[Review] Ada Apa Dengan Cinta ? 2

8 May 2016 06:39 2579 Hits 0 Comments
Akhir cerita cinta Rangga dan Cinta yang belum terselesaikan

[Review] Ada Apa Dengan Cinta ? 2Siapa yang tidak tahu film drama romantis berjudul Ada Apa Dengan Cinta ? yang tayang pada tahun 2002 silam ?  Film yang disutradarai oleh Rudi Soedjarwo ini merupakan film yang booming pada masanya dan memiliki ending menggantung di akhir cerita. Pastinya penggemar film AADC sangat penasaran dengan akhir cerita cinta dari Rangga dan Cinta yang harus berpisah di bandara.

Akhirnya setelah 14 tahun menunggu, para penggemar dapat menjawab rasa penasaran mengenai akhir cerita dua sejoli tersebut. Mengingat, Mira Lesmana dan Prima Rusdi telah memutuskan untuk menulis naskah sekuel dari AADC yang berjudul Ada Apa Dengan Cinta ? 2 yang ditayangkan pada tanggal 28 April 2016. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini menceritakan mengenai pertemuan Rangga dan Cinta yang telah lama berpisah. Film AADC 2 berdurasi dua jam dan mempunyai cerita yang berbeda dengan mini drama dari LINE yang beredar pada tahun 2014.

Film ini diawali dengan Genk Cinta yang beranggotakan Cinta (Dian Sastrowardoyo), Karmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia)  melakukan reuni setelah sekian lama tidak bertemu. Setelah sekian lama berpisah, ternyata banyak hal yang telah terjadi. Maura yang telah menikah, Milly tengah mengandung anak pertamanya, dan Carmen baru saja keluar dari pusat rehabilitasi, sementara Cinta sendiri telah lama putus dengan Rangga dan baru saja bertunangan dengan pengusaha muda bernama Trian (Ario Bayu). Para sahabat lama itu memutuskan  pergi berlibur ke Yogyakarta tanpa pasangan untuk mengobati rasa rindu yang lama terpendam.

Dan di waktu yang bersamaan, Rangga (Nicholas Saputra) yang telah lama menetap di New York, memutuskan untuk kembali ke Indonesia, lebih tepatnya ke Yogyakarta untuk menemui ibunya yang sudah 25 tahun tidak pernah ia temui. Sepertinya takdir memang menginginkan kedua insan ini bersatu, terbukti dengan pertemuan yang tidak terduga antara Karmen, Milly dengan Rangga. Carmen yang berasumsi jika masalah percintaan Rangga dan Cinta harus diselesaikan sebelum acara pernikahan Cinta, memutuskan untuk membuat Cinta bertemu dengan mantan kekasihnya itu agar bisa menyelesaikan kisah cinta mereka.

Cinta masih sama seperti dulu, gengsi dan malu-malu kucing untuk bertemu dengan Rangga. Disinilah segala masalah percintaan Rangga dan Cinta diulas dan terkuaknya sebuah alasan yang membuat Rangga memutuskan Cinta pada tahun 2006 silam melalui sepucuk surat. Ternyata setelah sekian lama mereka berpisah, pria berambut kriting tersebut masih menyimpan rasa untuk Cinta, dan berharap agar bisa memulainya hubungan mereka dari awal. Bagaimana dengan akhir dari kisah cinta Rangga dan Cinta ? Siapa yang akan dipilih Cinta ? Cinta pertama yang pernah melukai hatinya ataukah tunangannya yang bernama Trian ?

[Review] Ada Apa Dengan Cinta ? 2

Film Ada Apa Dengan Cinta ? 2 memang membuat para penggemar penasaran, mengingat film sebelumnya yang begitu memukau dengan puisi-puisi yang diciptakan oleh Rako Prijanto. Dalam film yang tayang perdana pada 28 April 2016 ini juga terdapat beberapa puisi karya M. Aan Mansyur yang tak kalah mengagumkan dari puisi Tentang Seseorang.

Bandara dan udara memisahkan New York dan Jakarta. Resah di dadamu dan rahasia yang menanti di jantung puisi ini dipisah kata-kata. Begitu pula rindu, hamparan laut dalam antara pulang dan seorang petualang yang hilang. Seorang ayah membelah anak dari ibunya dan sebaliknya. Atau senyummu, dinding di antara aku dan ketidakwarasan. Apa kabar hari ini? Lihat, tanda tanya itu, jurang antara kebodohan dan keinginanku memilikimu sekali lagi.

Riri Riza juga membumbui filmnya ini dengan humor yang mampu membuat para penonton tertawa bersama dan hanyut dalam ceritanya. Dalam film karya Mira ini menampilkan keindahan dari kota Yogyakarta, tetapi ada beberapa bagian yang view-nya terkesan biasa karena pengambilan gambar yang kurang tepat, seperti saat Rangga dan Cinta menyaksikan sunrise bersama di Bukit Punthuk Setumbu.

Sangat disayangkan, film AADC 2 mempunyai alur yang sangat lambat dan membuat penonton juga merasa sedikit bosan. Pasalnya, pada cerita ini hanya terfokus pada saat Rangga dan Cinta menghabiskan satu hari pertemuan mereka setelah lama berpisah. Meski demikian, film ini mendapat antusias yang sangat tinggi dari penggemar, terbukti pada hari ke tiga penayangan film AADC 2 telah ditonton 700.000 penonton dan pada tanggal 2 Mei mampu menembus hingga 1.000.000 penonton.

 

About The Author

Belinda Mufidah 29
Novice

Belinda Mufidah

I love reading and writing. Because with words I can explain my own feelings :)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel