Kurangi Kecanduan Gadget, Berikut Tipsnya

24 Nov 2015 07:27 4326 Hits 0 Comments
Tak bisa dipungkiri, kehadiran gadget memang membantu sekaligus sebagai candu.

Kurangi Kecanduan Gadget, Berikut Tipsnya

(ilustrasi gambar: klikandro.info)

Kehadiran perangkat cerdas yang senantiasa dekat dengan kita, seperti smartphone dan tablet, rasanya sudah menjadi gaya hidup di era modern seperti sekarang ini. namun begitu, tidak sedikit orang yang justru terganggu hingga menjadi kecanduan dengan perangkat cerdas tersebut.  Bagi anda yang sudah ditahap kecanduan dengan perangkat cerdas modern tersebut, mungkin bisa dipertimbangkan wacana berikut.

Saat kita berada dirumah, usahakan waktu yang kita miliki adalah untuk keluarga kita, sehingga waktu yang bernilai tersebut tidak hilang begitu saja. Kebersamaan dengan keluarga jadi memiliki arti lebih dengan kedekatan sesama anggota keluarga.

Tak jarang, kehadiran perangkat cerdas justru mengurangi nilai kebersamaan kita dengan keluarga. Beberapa waktu yang lalu sempat beredar ungkapan “Yang jauh terasa dekat, yang dekat terasa jauh”, itu adalah ungkapan yang mungkin mewakili kondisi kita saat ini, ketika kita asik dengan perangkat kita dan melupakan hal-hal lain disekitar kita.

Hal berikut mungkin akan sedikit membantu, sekedar tips untuk mengontrol kehidupan kita dari kecanduan smartphone atau tablet:

Hindari membawa perangkat cerdas ke tempat tidur

Langkah ini penting, mengingat, ketika kita hendak tidur, kita perlu relaks dan tidak terganggu oleh hal-hal lain. Suasana santai sangat dibutuhkan bagi kita untuk beristirahat.

Matikan notifikasi

Tak dipungkiri, bunyi notifikasi memang bisa membuat kita kurang konsentrasi. Kita akan cenderung memeriksa perangkat kita ketika mendengar bunyi notifikasi. So, aturlah notifikasi perangkat anda, bisa juga disetting dengan getar atau bahkan ke mode silent ketika kita sedang dalam moment penting seperti rapat atau sedang berkumpul dengan keluarga.

Delete aplikasi tak penting

Terkadang, ada aplikasi di perangkat kita yang tidak begitu penting. Kita perlu memeriksa aplikasi apa saja yang memang kita butuhkan dan aplikasi yang dirasa tidak perlu. Sesekali, periksalah dan buanglah aplikasi yang tidak perlu. Manfaat lain dengan membuang aplikasi adalah, penyimpanan kita menjadi lebih lega dan kinerja perangkat jadi lebih gegas.

Aktifkan mode Airplane/ pesawat terbang

Langkah ini memang cukup ekstrim, namun apabila anda benar-benar ingin terbebas dari notifikasi perangkat, langkah ini cukup mujarab. Dengan fitur airplane kita masih bisa menggunakan fungsi lain perangkat seperti untuk mengambil gambar atau membaca ebook, atau aktivitas lainnya yang tidak membutuhkan koneksi jaringan. Namun bagi anda yang harus selalu terhubung karena tugas, mengaktifkan fitur airplane mode tidak disarankan.

Letakkan smartphone di tempat jauh dari jangkauan

Tips ini cukup membantu, terutama untuk kita yang senantiasa memeriksa smartphone setiap saat. Letakkan perangkat kita di meja, atau di laci, dan berjanjilah untuk mengeceknya secara periodik saja, semisal tiga kali sehari atau sekali sehari saja.

Langkah-langkah diatas hanya sekedar tips, yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan kita dengan smartphone atau gadget kita. Kesemua langkah diatas tidak akan berjalan, apabila kita kurang disiplin diri dalam melaksanakannya. So, Be Wise dalam menggunakan perangkat kita ya.

(Disadur dari berbagai sumber)

About The Author

wan 66
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel