Netralitas Internet Harga Mati

12 Feb 2016 13:36 931 Hits 0 Comments
Dilema akses internet gratis, Free Basic Facebook diblokir di India.

Sebagai sebuah media informasi, internet hadir dengan memberikan akses informasi tanpa batas ke semua orang, tanpa batasan wilayah tertentu dan berbagai konten bisa kita dapatkan di internet. Kehadiran internet semakin menunjukkan dengan semakin banyaknya perangkat yang mampu terkoneksi ke internet di seluruh dunia.

Memang dalam mengakses internet kita membutuhkan biaya koneksi, yang jasa koneksi tersebut disediakan oleh perusahaan penyedia koneksi internet, baik itu jaringan seluler maupun yang fix. Apa yang kita dapat ketika kita membayar koneksi internet? Tentunya kita sanggup mengakses semua layanan yang ada di internet. Kata semua tentunya masih dibatasi dengan konten yang sesuaikan nilai-nilai lokal.

Namun, bagaimana kalau akses internet kita digratiskan? tentunya kita akan senang, seperti ketika kita memanfaatkan jaringan Wi-fi gratis di sekolah, kampus, kafe atau tempat-tempat umum yang lain. Akses internet gratis di jaringan Wifi tentunya, dalam artian mengakses konten yang sesuai dengan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat lokal setempat.

Konsep netralitas internet sebenarnya adalah, bahwa pengguna internet bebas mengakses semua layanan yang berada di internet dengan perlakuan sama, alias tidak ada intervensi dari operator selaku penyedia koneksi atau penyedia layanan internet.

Apa yang dimaksud intervensi? Ok, mungkin kita bisa pahami seperti ketika operator menganak emaskan layanan tertentu, dan tidak memberikan ataupun membatasi akses kepada layanan lainnya.

Hubungan antara penyedia layanan dan operator terlihat istimewa, sehingga layanan yang tidak bermitra dengan operator tidak memiliki akses atau diskriminasi.

Berkaitan dengan konsep netralitas internet, Facebook memberikan layanan internet gratis di India dengan nama program Free Basics. Program tersebut terganjal, karena koneksi layanan internet gratis yang diberikan Facebook hanya untuk layanan tertentu saja. Layanan yang bisa diakses oleh Free Basics, hanya layanan yang bermitra dengan Facebook atau operator penyedia jaringan.

Free Basic dari Facebook tidak memiliki akses luas ke semua layanan yang ada di internet, sehingga pemerintah India menyatakan layanan Free Basic dari Facebook adalah ilegal. Facebook sebenarnya sudah memberikan kelonggaran kepada pengembang aplikasi untuk ikut ambil bagian dalam layanan Free Basic, sehingga lebih banyak orang bergabung dengan program ini, namun tampaknya pihak pemerintah India tetap menyatakan Free Basic ilegal.

Kasus koneksi internet gratis juga terjadi di tanah air, Facebook bekerjasama dengan Indosat untuk memberikan layanan internet gratis. Di Indonesia, layanan koneksi kerjasama Facebook dengan Indosat juga sempat menjadi kontroversi.

Dalam kasus akses internet gratis, tentunya Facebook berkesempatan untuk menambah jumlah penggunanya, beberapa layanan yang masuk layanan internet gratis juga mendapat keuntungan peningkatan trafik pengunjung.

Misi Facebook agar memberikan akses internet lebih banyak kepada penduduk dunia sebenarnya mulia, namun apabila akses tersebut hanya dibatasi untuk layanan atau situs tertentu, hal ini tentunya bertentangan dengan prinsip netralitas internet. Apabila Facebook memberikan internet gratis dan tetap menjaga netralitas internet, tentunya “Free Basics” tidak dilarang di India.

(Gambar: voaindonesia.com)

Tags Internet

About The Author

wan 62
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel