Inilah TravelMate B117, Laptop Tahan Banting Pertama dari Acer

12 Apr 2016 15:00 6796 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Acer berencana melepas TravelMate B117, rugged laptop pertama Acer untuk konsumen pelajar dan mahasiswa.

Selama ini, ketika mendengar laptop istilah rugged laptop para pemerhati perkembangan komputer dan laptop tentu hanya mengingat beberapa merk yang memang sudah dikenal sebagai produsen laptop dengan daya tahan ekstrem. Misalnya Panasonic dengan keluarga ToughBook yang legendaris atau Dell yang belum lama juga bermain di segmen pasar ini.

Dan kini, Acer rupanya mulai akan ikut bergabung pada segmen khusus ini dengan memperkenalkan laptop TravelMate B117 yang didapuk sebagai rugged laptop pertama ala Acer. Namun begitu, Acer punya filosofi sendiri tentang rugged laptop. Seperti apa desain dan spesifikasi yang dibawa TravelMate B117? Berikut ulasannya.

 

Desain dan Penampilan Fisik

Inilah TravelMate B117, Laptop Tahan Banting Pertama dari Asus

Pertama kali saya mengenal yang namanya rugged laptop alias laptop tahan banting adalah ketika membaca artikel ulasan tentang Panasonic Toughbook hampir 15 tahun yang lalu. Sejak saat itu, yang saya kenal sebagai laptop tahan banting senantiasa berpenampilan sangar dan kekar, layaknya Panasonic Toughbook.

Ketika Dell merilis laptop Latitude Rugged Extreme pun, penampilannya didesain dengan bentuk yang tebal, bongsor, dan kekar. Penuh dengan fitur perlindungan bodi dan komponen dalam sehingga tampak seperti peralatan militer.

Penampilan garang dan kekar semacam itu memang tidak mengherankan berhubung kebanyakan rugged laptop memang dirancang dan digunakan untuk keperluan tugas lapangan. Laptop tahan banting semacam Latitude Rugged Extreme dan Toughbook adalah laptop yang sebagian besar penggunaannya diekspektasikan berada di luar ruangan alias outdoor sehingga perlindungan ekstra terhadap bodi dan komponen laptop tersebut diperlukan.

Nah berbeda dari itu, Acer justru merancang laptop TravelMate B117 sebagai laptop pelajar. Sekali lagi, laptop pelajar. Student’s notebook. Perancangan rugged laptop sebagai laptop pelajar memang belum lazim, tapi masuk akal.

Pelajar dan mahasiswa membutuhkan laptop sebagai alat bantu mengerjakan tugas. Namun kedua segmen pengguna ini termasuk pengguna dengan mobilitas dan aktivitas yang intens sehingga laptop dengan daya tahan ekstra sangat-sangat diperlukan oleh mereka. Namun sayangnya, kebanyakan laptop yang ada di pasaran saat ini justru memiliki durabilitas yang meragukan. Bahkan laptop yang memang dibuat dengan build quality yang kokoh sekalipun tidak jarang takluk dengan berbagai perlakuan takberperikelaptopan sengaja maupun tak sengaja.

Nah, karena dirancang sebagai laptop pelajar, Acer mendesain laptop tahan bantingnya ini dengan penampilan yang cenderung rapi dan dinamis ketimbang sangar dan kekar seperti laptop militer.

Bodi laptop ini dibuat dari material plastik dengan tekstur kasar. Tekstur ini membuatnya tidak licin dan relatif aman dari risiko terlepas ketika digenggam. Yang menarik dari bodi laptop ini adalah adanya lapisan karet pengaman yang mengitari bodi bagian sisi. Karet ini berfungsi sebagai pengaman bodi dari benturan sekaligus sebagai semacam seal yang melindungi komponen bagian dalam dari kebocoran air dari luar.

Selain itu, karena dirancang untuk para pelajar dengan mobilitas tinggi, TravelMate B117 hanya berbobot 1,35 kg. Bobot ini tidak jauh beda dari kebanyakan laptop mainstream dan netbook masa kini. Jelas ini keunggulan dibandingkan rugged laptop merk lain yang beratnya bisa sampai di atas 5 kg bahkan ada yang belasan kilogram.

 

Spek CPU, Memori, dan Penyimpanan Data

Inilah TravelMate B117, Laptop Tahan Banting Pertama dari Asus

Bicara soal penampilan, kepraktisan penggunaan, dan potensi mobilitas, Acer TravelMate B117 memang bisa disebut sebagai laptop sehari-hari yang serba bisa dan relatif lebih praktis dibanding rugged laptop dari merk lain yang bobot dan dimensinya yang tidak jarang merepotkan. Namun begitu, jika diperbandingkan soal spek hardware, spesifikasi teknis komponen jeroan yang ditanamkan ke dalam laptop Acer TravelMate B117 mungkin bisa dibilang inferior.

Acer hanya memberikan prosesor Intel Pentium atau Intel Celeron pada laptop ini. Sementara itu, beberapa laptop dari vendor lain sudah menanamkan prosesor Intel Core i3 sampai i7 atau AMD terbaik untuk laptop-laptop tahan banting buatan mereka.

Mendampingi prosesor, memori yang ditawarkan tersedia dalam berbagai konfigurasi. Namun memori maksimal yang ditawarkan adalah 4GB. Sementara untuk media penyimpanan data, Acer berencana memasang HDD atau eMMC. Namun demi durabilitas, pilihan eMMC sebenarnya adalah yang terbaik ketimbang HDD konvensional.

 

Fitur dan Durabilitas

Sebagai laptop tahan banting alias rugged laptop, fitur dan keunggulan utama laptop ini dibanding laptop mainstream tentu soal durabilitas. Beragam fitur pertahanan terhadap ancaman kerusakan akibat bantingan, debu, kotoran, dan air dipasang pada laptop ini oleh Acer.

Salah satu fitur keamanan yang telah disebutkan sebelumnya adalah adanya guard rubber alias karet penahan yang melingkari bagian samping bodi. Karet ini berfungsi sebagai peredam benturan jika laptop terjatuh atau bertumbukan dengan benda keras.

Jika dibandingkan dengan laptop mainstream, fitur guard rubber ini jelas sebuah fitur ekstra. Namun jika dibandingkan dengan beberapa laptop tahan banting dari vendor lain seperti Panasonic dan Dell, fitur proteksi ini bisa dibilang masih minimal. Namun begitu, sekali lagi, Acer merancang laptop ini dalam ekspektasi penggunaan oleh pelajar dan mahasiswa, bukan murni untuk keperluan lapangan atau murni untuk penggunaan luar ruangan.

Tapi setidaknya, Acer tetap menjaga durabilitas laptop ini dengan memberikan fitur keyboard yang tahan tumpahan air, engsel yang tahan 25 ribu ayunan dan bisa membuka hingga 180 derajat, plus material bodi yang sanggup menahan beban sampai 60 kg.

 

Simpulan dan Harga

Dari konsep spesifikasi dan desain, laptop TravelMate B117 sebenarnya adalah laptop yang sangat menarik dan berpotensi menjadi incaran konsumen di 2016 ini. Selling point utamanya jelas kategorinya sebagai laptop tahan banting alias Inilah TravelMate B117, Laptop Tahan Banting Pertama dari Asusrugged laptop. Desainnya yang tidak terlalu sangar, bahkan justru berkesan dinamis dan bobot yang tidak berat membuatnya praktis untuk dibawa-bawa seharian.

Bayangan harga resmi sendiri belum dikeluarkan oleh Acer. Namun begitu, dengan mempertimbangkan spesifikasi hardware yang dibawanya, kita bisa mengekespektasikan harga laptop Acer TravelMate B117 ini tidak akan semahal laptop-laptop tahan banting dari merek lain yang biasanya dilepas ke pasaran dengan harga di atas Rp 20 jutaan.

Tags Acer Laptop

About The Author

Shafwan Nugraha 78
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel