Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1, Dua Smartphone Bermaterial Tangguh dari Panasonic

26 Feb 2016 13:00 2571 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ulasan Smartphone Panasonic Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1

Tak ingin tertinggal dari brand asal Jepang lainnya, seperti Sony yang meluncurkan smartphone anyarnya di ajang WMC 2016, Panasonic pun ikut memperkenalkan produk smartphone barunya di ajang tersebut.

Kali ini, Panasonic luncurkan dua smartphone yang masuk ke dalam line-up Toughpad, yakni Panasonic Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1.

Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1, Dua Smartphone Bermaterial Tangguh dari Panasonic.

Sama seperti smartphone Panasonic seri Toughpad lainnya, kedua perangkat ini tawarkan penggunaan material tangguh untuk menunjang aktivitas pengguna.

Sementara itu, jika Anda penasaran dengan spesifikasi kedua smartphone Panasonic tersebut, mari kita simak ulasannya berikut ini:

 

Desain dan Layar

Yang membuat smartphone Panasonic ini istimewa dan berbeda dengan smartphone lainnya adalah kemampuan pemindai barcode yang memungkinkan pengguna dapat memindai berbagai barang yang dilengkapi barcode.

Lalu, kedua smartphone Panasonic ini pun dilengkapi dengan tombol aktivitas pembaca yang ditempatkan pada kedua sisi sehingga dapat pula digunakan dengan mudah oleh para pengguna kidal.

Lebih jauh dengan Panasonic Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1, ia pun dilengkapi dengan sertifikasi IP65 dan IP67 yang berarti dapat digunakan pada air di kedalaman 1 meter selama 30 menit, serta mempunyai kemampuan untuk tetap bertahan sekalipun terjatuh dari ketinggian 1.8 meter.

Sementara soal layar, Panasonic Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1 tawarkan panel seluas 4.7 inch yang memiliki resolusi HD 1280 x 720 piksel. Layar ini dilengkapi dengan kemampuan adiptif terhadap paparan sinar matahari, juga mempunyai modus penginderaan hujan.

 

Hardware

Untuk Panasonic Toughpad seri FZ-F1, ia menggunakan sistem operasi Windows 10 IOT Mobile Enterprise. Sementara saudaranya, Panasonic Toughpad seri FZ-N1 mengusung sistem operasi berbasis Android 5.1 Lollipop.

Sekalipun terdapat perbedaan terkait penggunaan sistem operasi, namun keduanya menggunakan chipset yang sama, yakni Qualcomm Snapdragon 801 (MSM8974AB)  yang terdiri dari prosesor Quad Core berkecepatan 2.3 GHz.

Memadukan kemampuan prosesor tersebut, smartphone bermaterial tangguh ini pun memanfaatkan kinerja grafis dari GPU  Adreno 330, RAM berukuran 2 GB untuk mendukung fungsi multitasking, internal storage berkapasitas 16 GB dan sebuah slot microSD yang dapat menopang hingga 64 GB.

Kamera

Baik itu smartphone Panasonic Toughpad FZ-F1 maupun FZ-N1, mereka pun sama-sama dilengkapi dengan fungsi dual kamera.

Pada bagian bodi belakang, terdapat dukungan kamera dengan sensor 8 MP yang dilengkapi dengan fitur LED flash dan autofocus. Sementara itu, Anda pun dapat memakai kamera depan yang memiliki sensor berukuran 5 MP.

 

Konektivitas dan Baterai

Toughpad FZ-F1 dan FZ-N1, Dua Smartphone Bermaterial Tangguh dari Panasonic.

Soal konektivitas, kedua smartphone Panasonic diatas sudah dibekali dengan dua buah slot SIM card yang dapat dijalankan pada jaringan  4G LTE, HSPA+, UMTS, EDGE, GPRS, CDMA 1x dan EVDO Rev.A.

Tak ketinggalan, beberapa fitur konektivitas lain pun turut disematkan, seperti WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, NFC, Bluetooth versi 4.1 dan NFC.

Baik itu smartphone Panasonic Toughpad FZ-F1 maupun FZ-N1, keduanya pun dijejali dengan dukungan baterai berkapasitas 3.200 mAh. Sementara itu, pengguna pun dapat menambah kapasitas daya dengan membeli baterai ekstra yang memiliki ukuran 6.200 mAh.

 

Kesimpulan

Hadir dengan desain tangguh yang mampu bertahan di segala kondisi, kedua smartphone besutan Panasonic diatas dilengkapi dengan spesifikasi yang sama, namun menggunakan sistem operasi berbeda.

Untuk seri Panasonic Toughpad FZ-F1, ia didukung dengan sistem operasi Windows 10 IOT Mobile Enterprise, sementara saudara kembarnya Panasonic Toughpad FZ-N1 dijalankan OS Android v5.1.1 Lollipop.

Rencanannya, kedua smartphone ini akan dijual pada pertengahan bulan Maret 2016 mendatang. Untuk Panasonic Toughpad FZ-N1, kabarnya ia akan dibandrol seharga US$ 1.499 atau sekitar Rp. 20 jutaan, sementara Panasonic Toughpad FZ-F1 akan dijual dengan estimasi harga US$ 1599 ataur sekitar Rp.22 jutaan. Via FoneArena

 

Tags Smartphone

About The Author

Ardi 53
Expert

Ardi

a professional content writer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel