Lenovo Lemon 3 VS Xiaomi Redmi 3, Mana Lebih Menarik?

21 Jan 2016 09:00 4484 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komparasi Lenovo Lemon 3 dan Xiaomi Redmi 3

Di awal tahun 2016 ini, dua pabrikan asal Tiongkok yakni Lenovo dan Xiaomi mengeluarkan koleksi smarthphone terbarunya untuk kalangan bawah. Yang menarik, keduanya merilis smartphone dengan spesifikasi dan harga yang setara.

Produk smartphone yang dikeluarkan oleh Xiaomi sendiri adalah Redmi 3. Sementara itu, Lenovo keluarkan Lemon 3, dimana keduanya dijual dengan bandrol kurang dari Rp 2 juta.

Nah, sebelum kedua smartphone tersebut masuk ke Indonesia, ada baiknya Anda mengetahui perbedaannya lebih dulu.

SavePages

Desain

Berbeda dengan line-up smartphone mid-range tahun lalu, kini kedua pabrikan tersebut memperbaharui desain pada smartphone murahnya. Hal ini dibuktikan dengan Lenovo Lemon 3 dan Xiaomi Redmi 3 yang sama-sama dibalut bodi berbahan metal.

Untuk Lenovo Lemon 3, ia mengusung dimensi bodi berukuran 142 x 71 x 8 mm serta mempunyai berat 142 gram. Sedangkan Redmi 3 tampil sedikit lebih berat dan tebal, dengan dimensi bodi sebesar 139.3 x 69.6 x 8.5 mm dan bobot 144 gram.

Yang berbeda, Redmi 3 tampil berkelas dan elegan karena menggunakan back cover bertekstur unik  yang memang membuatnya berbeda dengan smartphone mid-end lainnya.

Sementara Lenovo Lemon 3 tampil lebih minimalis dan polos, hanya dipercantik dengan logo Lenovo saja. Secara keseluruhan, Lemon 3 tampil cukup eye-catchy.

 

Layar

Soal layar, kedua smartphone ini hadir dengan ukuran yang sama, yakni 5 inch. Namun, keduanya memiliki perbedaan tampilan yang tentu saja dapat mempengaruhi kepuasan Anda saat menggunakannya.

Jika Redmi 3 hanya menggunakan layar beresolusi HD 1280 x 720 piksel, pesaingnya Lemon 3 menawarkan layar Full HD 1920 x 1080 piksel. Disini, Lenovo tampil lebih unggul karena mempunyai layar dengan kualitas dua kali lipat lebih tajam.

Sementara itu, Redmi 3 memiliki hal menarik lain, yakni tampilan antarmuka MIUI 7 yang memang sangat khas dan terbukti disukai oleh banyak orang karena menawarkan kemudahan.

Lenovo Lemon 3 VS Xiaomi Redmi 3, Mana Lebih Menarik?

 

Hardware

Lain halnya dengan desain dan layar, dukungan hardware pada kedua perangkat ini nyaris sama. Lenovo Lemon 3 dan Xiaomi Redmi 3 sama-sama dijalankan pada OS Android 5.1 Lollipop.

Selain itu, keduanya juga didukung chipset Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 yang membawa prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53, GPU Adreno 405, RAM 2 GB, internal storage 16 GB dan microSD.

 

Kamera

Lenovo Lemon 3 VS Xiaomi Redmi 3, Mana Lebih Menarik?

Selain penggunaan hardware yang sama, keduanya pun memiliki dukungan kamera yang sama-sama berkualitas baik.

Di kedua smartphone ini terdapat modul kamera berkekuatan 13 MP pada bagian belakang, hadir dilengkapi fitur LED flash, autofocus, geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama dan mode video Full HD.

Sementara jika Anda ingin menggunakannya untuk berfoto selfie, terdapat kamera berkekuatan 5 MP pada bagian depan, yang juga dapat digunakan untuk merekam video.

 

Konektivitas

Baik itu Lenovo Lemon 3 maupun Xiaomi Redmi 3, mereka dijejali dua buah slot SIM card yang mendukung jaringan 4G LTE.

Kemudian, pengguna pun dapat pula menggunakan fitur konektivitas lainnya seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, A-GPS, Radio FM, Bluetooth 4.0 dan microUSB 2.0 yang turut hadir pada keduanya.

Yang berbeda yakni soal kapasitas baterai. Lenovo hanya menjejalkan kamera berkekuatan 2750 mAh ke dalam Lemon 3, sedangkan Xiaomi Redmi 3 mempunyai baterai berukuran sangat besar, yakni 4.100 mAh.

 

Kesimpulan

Lenovo Lemon 3 VS Xiaomi Redmi 3, Mana Lebih Menarik?

Kedua smartphone diatas memang memiliki ukuran layar yang sama, yakni 5 inch. Begitu pula soal desain dimana keduanya mengusung bodi berbahan metal yang tampil premium.

Yang berbeda, Lenovo Lemon 3 mempunyai resolusi yang lebih tinggi. Sementara itu, Redmi 3 memiliki keunggulan pada kapasitas baterai yang jauh lebih besar serta memiliki tampilan UI unik yang mampu memudahkan pengguna saat mengoperasikannya.

Kedua smartphone ini baru tersedia di pasar Tiongkok. Untuk harganya, Lenovo Lemon 3 dibandrol US$ 148, sedangkan Redmi 3 dihargai lebih murah yaitu US$ 139. Via GSMArena dan Android Pit.

 

                                                  

About The Author

Ardi 53
Expert

Ardi

a professional content writer.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel