Berwisata di Jawa Barat, Wajib Coba 5 Makanan Khas Jawa Barat Ini

26 Feb 2016 20:00 6187 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Berkunjung ke Jawa Barat belum lengkap rasanya jika tidak mencoba makanan khasnya.

Jawa Barat merupakan salah satu propinsi di Pulau Jawa yang memiliki kekayaan alam dan kuliner yang luar biasa. Bagi Anda yang tingal di luar Jawa Barat, Anda bisa menemukan banyak keragaman, keunikan, pemandangan indah, dan kuliner lezat di Jawa Barat.

Kuliner khas merupakan salah satu hal yang diburu wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah. Salah satunya adalah kuliner khas Jawa Barat. Jika Anda berkunjung ke tanah Priangan ini, jangan sampai terlewatkan untuk mencicipi setiap kuliner atau makanan khasnya yang tentunya akan membuat Anda selalu teringat dengan Jawa Barat.

Ada banyak sekali makanan khas Jawa Barat yang bisa Anda temui. Mulai dari makanan ringan, oleh-oleh khas Jawa Barat, sampai dengan makanan berat. Berikut 5 jenis makanan khas Jawa Barata yang wajib Anda coba saat datang berkunjung.

 

Makanan Khas Jawa Barat – Lotek

Berwisata di Jawa Barat, Wajib Coba 5 Makanan Khas Jawa Barat IniGambar via: siliwangitrans.com

Siapa yang tidak mengenal lotek? Makanan khas Jawa Barat ini memang sangat terkenal dan juga banyak diminati. Lotek merupakan jenis makanan yang memiliki kemiripan dengan pecel. Lotek terbuat dari bahan-bahan sayuran segar yang sudah direbus terlebih dahulu yang kemudian disiram dengan bumbu kacang.

Lotek umumnya disajikan dengan menggunakan lontong atau nasi hangat. Salah satu hal yang tidak tertinggal dari sajian lotek adalah kerupuk. Ya, paduan lotek dengan kerupuk memang memberikan sensasi yang tidak bisa digantikan.

 

Makanan Khas Jawa Barat – Peuyeum

Berwisata di Jawa Barat, Wajib Coba 5 Makanan Khas Jawa Barat Ini

Gambar via: www.indonesiakaya.com

Beralih ke makanan yang sifatnya manis, Jawa Barat juga dikenal sebagai tempat di mana Anda bisa menemukan peuyeum. Peuyeum atau tapai ini merupakan makanan yang diolah dengan menggunakan cara fermentasi.

Peuyeum sendiri terdiri atas 2 jenis yang berbeda berdasarkan bahan dasar yang digunakannya. Pertama adalah peuyeum sampeu atau peuyeum singkong. Bahan utamanya adalah singkong. Peuyeum singkong yang sangat terkenal adalah peuyeum Bandung yang selalu banyak diburu oleh wisatawan.

Satu lagi adalah jenis peuyeum ketan. Bahan utamanya tentunya adalah ketan. Ada peuyeu ketan hitam dan ada peuyeu keta putih yang umumnya berwarna hijau karena efek dari daun yang membungkusnya.

 

Makanan Khas Jawa Barat – Tutug Oncom

Berwisata di Jawa Barat, Wajib Coba 5 Makanan Khas Jawa Barat Ini

Gambar via: reseponline.info

Makanan berat khas Jawa Barat yang jangan sampai Anda lewatkan adalah tutug oncom. Makanan khas Jawa Barat yang berasal dari Tasikmalaya ini merupakan jenis makanan berat yang banyak disukai. Tutug oncom sendiri terbuat dari nasi yang dicampur dengan oncom yang digoreng atai dibakar.

Nasi diaduk rata dengan oncom dan disajikan dengan makanna pendamping seperti tempe, daging ayam goreng, lalapan, dan sambal khas Jawa Barat. Nasi tutug oncom bisa Anda temui di berbagai tempat di Jawa Barat, tidak hanya di Tasikmalaya saja.

Selain itu, sudah terdapat juga paket nasi tutug oncom instan yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Tutug oncom instan ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali tetapi tahan berbulan-bulan dan tentunya aman.

 

Makana Khas Jawa Barat - Comro dan Misro

Berwisata di Jawa Barat, Wajib Coba 5 Makanan Khas Jawa Barat Ini

Gambar via: sebandung.com

Berbicara tentang makanan khas Jawa Barat tidak lengkap rasanya jika tidak membicarakan tentang makanan ringannya. Makanan ringan khas Jawa Barat ini bisa Anda konsumsi kapan saja, baik pagi, siang, maupun sore hari.

Makanan ringan pertama adalah comro. Comro (oncom dijero) merupakan penganan ringan yang terbuat dari bahan singkong parut yang diberi isian oncom yang sudah dibumbui, dibentuk bulat-bulat, kemudian digoreng sampai matang. Umumnya isian comronya cukup pedas dan sangat cocok bagi Anda yang menyenangi makanan pedas.

Makanan ringan kedua adalah misro (amis dijero) . Cara pembuatannya sama dengan comro, hanya saja bagian isiannya berbeda. Bila pada comro bagian isiannya adalah oncom, maka pada misro bagian isiannya adalah potongan atau irisan gula merah yang akan lumer saat proses penggorengan. Bagi Anda penyuka kuliner manis, misro bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Makanan Khas Jawa Barat - Colenak

Colenak merupakan akronim dari “dicocol enak”. Makanan ringan ini merupakan makanan ringan khas Bandung yang terbuat dari bahan peuyeum singkong. Peuyeum singkong dibakar terlebih dahulu, baru kemudian disajikan dengan gula jawa atau gula merah cair yang sudah dicampur dengan parutan kelapa.

Cara memakannya adalah dengan mencocolkan peuyeum bakar pada gula jawa cair tersebut. Itulah mengapa namanya menjadi colenak atau dicocol enak. Anda tidak perlu heran dengan bagian peuyeum bakar yang agak gosong, hal tersebut disebabkan oleh peuyeum singkong yang memang mengandung rasa manis. Bagian gosong tersebut justru menjadi bagian favorit dari mereka yang mengonsumsi colenak ini.

 

Nah, kelima jenis makanan khas Jawa Barat di atas jangan sampai Anda lewatkan jika berkunjung ke Jawa Barat. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau membawanya pulang sebagai oleh-oleh (untuk jenis makanan yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh). Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur di Jawa Barat! 

Tags Wisata

About The Author

DIA 56
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel