iOS 9.3 Sudah Diluncurkan, Mau Upgrade? Coba Lihat Ini Dulu

25 Mar 2016 10:00 3874 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Seperti ketika ingin meng-update aplikasi atau software apa pun, Anda terlebih dahulu harus lihat apa yang di bawa versi terbaru iOS ini

Apple baru saja baru saja mengumumkan iOS 9.3 dengan “Let Us Loop You In” medianya dan siap untuk didownload sekarang. Berfokus pada perbaikan bug dan peningkatan performa, ada beberapa fitur baru yang membuat update lebih berasa di iPhone atau iPad Anda.

Seperti ketika ingin meng-update aplikasi atau software apa pun, Anda terlebih dahulu harus lihat apa yang di bawa versi terbaru iOS ini. Kalau cocok, langsung masuk ke Setting > General > Software Update. Mari kita lihat apa saja yang di bawa iOS 9.3.

 

Night Shift

Mungkin ini adalah fitur terbesar iOS 9.3, mode Night Shift. Jika Anda pernah menggunakan F.lux pada Mac atau PC Anda sudah tahu apa gunanya ini.

Menggunakan iPhone atau iPad di malam hari, di ruang tidur yang agak gelap bisa membuat Anda sulit tidur karena cahaya biru dari layar, otak Anda bisa menganggap itu seperti cahaya siang hari. Night Shift berusaha mengatasi ini dengan mengurangi atau menghilangkan cahaya biru pada layar Anda di malam hari. Layar Anda akan terlihat berwarna kuning atau oranye, itu akan lebih mudah diterima Anda di malam hari.

Karena perangkat iOS Anda tahu dan bisa memperkirakan di mana Anda berada, dia tahu sunset dan sunrise dan dapat mengatur jumlah cahaya biru di layar sesuai waktu. Anda dapat mengubah pengaturan ini secara manual (di Settings > Display and Brightness > Night Shift) dan enable dan disable itu dari Control Centre (ada tombol baru antara Timer dan Calculator).

Sayangnya, Night Shift hanya bekerja pada ponsel dengan prosesor 64-bit, jadi hanya bekerja pada perangkat iOS dari 2013 ke atas (iPhone 5s atau yang lebih baru, iPad Air atau yang lebih baru, Mini Pad 2 atau yang lebih baru, iPad Pro dan iPod Touch yang terbaru).

iOS 9.3 Sudah Diluncurkan, Mau Upgrade? Coba Lihat Ini Dulu

 

Suport Multi-User di iPad

Sudah cukup lama pengguna iOS meminta perangkat mereka suport multi-user di iPad. Masuk akal juga  iPad lebih mungkin untuk dibagi dengan orang lain seperti keluarga, pacar atau teman dibanding iPhone. Apple enggan menambahkan multi-user karena cara aplikasi dan data mereka disimpan dan untuk mempertahankan rasa simple.

Yang berubah id IOS 9.3 mereka menambahkan multi-user. Itu merupakan bagian baru Apple “iOS Education” yang bertujuan membuat iPad lebih berguna di sekolah. Ada fitur yang bernama Shared iPad, tetapi ini hanya ada di iPad yang ada di bawah aplikasi Apple School Manager. Dengan kata lain, ini tidak akan tersedia di banyak pengguna.

 

iOS for Education

Berbicara mengenai iOS Education, untuk guru iOS 9.3 menyediakan beberapa fitur yang sangat berguna.

Ini memungkinkan setiap siswa untuk punya aplikasi dan dokumen mereka sendiri. iOS Education juga menyediakan aplikiasi Classroom yang memungkinkan guru membuka aplikasi di setiap iPad di dalam kelas dan membimbing muridnya melalui aplikasi.

Selanjutnya guru bisa melihat layar dan iPad setiap siswa untuk melihat bagaimana mereka menangani suatu aktivitas dan mereka bisa mengunci muridnya hanya pada satu aplikasi, jadi mereka tidak akan terganggu dengan hal lainnya di iPad.

Mengelola beberapa iPad mudah, aplikasi Apple School Manager membuat mudah menambah atau menghapus murid dari kelas, membuat mata pelajaran dan bisa dengan cepat menambahkan buku baru dan aplikasi untuk setiap orang di kelas.

iOS 9.3 Sudah Diluncurkan, Mau Upgrade? Coba Lihat Ini Dulu

 

TouchID untuk Notes

Aplikasi Notes benar-benar berguna untuk mencatat segala macam informasi dengan cepat. Bagi sebagian orang, ini termasuk informasi sensitif jadi butuh pengamanan yang lebih. iOS 9.3 memungkinkan catatan Anda di Notes akan di protected TouchID, jadi informasi sensitif bisa diakses dengan mata Anda.

Anda bisa melindungi catatan dengan memilih dan menekan tombol Share (kotak dengan panah menunjuk ke atas) dan menekan tombol ikon kunci di bagian bawah.

Jika Anda punya ponsel yang lebih lama tanpa TouchID atau tidak suka menggunakannya ada pilihan untuk melindungi catatan dengan kode atau password.

 

Perbaikan lainnya

iOS juga memperbaiki Aplikasi Health yang semakin banyak penggunanya karena Apple Watch. Integrasi dengan Apple watch semakin mudah dan baik.

Aplikasi Apple News juga mendapat perbaikan. Sebelumnya hanya terbatas sebagian kecil majalah dan koran (seperti New York Times dan Wired) sekarang lebih luas. Tata letak dan format kontennya juga lebih baik.

iOS 9.3 Sudah Diluncurkan, Mau Upgrade? Coba Lihat Ini Dulu

CarPlay yang lebih baik. iOS 9.3 membantu mengintegrasikan Apple Music ke CarPlay dengan menambah New dan For You ke aplikasi Music. Selebihnya perbaikan di bug dan performa, 3D Touch Shortcut dan Siri. Tertarik dengan update terbaru iOS setelah melihat perubahan dan penambahan fitur? 

About The Author

Ricky Sulastomo 74
Expert

Ricky Sulastomo

Gemar menulis, tertarik dibidang teknologi (orang bilang geek) dan sepak bola

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel