5 Software untuk Ubah Folder Menjadi ISO

15 Feb 2016 18:30 21725 Hits 1 Comments Approved by Plimbi
Software untuk Ubah Folder Menjadi ISO

File ISO adalah sebuah arsip file, berisikan data written sector pada optical disc. Gampangnya, ISO dapat dapat disebut dengan DVD atau CD berbentuk file, dapat dibuat secara langsung dengan mengkonversi data DVD atau CD, serta dapat dibuat dari file yang disimpan di PC Anda.

File ISO atau ISO image sangat berfungsi bagi Anda yang memiliki notebook namun tidak dilengkapi optical drive. Saat ini, ada banyak softwate yang dibuat menggunakan format ISO, membuat Anda tak perlu lagi membeli DVD atau CD, termasuk Microsoft yang menyediakan instalasi Windows dengan file ISO.

Kemudian, file ISO pun memungkinkan Anda back up konten sebagai persiapan saat DVD atau CD tersebut hilang atau rusak. Selain itu, Anda juga dapat menghemat space karena tak harus menyimpan disk yang memakan tempat, serta lebih simpel saat bepergian.

Saat ini, ada banyak software yang dapat Anda gunakan untuk converter folder di komputer sehingga menjadi fomat ISO. Di bawah ini, terdapat 5 software yang bisa dipakai untuk mengubah folder menjadi ISO.

5 Software untuk Ubah Folder Menjadi ISO

1. Ultra ISO

Software pertama yang bisa Anda pakai untuk ubah folder menjadi ISO adalah Ultra ISO, dapat diakses dengan membuka situs poweriso (dot) com.

Jika Anda sudah mengunduh aplikasinya di situs resminya, silahkan untuk memasukkan DVD atau CD yang ingin dibuat menjadi file ISO. Kemudian, jalankan aplikasi Ultra ISO di PC atau laptop Anda.

Proses dilanjutkan dengan klik Tools, pilih opsi “make an ISO image file”. Pada pop-up yang muncul, pilih DVD atau CD yang ingin dibuat ISO, pilih tempat file penyimpanan file dan klik “Make”. Disini, Anda pun hanya tinggal mengunggu prosesnya.

Link Download Ultra ISO

 

2. Daemon Tools Lite

Software selanjutnya yang bisa Anda pakai untuk mengubah folder menjadi ISO adalah Daemoon Tools Lite, dapat diakses dan diunduh melalui daemon-tools (dot) cc.

Setelah Anda mengunduhnya, Anda dapat melanjutkan proses untuk membuat ISO image dengan membuka software tersebut dan klik “Create Disk Image” pada menu utama.

Pada pop-up yang muncul, klik tombol dengan tiga buah titik yang berada di bawah tulisan “Target Image File”, kemudian pilih optical drive tempat Anda menyimpan DVD atau CD.

Proses selanjutnya, silahkan klik Save as .ISO, berikan nama pada file tersebut dan klik save. Terakhir, klik Start untuk memulai proses pembuatan ISO image.

Link Download Daemon Tools Lite

 

3. Power ISO

Software selanjutnya adalah Power ISO. Setelah Anda mengunduhnya programnya, Anda dapat langsung menjalankannya untuk membuat ISO Image.

Di toolbar, silahkan klik tombol Copy kemudian pilih opsi  “Make CD / DVD / BD Image File” dari pop-up menu, kemudian pilih DVD atau CS yang ingin dibuat menjadi file ISO.

Selanjutnya, silahkan buat nama file dan pilih format menjadi ISO, klik OK untuk memulai proses pembuatan image ISO.

Link Download Power ISO

 

4. Nero

Ada juga software Nero yang bisa dipergunakan untuk ubah folder menjadi ISO. Setelah Anda mengunduh aplikasi di situs resminya, Anda dapat membukanya dan pilih menu Nero Express.

Jika sudah, klik Data dan pilih Data DVD, kemudian cari file yang ingin dijadikan ISO dengan klik Add. Setelah file ditemukan, silahkan klik Next, kemudian ubah Current Recorder menjadi Image Recorder dan klik Burn.

Saat klik Burn, Anda akan diminta untuk menyimpan file dengan menentukan format. Disini, silahkan ubah format .NRG menjadi .ISO, lanjutkan dengan klik save dan tunggu proses sampai selesai.

Link Download Nero

 

5. Magic ISO

Software kelima adalah Magic ISO, memiliki cara kerja yang hampir sama dengan keempat software yang sebelumnya saya bahas.

Setelah mengunduhnya, Anda dapat menjalankan Magic ISO, klik menu dan pilih New untuk membuat ISO Image. Disini, Anda tinggal drag file atau folder dari Windows Explorer dan klik Create New Folder.

Link Download Magic ISO

Nah, kelima software diatas dapat Anda gunakan untuk mengubah folder sehinga menjadi file ISO. Mudah, bukan? Selamat mencoba!

 

Tags komputer

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel