Penjelasan dan Fakta Menarik Tentang Corning Gorilla Glass dan Asahi Dragontrail Glass

17 Dec 2015 14:00 5184 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Simak Penjelasan dan Fakta Menarik Tentang Gorilla Glass dan Dragontrail Glass.

Pecinta gadget, Anda tentu tidak asing dengan penamaan spesifikasi layar Gorilla Glass atau Dragontrail Glass yang terdapat pada perangkat smartphone atau tablet. Kedua spesifikasi tersebut merupakan bahan yang akan melindungi layar pada gadget Anda.

Melalui Gorilla Glass atau Dragontrail Glass, layar gadget Anda akan terlindungi dari goresan, serta mampu terhindar dari kerusakan saat gadget terkena benturan. Nah, apakah calon gadget yang akan Anda beli memiliki salah satu spesifikasi layar diatas?

Untuk membantu Anda mempertimbangkan gadget yang akan dibeli, berikut ini sedikit penjelasan serta fakta-fakta dari Gorilla Glass atau Dragontrail Glass.

Penjelasan dan Fakta Menarik Tentang Corning Gorilla Glass dan Asahi Dragontrail Glass.

Gorilla Glass

Gorilla Glass merupakan salah satu produk yang dibuat oleh perusahaan asal Amerika Serikat, Corning Glass Company. Gorilla Glass mengusung material alkali-aluminosilicate, sehingga membuatnya memiliki fisik yang tipis, keras, ringan, dengan ketahanan yang tangguh.

Pada awalnya, Gorilla Glass diaplikasikan pada perangkat iPhone. Namun sekarang, Gorilla Glass sudah diadopsi oleh berbagai perangkat high-end, seperti smartphone, laptop, tablet dan gadget portabel lainnya.

Populer sejak tahun 2010, kini Corning sudah merilis Gorilla Glass generasi keempat. Generasi teranyar ini memiliki ketahannya yang jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Di balik ketangguhan Gorilla Glass yang digemborkan oleh produsen dalam mempromosikan sebuah gadget terbaru, terdapat sejumlah fakta menarik yang perlu diketahui para penikmat gadget.

Pertama, Corning menciptakan Gorilla Glass dengan penambahan cairan kimia sehingga memiliki kekerasan yang baik dan dapat bekerja dengan kuat. Selain itu, Gorilla Glass juga dibuat menggunakan bahan ramah lingkungan, sehingga ia dapat didaur ulang.

 

Dragontrail Glass

Selain Gorilla Glass, produsen gadget juga menggunakan Dragontrail Glass. Jenis kaca ini dibuat oleh salah satu perusahaan asal Jepang, yaitu Asahi Glass. Beberapa produsen smartphone mid-range menggunakan Dragontrail Glass, salah satunya Xiaomi.

Dragontrail Glass disebut memiliki ketagguhan yang diklaim lebih baik dibandingkan Gorilla Glass. Selain itu, ia pun dapat menahan beban sampai dengan 60 kilogram, melalui kaca yang hanya memiliki ketebalan 1 mm saja.

 

Tingkat Kekerasan

Selain penjelasan utama, Anda pun akan mengetahui tingkat kekerasan pada kedua jenis kaca diatas. Untuk Gorilla Glass generasi 2, ia memiliki kekerasan pada level 6, Gorilla Glass seri 3 dengan kekerasan pada level 6.7 dan Dragontrail Glass berada di level 6.5 .

Pemberian level diatas berdasarkan skala Mohs, dimana pengukurannya sendiri berdasarkan tingkat kekerasan serta kinerja secara keseluruhan dalam menahan berbagai macam goresan.

 

Kekuatan Gorilla Glass atau Dragontrail Glass

Gorilla Glass atau Dragontrail Glass memiliki kekuatan yang tak perlu diragukan lagi dalam menahan goresan. Akan tetapi, sejumlah fakta menunjukkan bahwa keduanya tidak dapat menahan goresan yang dihasilkan oleh pasir, berlian, baja, kertas abrasi dan granit.

Maka dari itu, jika Anda bertempat tinggal di daerah berpasir, ada baiknya menambahkan kembali screenguard untuk memberikan perlindungan ekstra pada perangkat. Sementara jika layar sudah terkena debu atau pasir, Anda dapat meniupnya kemudian menyapunya menggunakan kain lembut.

Banyak orang mengatakan bahwa Gorilla Glass atau Dragontrail Glass anti pecah. Padahal, perusahaan Corning dan Asahi sendiri tidak mengklaim hal tersebut. Pasalnya, baik Gorilla Glass atau Dragontrail Glass dapat tetap pecah jika terjatuh pada benda tertentu.

Hal ini ditunjukkan pada perangkat yang tetap bekerja dengan baik setelah terjatuh pada ketinggian 6 kaki, namun ada pula perangkat yang hancur sekalipun terjatuh di ketinggian 2 kaki. Kesimpulannya, keduanya jenis kaca diatas tidak dapat menopang semua jenis benda saat terjatuh.

Nah, penjelasan singkat berikut fakta-fakta menarik soal Gorilla Glass dan Dragontrail Glass sudah Anda ketahui. Sekarang, diharapkan Anda pun lebih bijak dalam memilih gadget.

Ada baiknya Anda memilih gadget dengan memprioritaskan terdapat salah satu jenis kaca tangguh diatas, karena jika gadget dilapisi Gorilla Glass atau Dragontrail Glass didalamnya, Anda dapat menggunakannya dengan lebih nyaman.  Via MIUI & Lazada.

About The Author

Ardi 57
Expert

Ardi

a professional content writer.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel