Transfer Data Secepat Kilat dengan USB Flashdrive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

21 Mar 2016 09:00 1918 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Butuh penyimpanan data besar dengan dimensi lebih kecil daripada hard disk eksternal? Inilah Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

Belakangan ini, tingkat penjualan USB external HDD (hard-disk drive) rupanya sudah tidak seseret dulu. Ketika pertama kali beredar di pasaran Indonesia, harga hard disk external masih dianggap terlalu tinggi dan belum terlalu ekonomis di mata para konsumen. Sekitar lima tahun lalu saja misalnya, kebanyakan konsumen masih lebih memilih membeli USB flash drive karena harga per unitnya yang terbilang lebih murah daripada harga per unit USB external HDD.

Kini, penjualan USB external hard disk justru lumayan populer ketimbang USB flash drive. Pertimbangannya adalah perbandingan kapasiter per rupiah yang terbilang paling ekonomis ketimbang media penyimpanan data portabel lain, apalagi media optik seperti CD ROM dan DVD ROM.

Namun demikian, hard disk eksternal memiliki satu kekurangan ketimbang USB flash drive: ukurannya yang masih relatif besar (jika dibandingkan dengan USB flash drive) dan komponen dalamnya yang banyak berisi komponen fisik bergerak.

Keunggulan inilah yang membuat USB flash drive masih tetap populer sebagai salah satu media penyimpanan data portabel. Meskipun sudah ada USB external SSD (solid-state drive) yang juga memanfaatkan chip memory namun berkapasitas besar seperti HDD, harganya yang masih tinggi adalah faktor lambatnya penyerapan SSD di pasar.

Sementara itu, belakangan ini bermunculan pula USB flash drive dengan antarmuka koneksi USB3.0 yang kencang. Salah satunya adalah Mushkin Impact 256 GB USB 3.0.

Seperti pada namanya, Mushkin Impact berkapasitas 256 GB ini menggunakan antarmuka konektivitas USB 3.0 yang mampu mentransfer data lebih cepat daripada USB 2.0. Penggunaan

Mushkin mungkin belum menjadi nama yang familiar di telinga konsumen pasar Indonesia. Namun begitu, pabrikan komponen memori dan penyimpanan data asal Englewood, Colorado, Amerika Serikat tersebut sebenarnya sudah di kenal di Negeri Paman Sam asalnya dan di dunia. Bahkan baru-baru ini, Mushkin merilis ECO3 Solid State Drive pada event Consumer Electronics Show 2016.

Desain dan Dimensi Fisik

Transfer Data Secepat Kilat dengan USB Flashdrive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

Namanya juga USB flash drive, jelas dimensi dan bobotnya jauh lebih kecil, ringan, dan praktis daripada USB external hard disk. Bodi Mushkin Impact 256 GB USB 3.0 flash drive terbuat dari bahan aluminium. Penggunaan material logam aluminium memberikan kesan kokoh dan awet pada produk ini namun sekaligus mempertahankan bobotnya agar tetap ringan.

Material aluminium juga memiliki keunggulan tahan karat. Ini penting berhubung USB flash drive adalah benda yang sering digenggam sementara keringat pada tangan berpotensi mengakibatkan logam berkarat.

Bodi Mushkin Impact 256GB USB 3.0 Flash drive berwarna hitam pekat dengan kelir aksen hijau dan logo tulisan “IMPACT” besar satu sisi dan logo Mushkin di sisi lainnya.

Dimensi Mushkin Impact ini berukuran 5,67 cm x 1,75 cm dengan ketebalan sekitar 0,65 cm. Jika dibandingkan dengan beberapa model USB flash drive dari vendor lain yang sering dijumpai di toko-toko elektronik dan asesoris, mungkin ukuran Mushkin Impact terbilang jumbo. Namun, harap diingat bahwa USB flash drive ini kapasitasnya berkali-kali lipat daripada kebanyakan USB flash drive yang sering diobral di toko-toko tersebut, yang umumnya berkapasitas hanya 8 GB sampai 32 GB.

Jika dibandingkan dengan media penyimpanan data lain yang ukurannya kapasitas penyimpanannya lebih besar daripada Mushkin Impact—USB external hard disk, misalnya, Mushkin Impact jelas berukuran lebih kecil.

Keunggulan memiliki ukuran sekecil ini tentunya kepraktisan ketika dibawa-bawa. Anda juga tidak perlu menyambung-nyambungkan unit ini dengan kabel USB seperti halnya kebanyakan. USB external hard disk.

Performa

Menggunakan antarmuka konektivitas USB 3.0, tentu kita bisa berekspektasi bahwa kecepatan transfer data USB flash drive Mushkin Impact ini jauh lebih cepat daripada kebanyakan USB flash drive lain yang masih menggunakan konektivitas USB 2.0.

Transfer Data Secepat Kilat dengan USB Flashdrive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

Sebagai informasi, Mushkin Impact 256 GB USB 3.0 ini menggunakan chip memory controller Phison PS2251-08 berkonfigurasi dual-channel high performance. Dipadu dengan memori MLC Flash dari Toshiba, USB flash drive 3.0 ini mampu memberikan performa yang mantap.

Mushkin sendiri mengklaim bahwa USB flash drive Impact mampu membaca data dengan kecepatan 400 MBps  dan menulis data dengan kecepatan 310 MBps. Namun begitu, pengujian dengan software CrystalDiskMark memberikan angka 375 MBps untuk read  speed dan 286 MBps untuk write speed.

Pengujian dengan software robocopy memberikan angka yang berbeda lagi. Ketika diuji menyalin data foto sebanyak 4000-an file dengan ukuran total 15,6 GB, USB flash drive ini mampu memberikan angka read 232 MBps dan angka write speed 42,63 MBps. Penyalinan file video secara kontinyu memberikan angka read speed 340 MBps dan angka write speed 141,3 MBps.

Dari abstraksi pengujian tersebut, dapat dilihat bahwa angka-angka catatan kecepatan yang diraih USB flash drive berantarmuka konektivitas USB 3.0 ini memang mengesankan. Bahkan, bisa dibilang jauh melampaui kebanyakan USB flash drive standar berkonektivitas USB 2.0

Simpulan dan Harga

Transfer Data Secepat Kilat dengan USB Flashdrive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0

Di pasaran saat ini, varian USB flash disk paling lazim ditemukan mungkin yang berkapasitas 8 GB sampai 32 GB. Harga paling murah dari USB flash drive kapasitas tersebut berkisar dari Rp 65 ribuan hingga RP 320 ribuan.

Nah, USB flash drive Mushkin Impact 256 GB USB 3.0 ini dijual dengan harga rata-rata $85 di beberapa toko online. Jika dikonversi ke rupiah dengan kurs kekinian yang berada di angka Rp 13.100 per Dolar AS, harga USB flash drive 3.0 ini mencapai Rp 1 juta 100 ribuan. Harga yang impresif memang, untuk sebuah USB flash drive.

Jika dibandingkan dengan USB external hard disk, jelas kebanyakan orang yang mencari penyimpanan data kapasitas besar dengan harga murah akan lebih memilih USB external hard disk. Namun begitu, pertimbangan kepraktisan dan durabilitasi fisik unit penyimpanan data tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi Mushkin Impact 256 GB USB 3.0.

Tags

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel