Samsung Siap Rilis Galaxy J1 dan J5 Edisi 2016

20 Jan 2016 08:10 3381 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Samsung Siap Rilis Galaxy J1 dan J5 Edisi 2016. 

Samsung Siap Rilis Galaxy J1 dan J5 Edisi 2016. Kabar baru datang dari Samsung. Sebelum ia mengeluarkan flagship anyarnya, Galaxy S7, yang sedang ramai dibicarakan, raksasa asal Korea Selatan ini tengah bersiap mengeluarkan dua smartphone untuk kalangan bawah.

Smartphone pertama yang dikeluarkannya adalah Samsung Galaxy J1, salah satu smartphone low-end Samsung yang populer di pasar berbagai negara, termasuk Indonesia.

Sementara itu, smartphone kedua adalah seri Galaxy J5, saat ini sudah mejeng di situs bechmark gfxbench lengkap dengan spesifikasi lengkap yang akan ada di dalamnya.

 

Samsung Galaxy J1

SavePages

Smartphone pertama Galaxy J1 hadir dengan sejumlah upgrade dibandingkan dengan versi tahun 2015 lalu. Ia kini menawarkan dukungan layar seluas 4.5 inch, sedikit lebih besar dibandingkan seri dulunya yang hanya 4.3 inch saja.

Sekalipun resolusi layar pada Galaxy J1 edisi 2016 masih sama, yakni 480 x 800 pixels, namun versi terbaru ini mengusung panel Super AMOLED, meninggalkan panel TFT yang digunakan seri lamanya.

Soal performa, smartphone yang dijalankan pada sistem operasi Android 5.1 Lollipop ini mengandalkan chipset Exynos 3475 dengan prosesor Quad Core 1.3 GHz, diklaim lebih tangguh dibandingkan pendahulunya dengan chipset Spreadtrum Dual Core 1.2 GHz.

Selain menggunakan prosesor yang lebih tinggi, J1 edisi baru ini pun mendapakan peningkatan RAM menjadi 1 GB, tentu saja lebih baik dibandingkan RAM 512 MB pada generasi terdahulunya. Kemudian, internal storage yang semula berkapasitas 4 GB kini ditingkatkan menjadi 8 GB.

Soal kamera, baik J1 edisi 2016 maupun terdahulu memiliki teknologi yang sama. Ia mengandalkan kamera berkekutan 5 MP yang disertai LED flash dan autofocus di sisi belakang dan kamera depan 2 MP.

Dilengkapi konektivitas dual SIM 4G LTE, kapasitas baterai pun tak lupa diberikan upgrade. Dari yang semula hanya berkapasitas 1850 mAh, versi baru ini hadir dengan baterai 2050 mAh.

 

Samsung Galaxy J5

Samsung Siap Rilis Galaxy J1 dan J5 Edisi 2016.

Smartphone kedua yang kini disiapkan Samsung adalah seri Galaxy J5. Sekalipun belum secara resmi rilis seperti sang adik, J1, namun bechmark gfxbench telah membocorkan spesifikasi lengkapnya kepada publik.

Pertama, J5 edisi 2016 hadir mengusung layar lebih besar, yakni 5.2 inch. Sementara itu, layar tersebut pun menggunakan panel Super AMOLED serta mempunyai resolusi HD 720 x 1280 pixels.

Sangat disayangkan, sektor performa masih sama dengan pendahulunya. Ia masih dijalankan pada OS Android 5.1 Lollipop, didukung chipset dari Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 yang terdiri dari prosesor Quad Core 1.2 GHz dan dukungan GPU Adreno 306.

Kemudian, yang berbeda terletak pada sektor RAM. Dari yang semula hanya berukuran 1 GB saja, versi baru ini memiliki RAM sedikit lebih besar, yakni 2 GB. Diluar itu, ada pula memori penyimpanan internal berkapasitas 16 GB yang disertai slot microSD hingga 128 GB.

Sektor kamera nyatanya tidak disertai upgrade. Baik itu Galaxy J5 versi baru ataupun lama, keduanya menawarkan modul kamera berkekuatan 13 MP pada sisi belakang. Kamera tersebut disertai fitur autofocus, LED flash. Sedangkan di bagian depan, Anda dapat memanfaatkan kamera 5 MP yang juga dilengkapi fitur LED flash.

Membawa fitur dual SIM stand-by yang mendukung jaringan 4G LTE, sampai saat ini kapasitas baterai pada Galaxy J5 edisi 2016 belum terungkap. Diharapkan, baterai pada smartphone ini memperoleh upgrade dibandingkan edisi pertamanya yang hanya berbekal baterai 2600 mAh saja.

 

Kesimpulan

Kedua smartphone diatas hadir dengan sejumlah upgrade, baik dari segi layar, performa, kamera maupun baterai. Diharapkan, keduanya pun dapat kembali populer di pasaran, seperti yang didapatkan oleh generasi pertamanya.

Saat ini, Samsung Galaxy J1 edisi 2016 sudah dijual di Dubai seharga US$ 135 atau Rp 1.8 jutaan. Sementara seri J5 belum diumumkan lebih lanjut, namun diperkirakan akan mulai dijual pada bulan Februari mendatang. Via SamMobile dan GSMArena.

Tags Samsung 2016

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel