9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

24 Apr 2016 11:50 8248 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Jam dinding dengan bentuk bulat dan jarum jam sudah kuno. Kini sudah hadir jam-jam unik dengan berbagai bentuk dan radikalitas desain.

Seringkali manusia lupa waktu. Kita bekerja sampai lupa waktu. Bermain sampai lupa waktu. Menonton sampai lupa waktu. Surfing artikel di Plimbi sampai lupa waktu ...

Dan agar tidak lupa waktu itulah salah satu fungsi jam. Jam adalah alat yang fungsi utamanya untuk memberitahu waktu. Dengan mengetahui waktu, setidaknya manusia bisa sadar, telah selama apa ia melakukan suatu aktivitas.

Kita bisa menemukan jam di berbagai tempat dan berbagai rupa. Pada pergelangan tangan, terdapat jam tangan atau arloji. Di dinding, terdapat jam dinding. Di layar ponsel dan komputer, terdapat jam digital. Di menara bangunan, terdapat jam menara. Ada pula jam yang memiliki lemari khusus, yang biasanya mengeluarkan bunyi lonceng khas ketika menunjuk pada waktu tertentu.

Desain jam-jam itu sendiri biasanya konvensional. Jam analog cenderung menggunakan jarum dan angka (atau objek/simbol lain) sebagai penunjuk waktu. Sedangkan jam digital umummnya menggunakan angka yang ditampilkan pada layar LCD sebagai penunjuk waktu. Namun begitu, kesepuluh jam yang akan ditampilkan berikut ini adalah sekumpulan jam dinding yang memiliki desain yang tak biasa.

1. RND Time oleh Progetti

9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

Progetti adalah studio yang bermarkas di Moskow, Republik Federasi Rusia. Jam RND Time adalah jam dinding yang didesain oleh Progetti, dengan konsep angka yang mengacak namun dalam keteraturan. Sekilas, angka-angka penunjuk waktu jam ini diatur pada posisi yang membingungkan dan mengacak. Padahal, sebenarnya angka-angka tersebut berada pada sudut yang sama seperti posisi angka pada jam konvensional.

Dengan kata lain, ketika jam ini menunjuk angka tiga, tetap saja jarum jam membuka 90 derajat dari angka 12. Jam RND Time ini sangat cocok dipasang pada dinding yang luas dengan warna yang kontras, seperti pada gambar.

2. Domino Clock

9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

Domino, juga dikenal sebagai gaple, adalah permainan rakyat yang dikenal luas di Indonesia. Permainan yang seringkali membuat orang lupa waktu. Lantas, bagaimana jadinya kalau bentuk kartu gaple dijadikan inspirasi untuk jam dinding?

Studio Carbon Design telah membuat desain jam dinding yang mengambil inspirasi dari kepingan kartu domino. Terdiri dari 3 unit panel jam, masing-masing unit panel tersebut menunjukkan angka jam, menit, dan tanda pemisah. Yang unik, Domino Clock menampilkan angka-angka waktu itu dengan susunan simbol titik layaknya kartu domino.

3. Mhin Clock

Bicara soal desain, maka Mhin Clock rancangan James Tobin dari Illinois, Amerika serikat ini adalah salah satu desain jam yang paling revolusioner. Alih-alih menggunakan desain jam dinding konvensional yang menggunakan jarum atau angka, Mhin Clock menunjukkan waktu dengan graphic bar atau grafis batang berwarna hitam, yang kontras dengan bodi jamnya yang berwarna putih.

Sang perancang menyatakan bahwa desain Mhin Clock sengaja dirancang minimalis dan unik agar “to complement the relaxing atmosphere of the home” senada dengan suasana tenang di rumah Anda. 

4. The Clock oleh Christiaan Postma

Bicara soal jam dinding unik, maka jam dinding bernama The Clock yang dirancang oleh desainer asal Belanda, Christiaan Postma, adalah salah satu yang mengagumkan.

The Clock adalah menggabungkan elemen analog jam dinding, yaitu jarum jam, dengan seni tipografi. Ini karena meskipun The Clock terdiri dari 150 pasang jarum jam dan menit, jam The Clock menunjukkan waktu bukan melalui jarum jam dan menit tersebut, melainkan dengan membentuk kata tertentu dengan jarum jam tersebut.

5. Written Reminder Alarm Clock

9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

Masyarakat dewasa ini sudah sangat lazim dengan smartphone. Namun sayangnya, kepintaran dan keserbabisaan smartphone seringkali tidak dimanfaatkan dengan maksimal. Termasuk satu fitur: reminder.

Hammacher Sclemmer merancang jam Written Reminder Alarm Clock dengan desain futuristik sekaligus fungsional. Unit jam utamanya menampilkan angka digital yang menunjukkan waktu. Namun bagian paling menariknya adalah papan mika transparan yang bisa berpendar jika lampu pada unit jam utama menyala.

Jika Anda menuliskan sebuah pesan reminder pada papan tersebut dengan tinta khusus yang disediakan, tulisan pengingat itu pun akan berpendar seolah menyala.

6. QlockTwo

9 Jam Dinding Keren dengan Desain Antimainstream

Melihat penampilannya, jam Qlock Two mungkin sepintas terlihat lebih mirip seperti poster atau signboard ketimbang jam dinding. Namun Qlock Two benar-benar jam dinding, yang menunjukkan waktu melalui huruf dan kata-kata alih-alih menggunakan jarum atau angka.

Didesain oleh Biegert & Funk, jam dinding unik ini juga tersedia dalam bentuk arloji dan juga dalam beberapa pilihan warna yang lebih cerah.

7. Catena Wall Clock

Jam dinding yang satu ini juga tidak kalah unik. Catena Wall Clock dirancang oleh Andreas Dober, juga tidak menggunakan jarum jam sebagai penunjuk waktu. Akan tetapi, yang digunakan adalah rantai yang berputar pada gir, seperti halnya mekanisme rantai sepeda. Di sepanjang rantai itu, menempel angka-angka penunjuk waktu.

Jika waktu menunjukkan pukul 6 misalnya, maka angka 6 akan dikerek dan berposisi paling atas. Demikianlah cara jam ini menunjukkan waktu.

8. Aspiral Clock

Satu lagi jam yang antimainstream, adalah Aspiral Clock. Didesain oleh Will Aspinall dan Neil Lambeth, sekilas tampak seperti papan target panahan besar, dengan angka-angka 1 sampai 12, yang padahal sebenarnya itu adalah lintasan spiral.

Lintasan spiral tersebut akan berputar sementara sebuah bola berwarna kontras akan melewati angka-angka yang tercetak pada lintasan tersebut, menunjukkan waktu.

9. Math Clock

Dan yang terakhir, adalah jam yang berpotensi membingungkan mereka yang tidak bersahabat dengan aljabar, perpangkatan, dan kalkulus: The Math Clock. Dari namanya saja, jam ini sudah jelas paling cocok untuk para penggemar matematika.

Mengapa demikian? Karena angka-angka yang menunjukkan waktu pada jam ini menggunakan persamaan matematika. Selain memberi kesan nerdy dan geek, jam ini juga bisa menjadi humor (yang garing). Misalnya, teman Anda bertanya, “Pukul berapa sekarang?” Anda jawab dengan, “Pukul 52 – X2 + X = 10, sebentar lagi salat Isya."

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel