Tips Agar Baterai Laptop anda tetap awet

22 Apr 2016 10:30 3454 Hits 6 Comments
Ingin baterai laptop tetap awet. Ini caranya..

 

Beberapa bulan lalu saya membeli laptop baru bersama teman kakak saya, dari beliaulah saya mengetahui beberapa cara supaya baterai laptop anda tetap awet. Namun, cara-cara berikut ini harus dilakukan dengan sungguh-sungguh sesuai dengan Tipsnya :

  1. Jangan menggunakan laptop anda diatas alas yang mudah menyerap panas. Gunakanlah pada alas yang dapat memantulkan panas agar laptop anda tidak bertambah panas saat digunakan. Alas yang direkomendasikan : Lantai, Meja yang terbuat dari kaca atau logam. Juga yang paling sederhana meja kayu.
  2. Charger laptop anda ketika baterai menunjukan sisa 15% jangan sampai kurang dari 15% atau sampai mati dulu baru dicharger.
  3. Jangan charge laptop anda sampai Full 100% melainkan hanya sampai 90% saja. Namun hal ini kadang sulit diprediksi menginggat laptop anda dalam keadaan mati. Jadi perkirakan saja lama waktu penchargeran.
  4. Jangan menggunakan laptop anda ketika masih dicharger agar laptop tidak mudah panas.
  5. Jangan menggunakan laptop secara terus menerus dan berlebihan. Maksudnya jangan menggunakan laptop anda terlalu lama untuk bekerja atau mengerjakan tugas.
  6. Saat pemakaian pastikan suhu ruangan dalam kondisi normal atau tidak terlalu panas. Juga disarankan terdapat pendingin suhu seperti AC atau Kipas angin.
  7. Hindari baterai dari air, sinar matahari langsung juga debu-debu yang dapat masuk ke laptop dan merusak komponen.
  8. Atur kecerahan laptop tidak terlalu cerah untuk mengurangi penggunaan daya yang berlebihan. Karena apabila kecerahan laptop anda terlalu tinggi ini bisa menyerap daya baterai lebih cepat.
  9. Bersihkanlah vertilisasi laptop anda menggunakan alat khusus yang bisa dibeli ditoko komputer.
  10. Hindari melepas baterai apabila listrik tiba-tiba padam, karena dapat mempengaruhi perangkat laptop anda. 
  11. Dengarkan musik atau film dengan menggunakan handset. Karena speaker laptop kecil jadi walaupu  suaranya dibesarkan tetap saja terdengar lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan handset
  12. Nonaktifkan Screen saver. Screen saver memang memberikan penampilan yang keren bagi laptop, tapi anda juga harus tau bahwa menggunakan screen saver sama juga seperti menghidupkan video laptop.
  13. Matikan perangkat yang memakan baterai ketika digunakan. Seperti, Bloetooth dan Wifi. Terutama saat anda sedang mengetik tugas atau menonton film. Bloetooth dan wifi bekerja menerima sinyal jadi mereka tetap menguras daya tahan baterai.

 

Demikianlah beberapa tips menjaga baterai laptop anda tetap awet. Sangat mudah sebenarnya merawat baterai laptop anda tetap awet. Hanya tergantung pada kesabaran anda melakoninya. Saya berharap tips ini dapat berguna dan membantu anda sekalin dalam merawat laptop anda.

Tags Laptop

About The Author

yuznia anggraini 28
Novice

yuznia anggraini

Grow up
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel