5 Langkah Tepat Jualan Online di Facebook

3 May 2016 17:01 2976 Hits 0 Comments
Era internet yang muncul menggantikan era media massa merupakan salah satu peluang yang bisa dijadikan lahan untuk para pelaku bisnis

Kesuksesan adalah milik semua orang, begitulah kata-kata motivasi yang seringkali digaungkan oleh para orang terkaya di dunia saat ini. Ya, memang benar adanya siapapun bisa meraih kesuksesan asalkan ingin bekerja keras dalam mencapai impiannya.

Era internet yang muncul menggantikan era media massa merupakan salah satu peluang yang bisa dijadikan lahan untuk para pelaku bisnis. Sebab dengan memanfaatkan internet, kalian dapat menjaring konsumen dan audiens lebih banyak dari model bisnis konvensional. Ambil contoh saja jejaring sosial seperti Facebook. Sudah banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan jejaring sosial ini untuk memperluas cakupan bisnisnya.

Dengan mengoptimasi halaman Facebook kalian, tentunya audiens yang akan didapat tidak hanya berasal dari lokasi di mana kamu berada namun juga dari lokasi-lokasi lain yang belum pernah kalian jamah sebelumnya. Hal ini merupakan potensi yang tepat untuk melakukan ekspansi bisnis. Mau tahu bagaimana caranya?

Optimalkan Laman Facebook

5 Langkah Tepat Jualan Online di Facebook

Menggunakan Facebook sebagai bisnis rumahan dan sarana pemasaran online merupakan salah satu cara untuk menjangkau lebih banyak audiens. Namun sebelum memulainya, kalian harus terlebih dahulu mengoptimalkan halaman Facebook untuk bisnis online kalian. Berikan deskripsi yang jelas mengenai bisnis yang dijalankan. Cantumkan alamat agar audiens dapat mempercayai bisnis kalian, jangan lupa juga untuk cantumkan kontak yang bisa dihubungi agar audiens dapat menghubungi kalian dengan mudah. Untuk membuat bisnis online ini terlihat lebih profesional, sertakan juga link yang mengarah ke website utama kalian atau ke halaman media sosial yang lainnya.

Responsif Terhadap Komentar

5 Langkah Tepat Jualan Online di Facebook

Agar audiens betah dan menjadi pengikut setiamu, selalu responsif terhadap komentar yang masuk merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan. Sebab mereka akan merasa dihargai jika pertanyaan-pertanyaan terkait bisnismu terjawab dengan waktu yang cukup cepat. Artinya, mereka akan menganggapmu sebagai salah satu toko online yang responsif terhadap pertanyaan konsumen. Apabila kalian tidak memiliki banyak waktu untuk merespon dengan cepat, pekerjakanlah seseorang untuk menangani tugas tersebut.

Remarketing

5 Langkah Tepat Jualan Online di Facebook

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang juga menawarkan iklan seperti halnya media sosial yang lain. Apabila kamu sudah merasa cukup untuk mengiklankan produkmu pada laman Facebook bisnismu, namun engagement dari pelanggan dirasa kurang maksimal kamu selalu bisa memasang iklan ke Facebook agar lebih banyak lagi orang yang bisa melihat produkmu. Lakukan ini secara berkala agar semakin banyak orang yang berminat untuk membeli produk yang kalian jual.

Less Agressive

Media sosial bukanlah merupakan platform yang tepat untuk melakukan metode hard selling, oleh karena itu jangan pernah  mengaplikasikan metode tersebut di Facebook. Di Facebook, tugas utama kalian adalah menarik minat calon pembeli. Sehingga kalian harus membuat konten yang menarik agar mereka tertarik membeli produk yang kalian jual.

Strategi Promosi

Strategi promosi yang bisa dilakukan untuk bisnis online di Facebook adalah dengan membuat sebuah kegiatan sosial agar banyak audiens yang tertarik untuk ikut berpartisipasi. Selama ini, kegiatan sosial merupakan cara yang paling ampuh untuk menarik minat pembeli, loh. Kalian bisa membuat promo-promo tertentu semisal seperti menyisihkan 5% dari setiap pembelian produk untuk sedekah kepada yayasan yang membutuhkannya. Dengan cara ini, bisnis online yang kamu miliki tidak hanya menampilkan produk yang dijual saja, namun juga melakukan kebaikan untuk sesama manusia.

Tags Facebook

About The Author

Nina Anggreini 28
Novice

Nina Anggreini

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang serius meriset untuk materi skripsi ilmu sosiologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel