Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie, Dua Smartphone Selfie Harga 2 Jutaan

20 Jan 2016 09:00 4205 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Smartphone Selfie 2 Jutaan, Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie

Fenomena selfie tampaknya masih berlangsung di tahun 2016 ini. Hal ini tentu saja dibuktikan oleh sejumlah pabrikan yang terus mengeluarkan smartphone selfie untuk menunjang kebutuhan para penggunannya.

Sekalipun smartphone selfie saat ini ramai bermunculan, namun nyatanya masih banyak smartphone yang belum masuk ke Indonesia. Sementara jika Anda memang menginginkannya, ada dua smartphone terbaik yang dapat dipilih.

Kedua smartphone ini adalah Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie. Kali ini, kami akan mengulasnya untuk Anda mengingat kedua smartphone tersebut dijual di rentang harga yang sama. Seperti apa ulasannya?

 

Desain

Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie, Dua Smartphone Selfie Harga 2 Jutaan.

Baik Samsung Galaxy J5 maupun Asus Zenfone Selfie keduanya hadir menawarkan desain menawan mengusung dimensi bodi berukuran 142.1 x 71.8 x 7.9 mm dan berat 146 gram untuk Galaxy J5, sedangkan Zenfone Selfie mempunyai dimensi 156.5 x 77.2 x 10.8 mm dan berat 170 gram.

Keduanya hadir mengusung bodi bermaterial plastik. Akan tetapi, saya sendiri lebih menyukai desain ZenFone Selfie yang tampak mahal karena mengadopsi konsep ZenBook, ketimbang desain Galaxy J5 yang memang sangat mirip dengan line-up smartphone murah Samsung lainnya.

 

Layar

Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie, Dua Smartphone Selfie Harga 2 Jutaan.

Soal layar, keduanya memiliki perbedaan. Untuk Samsung Galaxy J5, ia mengusung layar sentuh 5 inch beresolusi HD 1280 x 720 piksel, menggunakan panel Super AMOLED yang tampilannya sangat khas berbeda dengan smartphone lainnya.

Sementara ZenFone Selfie menawarkan layar lebih besar 5.5 inch dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Bagi pengguna yang lebih memilih smartphone untuk keperluan multimedia, ZenFone Selfie sangat pas untuk dipilih. Sedangkan jika mengutamakan kepuasan pada tampilan, tentu Galaxy J5 lebih baik.

 

Hardware

Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie, Dua Smartphone Selfie Harga 2 Jutaan.

Soal hardware, kdua smartphone tersebut pun sangat berbeda. Untuk Galaxy J5, ia dijalankan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop, didukung dengan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz, RAM 1.5 GB, GPU Adreno 306 dan internal sotrage 8 GB dan 16 GB.

Jika ZenFone Selfie, ia mengandalkan chipset lebih tinggi, Qualcomm Snapdragon 615 dengan prosesor Octa Core, GPU dari Adreno 405, RAM 3 GB dan internal storage 16 GB.

 

Kamera

Samsung Galaxy J5 dan Asus Zenfone Selfie, Dua Smartphone Selfie Harga 2 Jutaan.

Lain halnya dengan kamera, Galaxy J5 menawarkan kamera belakang 13 MP yang disertai aperture f/1.9,  autofocus, dan LED flash. Sementara ZenFone Selfie hadir mengusung kamera belakang 13 MP dengan fitur dual LED flash, laser autofocus dan aperture f/2.0.

Sementara untuk kamera depannya, ZenFone Selfie menjadi pemenang. Ia menawarkan kamera depan 13 MP yang disertai autofocus, dual-LED (dual tone) flash dan aperture f/2.0, lebih menarik dibanding J5 dengan kamera depan 5 MP beserta tambahan aperture f/2.2 dan LED flash.

 

Konektivitas dan Baterai

Baik itu Galaxy J5 maupun ZenFone Selfie, ia menawarkan fitur dual SIM yang dapat menjangkau jaringan 4G LTE. Kemudian, ada pula fitur seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, radio FM, Bluetooth 4.0, GPS dan microUSB 2.0 didalamnya.

Untuk ketahanannya, J5 sendiri hanya mengandalkan baterai berkapasitas 2.600 mAh, sedangkan ZenFone Selfie mengusung baterai dengan kapasitas lebih tinggi, yakni 3.000 mAh.

 

Kesimpulan

Kedua smartphone diatas hadir menawarkan spesifikasi teknis berbeda, namun mengutamakan fitur selfie tentu saja dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang menyukai aktivitas berfoto ini.

Sekalipun Samsung Galaxy J5 memiliki spesifikasi lebih rendah, namun layanan purna jual, kepopuleran merek serta penggunaan yang mudah membuat banyak orang tertarik dengan smartphone ini.

Sementara itu, ZenFone Selfie hadir mengusung spesifikasi jauh lebih tinggi, namun memiliki kekurangan dari segi layanan purna jual yang seringkali dikeluhkan konsumen.

Dalam memilih smartphone selfie diatas, saya sendiri lebih menyukai ZenFone Selfie karena dilengkapi dengan spesifikasi tinggi. Namun, jika Anda peduli terhadap kepuasan penggunaan dan mementingkan merek, tentu saja dapat memilih Galaxy J5.

Kedua smartphone diatas saat ini sudah dijual di Indonesia dengan bandrol yang tidak berbeda jauh. Untuk Galaxy J5, ia dibandrol Rp 2.600.000 sedangkan ZenFone Selfie dihargai Rp 2.795.000. Via Lazada dan GSMArena

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel