Jengkel dengan Trojan dan Malware? Coba Bersih-Bersih dengan 5 System Cleaner Gratisan Ini!

5 Jan 2016 19:35 2311 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Bersihkan program-program jahat dan berbahaya dengan 5 cleaner ampuh ini. 

Internet itu luas. Saya sendiri tak tahu mutlak seluas apa, yang jelas Internet tidak jarang membuat orang yang berselancar tersesat. Ada saja ‘kan orang-orang yang tersesat di situs-situs palsu, situs-situs pencuri data alias phishing.

Tersesat pada tautan (link) unduhan yang ngawur, atau tersesat dijahili e-mail hoax dan palsu. Ketersesatan ini tidak jarang berujung pada satu hal: infeksi malware, spyware, trojan, atau program jahat lainnya.

Trojan dan malware adalah program yang berbahaya dan merepotkan. Ini karena selain membebani kinerja sistem hardware sehingga komputer terasa lemot, trojan dan malware juga berpotensi membuka celah keamanan sampai mencuri data anda.

Maka dari itu, menjaga kesucian komputer dari segala macam najis trojan dan malware hukumnya fardu ain--wajib bagi setiap komputer.

MBAM-1

Nah, jika Anda membutuhkan bantuan program permbersih sistem (system cleaner) untuk membersihkan sistem operasi Anda dari gangguan program jahat seperti spyware, adware, trojan, dan malware lainnya, berikut ini ada 5 rekomendasi program yang patut Anda coba.

Namun perlu diingat bahwa program ini bukan antivirus karena virus dan malware adalah jenis program jahat yang berbeda.

 

5. Malwarebytes’ Anti-Malware

Jengkel dengan Trojan dan Malware? Coba Bersih-Bersih dengan 5 System Cleaner Gratisan Ini!

This is my personal favorite. Selama ini, ketika membutuhkan program anti-malware atau anti-spyware yang ringan, handal, dan sensitif dalam pendeteksian, saya kerap berpaling ke Malwarebytes’ Anti-Malware—sering disingkat sebagai MBAM.

Antarmuka (interface) dan penggunaan aplikasinya simpel, kaya akan fitur, program detektornya sensitif, pokoknya cocok digunakan siapapun, terlebih bagi pemula.

Program ini dikembangkan oleh Malwarebytes’ dan pertama kali rilis ke publik pada 2008 silam. Pengalaman nyaris satu dekade ke belakang membuat database trojan dan malware MBAM sebagai salah satu yang terlengkap.

Pembaruan (update) pun sering dilakukan dan nyaris belum pernah mengecewakan saya ketika melakukan sweeping malware di komputer sendiri maupun di komputer orang lain.

Malwarebytes’ Anti Malware tersedia dalam dua jenis lisensi: Free untuk penggunaan personal atau rumahan dan Commercial untuk penggunaan kantoran atau bisnis. Saat artikel ini ditulis, versi terbarunya adalah 2.2.0. File installernya berukuran tak terlalu besar sehingga hanya butuh waktu singkat untuk diunduh. Anda bisa mendapatkannya langsung dari situs pengembangnya, https://www.malwarebytes.org/.

 

4. Comodo Cleaning Essentials

Jengkel dengan Trojan dan Malware? Coba Bersih-Bersih dengan 5 System Cleaner Gratisan Ini!

Jika MBAM masih belum ampuh, coba Comodo Cleaning Essentials. CCE, nama singkatan program ini disebut, adalah program anti-trojan dan anti-malware yang sifatnya stand-alone alias berdiri sendiri.

Perbedaannya dari Malwarebytes’ dan beberapa pembersih malware lainnya adalah CCE tidak perlu diinstalasi. Karena bentuk dan eksekusinya semacam program portabel, Anda cukup mendobel-klik program CCE.exe untuk menjalankan program ini.

Anda bisa mencoba mengunduh Comodo Cleaning Essentials dari situsnya https://www.comodo.com/business-security/network-protection/cleaning_essentials.php. Tersedia versi program 32-bit dan 64-bit, jadi pilih yang cocok dengan sistem operasi Anda. Hasil unduhan adalah file Zip yang berisi program CCE.

Antarmuka (interface) aplikasi Comodo Cleaning Essentials mudah dipahami dan digunakan. Aplikasi ini juga memiliki banyak fitur dan yang terpenting adalah program heuristic scan yang sensitif dan cermat. Aplikasi berlisensi Freeware ini mapu mendeteksi adware, spyware, trojan, dan rootkits yang diam-diam bercokol di PC Anda sampai tuntas.

 

3. Rising PC Doctor

Jengkel dengan Trojan dan Malware? Coba Bersih-Bersih dengan 5 System Cleaner Gratisan Ini!

Program yang satu ini ukurannya bisa dibilang paling kecil dari yang lain (hanya 9,3 MB) namun juga kaya akan fitur. Fitur pentingnya adalah pemindai (scanner) trojan dan spyware yang bisa diaktifkan dengan mudah. Selain itu, program ini juga mampu memberikan proteksi dengan fitur Trojan Interceptor yang menghalangi masuknya trojan ke dalam komputer.

Fitur lainnya adalah trojan download blocker yang menghalangi terunduhnya program trojan secara otomatis dari situs-situs palsu dan jahat.

Selain itu, ada pula fungsi aplikasi bersih-bersih seperti startup tools yang bisa digunakan mengatur program yang jalan ketika booting, Process Manager, Service Manager, dan File Shredder. Pada dasarnya, aplikasi ini bisa menjadi Task Manager cadangan ketika Task Manager bawaan Windows diblokir eksekusinya oleh trojan atau malware. Praktis ‘kan?

Anda dapat mengunduh Rising PC Doctor dari berbagai laman web unduhan program freeware seperti Softonic, Softpedia, Soft32, dan Majorgeeks.com.

 

2. Spybot Search and Destroy

Seperti halnya Comodo Cleaning Essentials, program ini juga tersedia dalam bentuk stand-alone yang portabel. Artinya, Anda tidak perlu menginstalasi, cukup dobel-klik file programnya, maka Windows akan menjalankan aplikasi tersebut.

Selain Malwarebytes, Spybot Search and Destroy adalah program anti malware dan trojan yang juga sudah berpengalaman.

Para pengguna komputer yang berpengalaman dengan Internet dan jaringan di awal 2000-an pasti mengenal nama ini karena memang program ini umurnya lebih tua dari pada Malwarebytes’.

Dan itu artinya, Safer-Networking, Ltd. Perusahaan pengembang aplikasi ini sudah berpengalaman banyak soal spyware dan antek-anteknya, termasuk trojan.

Oh ya, yang perlu diingat jika Anda ingin menginstal Spybot Search and Destroy adalah inkompatibilitasnya dengan Kaspersky Antivirus, Kaspersky Internet Security, dan McAffee Antivirus. Selain itu, ketika memindai file perhatikan bahwa banyak file sistem yang bisa ikut terhapus oleh program ini, maka berhati-hatilah ketika menghapus file yang terinfeksi. Cermati dulu, baru hapus!

Anda bisa mengunduh program ini dari situs-situs unduhan program Freeware seperti Softonic, Cnet, dsb, atau dari situs Portableapps.com untuk versi portabelnya. Cara lainnya, ambil langsung dari laman web resminya di alamat http://www.safer-networking.org/en/home/.

 

1. Ccleaner

Program yang terakhir ini sejatinya bukanlah program trojan removal atau antimalware namun cenderung program pembersih sistem (system cleaner) semata. Namun begitu, program Ccleaner adalah salah satu program yang cukup ampuh membersihkan file-file sampah di komputer Anda.

File-file sampah di sistem komputer misalnya file-file buangan yang sudah terlalu lama mengendap di Recycle Bin, atau file-file temporer dari Internet (Internet temporary files) yang biasa diunduh browser ketika Anda meramban laman web, atau file-file temporer buatan program/aplikasi yang terinstal di komputer.

Implikasi paling jelas dari menumpuknya file-file sampah adalah terbuangnya ruang kosong hard disk secara mubazir serta berpotensi melambatkan pencarian file ataupun loading aplikasi.

Dan bukan hanya membersihkan file sampah, Ccleaner juga mampu membersihkan Registry dan entri-entri tak penting, bermasalah, bahkan yang berpotensi bahaya. Anda cukup menjalankan Registry Cleaner, Ccleaner akan mendeteksi Registry secara otomatis, kemudian membersihkan entri registri yang direkomendasikan untuk dihapus.

Tags

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel