPR selama 15 tahun dan Anda telah mencicilnya selama 8 tahun artinya kalian dapat top up kredit atau memperbaharui kredit Anda. Selisih dana pinjaman baru yang dikurangi dengan total cicilan KPR sebelumnya bisa Anda manfaatkan untuk merenovasi rumah untuk sambut hari raya dengan tenang dan nyaman. Selamat mencoba!

Tags

About The Author

Nina Anggreini 28
Novice

Nina Anggreini

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang serius meriset untuk materi skripsi ilmu sosiologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel