Canon Luncurkan Dua Kamera Compact Anyar

22 Feb 2016 08:00 2474 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ulasan Canon PowerShot G7 X Mark II & PowerSHot SX720 HS.

Pasar kamera memang tidak ada matinya. Sekalipun smartphone kini sudah dilengkapi dengan kamera handal, namun pengguna umum tetap membutuhkan perangkat kamera berkualitas.

Baru-baru ini, pabrikan kamera asal Tokyo, Jepang, Canon, luncurkan produk barunya. Produk ini adalah kamera compact yang ditujukan untuk pengguna umum serta para  fotografer profesional.

Tak tanggung-tanggung, Canon hadirkan dua kamera sekaligus. Kamera compact ini adalah Canon PowerShot G7 X Mark II  dan Canon PowerSHot SX720 HS. Untuk mengetahui kedua perangkat ini, simak ulasan berikut:

Canon PowerShot G7 X Mark II   

Canon Luncurkan Dua Kamera Compact Anyar

Perangkat kamera pertama yang dihadirkan oleh Canon adalah seri PowerShot G7 X Mark II. Kamera satu ini merupakan penerus dari seri G7 X yang dikeluarkan Canon pada tahun 2014 lalu.

Dari segi fisik, PowerShot G7 X Mark II memang tidak berbeda dengan pendahulunya. Akan tetapi, Canon kini menambahkan hand grip yang tentu saja membuatnya lebih ergonomis dan memberikan kenyamanan pada pemakainya.

Berada di jajaran kamera high-end, PowerShot G7 X Mark II juga masih mempertahankan penggunaan sensor CMOS 1 inch yang memiliki resolusi 20.1 MP.

Perlu Anda ketahui, ukutan sensor ini jauh lebih besar dibandingkan kamera saku lainnya, diklaim mampu menghasilkan gambar yang jauh lebih detail sekalipun diambil dalam kondisi minim cahaya.

Menemani sensor kamera besar tersebut, Canon pun memadukannya dengan prosesor terbaru, DIGIC 7, diklaim mampu memberikan performa yang jauh lebih cepat serta menangkap fokus yang bergerak cepat pada format RAM 8 fps.

PowerShot G7 X Mark II juga memiliki sensitivitas terhadap cahaya di ISO 12800 sampai dengan 25600. Lalu, ia pun dapat merekam video dengan resolusi maksimal di 1080p 60 frame per second.

Selain fitur yang saya sebutkan diatas, pengguna pun nantinya akan diberikan lensa 24 – 100 mm f/1.8 – 2.8 yang juga dilengkapi fitur image stabilization. Kemudian, hadir pula dukungan layar sentuh 3 inch serta konektivitas Wi-Fi dan NFC.

Canon PowerSHot SX720 HS

Canon Luncurkan Dua Kamera Compact Anyar

Sementara itu, kamera compact kedua yang diluncurkan oleh Canon adalah PowerSHot SX720 HS, menyasar segmen kelas menengah karena dijual dengan harga jauh lebih murah ketimbang PowerShot G7 X Mark II.

Menjadi penerus PowerShot SX710 HS, kamera ini berada dalam jajaran kamera superzoom, hadir dengan bodi ringkas sehingga memudahkan pengguna saat membawanya bepergian.

Soal kemampuan, Canon PowerSHot SX720 HS mengandalkan sensor CMOS sebesar 20.3 MP. Sensor ini dipadukan dengan prosesor DIGIC 6 dan mempunyai kemampuan untuk merekam video Full HD 1080p 60 frame per second.

Selain sensor yang besar, kamera ini pun mempunyai keunggulan lain, terletak pada lensa yang memiliki jangkauan zoom jauh, 24 – 960 mm atau 40 x optical zoom.

Sementara agar pengguna dapat mengambil foto jarak jauh dengan hasil yang baik, ia pun dibekali dengan sistem image stabilization  yang terletak pada lensa.  

Sama halnya dengan PowerShot G7 X Mark II, kamera ini pun dilengkapi dengan lCD seluas 3 inch. Namun sangat disayangkan, layar tersebut tidak disertai dengan dukungan touch screen dan tidak bisa di rotate.

Kemudian untuk memudahkan pengguna transfer foto, Anda dapat menggunakan konektivitas Wi-Fi dan NFC yang turut disediakan.

Kesimpulan

Menyasar segmen berbeda, Anda yang saat ini membutuhkan kamera berkualitas dapat memilih salah satu kamera compact yang baru saja dilempar Canon ke pasaran.

Rencanannya, Canon PowerShot G7 X Mark II akan mulai dipasarkan pada bulan Mei 2016 mendatang dengan harga $700.

Sementara sang adik, Canon PowerShot SX720 HS akan dimulai lebih awal, yaitu bulan Maret 2016 dengan banderol harga $380. Via Engadget

Tags

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel