Asyiknya Menulis di Plimbi

11 Dec 2015 06:31 2129 Hits 0 Comments
Menulis di Plimbi itu asyik, bisa dapat uang dan hadiah lho.

Perkembangan media komunikasi sangat mencengangkan sejak ditemukannya internet, dulu kita tidak menyangka sosial media akan menjadi pengisi hidup kita dalam berinteraksi dengan teman dan keluarga kita, namun saat ini, sosial media benar-benar telah menjadi bagian dari hidup kita.

Dimasa lalu kita hanya bisa menikmati berita lewat media satu arah, seperti koran, radio ataupun televisi, saat ini dengan media on line, kita menjadi memiliki interaksi yang lebih dibanding masa lalu.

Media on line, atau portal on line juga sudah menjadi bagian dari keseharian kita dalam mengkonsumsi informasi, berbeda dengan dekade lalu.

Plimbi.com tampaknya hadir dengan konsep sedikit berbeda, memberikan kesempatan yang luas kepada para membernya sebagai author, ditambah adanya revenue sharing, tentunya Plimbi hadir dengan sedikit pendekatan yang berbeda dalam penyajian informasi.

Karakteristik media on line memang sedikit berbeda dengan media cetak, media on line menghadirkan informasi dengan lebih cepat, dan bahasa yang digunakan juga lebih gegas. Hal ini bisa jadi karena faktor pembaca, dengan melihat layar perangkat bisa dibuat cepat lelah karena pancaran radiasi layar. Maka, berita yang disajikan di media on line biasanya lebih ringkas dan to the point.

Berikut mungkin sedikit sharing dari saya, mengenai tips menulis On line di Plimbi,

Konsistensi

Tidak penting seberapa sering kita menulis, bisa satu hari sekali, atau seminggu dua atau tiga kali, namun yang lebih penting dari itu adalah konsistensi dari kita. Dengan menjaga konsistensi, kita bisa mengatur irama kita dalam menulis. Lebih hemat energi kita, apalagi bagi kita yang tingkat aktivitasnya cukup tinggi.

Ikuti informasi perkembangan berita

Modal utama seorang penulis adalah membaca, ini adalah input kita, tidak mungkin kita bisa menulis dengan baik jika kita bukan pembaca yang baik. Pengertian membaca ada dua, secara Tekstual dan secara Kontekstual. Membaca secara tekstual memiliki makna, yaitu membaca teks-teks yang ada di buku, koran, media on line, sosial media, dsb. Sedangkan membaca kontekstual memiliki makna, membaca alam, peristiwa, aktivitas, dan apapun yang memiliki makna atau arti bagi kita. Tema yang diangkat menjadi berita sebenarnya tidak ada yang baru, hanya saja, sebuah berita atau tulisan, adalah sebuah kemasan yang baru dari penulis lain.

Mengikuti perkembangan berita memang akan menjadi modal dasar kita untuk menulis, bahan bacaan kita, pengamatan kita, akan menjadi bahan dalam tulisan kita. So, mari kita banyak membaca, baik secara tekstual maupun kontekstual.

Dengan konsep revenue sharing dari Plimbi, akan menarik bagi kita yang ingin menambah sedikit masukan keuangan. Bagi rekan-rekan yang bekerja di instansi negeri maupun swasta, atau bagi para pelajar dan mahasiswa, menulis di Plimbi bisa menjadi alternatif kita menuangkan gagasan, berbagi informasi dan syukur-syukur kita bisa mendapatkan keuntungan lainya.

Semoga Plimbi tetap maju, dan teman-teman penulis semakin bersemangat berkontribusi di Plimbi.

Sumber gambar: Republika.

About The Author

wan 63
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel