Lamunan Siang Hari (04) :Tombo Ati untuk Saudaraku

20 Nov 2015 14:01 2423 Hits 0 Comments
Familiar-nya, tombo ati yaitu obat ati. 

Siang hari ditemani sepuntung rokok. Mendengarkan kawan-kawan teater mendendangkan lagu tombo ati. Diiringi petikan gitar yang membuat hati teringat kembali akan panji-panji muslim yang sederhana. Tombo ati di siang hari menggugah semangat juang agar tak galau oleh masalah-masalah sepele.

Familiar-nya, tombo ati yaitu obat ati. Dijadikan judul lagu oleh Opick sehingga lebih popular, dapat membuat para jamaah masjid yang membanjiri majelis-majelis religius. Itulah hebatnya obat hati yang terdiri dari lima pesan untuk manusia. Hati yang sering menjadi arena kesakitan, menjadi vital untuk dijadikan alat kesakitan.  Lihat saja beberapa orang sakit hati, kemudian terjadi tindakan di luar nalar. Misalnya, sakit hati karena diputus pacar. Memilih gantung diri daripada mengobati hati.

Posisi hati yang berada di tengah-tengah bertanda perasaan itu selalu jujur berjalan ke arah mana. Hati berada di antara tubuh bagian atas (area kepala) dan bagian bawah (area kaki). Letaknya berada di tengah dada bagian depan dan belakang, serta berada di antara kiri dan kanan badan. Posisi ini memberikan kebebasan hati untuk memilih mana yang sesuai dengan hati nurani.

Kaping pisan, moco quran lan maknane.

Kapin pindo, solat wengi lakonono.

Kaping telu kumpulono wong kang soleh.

Kaping papat , luwihono weteng siro.

Kaping limo, dzikir wengi ingkang suwe.

(Terjemahan bebasnya)

Yang pertama, baca Quran dan maknanya.

Yang kedua, melakukan solat malam.

Yang ketiga, berkumpulah dengan orang shaleh.

Yang ke empat, berpuasalah.

Yang ke lima, perbanyaklah berpuasa.

Islam Garis Keras

Ketertarikan untuk menyelami saudara-saudara se-agama yang masih saja mengangkat senjata untuk memusnahkan kaum thaghut. Seluruh saudara-saudara yang tidak patuh terhadap Quran dan Hadis dianggap melencenga dari ketentuan syariat islam. Dalam bahasa khawarij-nya laa hukma illalloh (tidak ada hukum selain Alloh). Perkataan yang spontan dilontarkan kepada saudara-saudara yang menjadi pendukung Sahabat Ali dan Sahabat Muawiyah. Ketika arbitrase sedang berlangsung.

Syariat yang diartikan sebagai tuntunan untuk berjalan menuju thariqat, makrifat, hingga haqiqat. Merupakan sebuah alur yang digunakan untuk berproses oleh para penganutnya. Dalam keadaan apapun, syariat yang telah ditentukan oleh Alloh yang maha universal melalui firman-firman-Nya. Dibantu dengan perkataan, perbuatan, serta tingkah laku Nabi Muhammad sebagai cahaya terakhir dalam kenabian islam. Dua pegangan pokok berupa Quran dan Hadis, dijadikan rujukan untuk memutuskan perkara yang bersifat partikular oleh para ahli tafsir, fiqih, tasawuh, hadis, serta bidang-bidang lainya. Keadaan sosial yang memaksa syariat untuk dipartikularkan (dikaji hingga bagian terkecil).

Para penganut islam garis keras memaksakan penerapan la hukma illalloh secara leterlijk tanpa memandang zaman serta lokalitas suatu daerah. Islam yang marah mejadi-menjadi, nilai-nilai puritanisme terus dijalankan tanpa mengenal budaya setempat. Marah, itulah membuat orang-orang yang sudah terdoktrin benci pada islam, menjadi serigala mengaung di siang hari. Tak mau tahu apa motifnya, sehingga nilai-nilai ramah agama islam tertutupi oleh perilaku yang sama sekali tidak sesuai dengan la hukma illalloh.

Husnudzon, berbaik sangka terhadap seluruh perbuatan makhluk, tanpa memandang secara parsial. Itulah nilai islam yang sebenarnya harus dijalankan, bukan menimbulkan kebecian yang tak ada habisnya dari kaum-kaum yang benar-benar alergi dengan islam.

Saudara-saudara islam garis keras pasti sudah tahu, bagaiman cara mengobati hari agat tidak selalu alergi dengan orang anti islam. Paling mudah menjalankan salah satu dari sila-sila yang terdapat pada tombo ati.

Moco Quran lan maknane (membaca quran dan maknanya). Hati kita akan terenyuh, jikalau kita benar-benar memahami kitab sastra terbesar sepanjang sejarah ini. Bahasa Quran membutuhkan penafsirnya belajar puluhan tahun, mulai dari nahwu, sharaf, jurumiyah, irab, imrithi, maqsud,al-fiyah, balaghoh, dll. Memahami ayat yang begitu kompleks tata bahasanya perlu merenung dan memiliki imajinasi yang lebih. Kitab-kitab yang di pahami pun mulai dari tafsir jalalain hingga tafsir al-qurtubi.

Tata bahasa yang kurang familiar dalam lingkungan kita (Indonesia) karena bahasa quran menggunakan bahasa arab. Keberuntungan diperoleh oleh bangsa ini, karena kitab dengan yang menjadi pedoman umat muslim sedunia diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Angin segar bagi umat yang belum pernah belajar tentang Quran lebih dalam.

Mengutip kata bijak dari seorang guru, Dimana ada kebaikan disitulah keburukan bermunculan.  Quran yang tadinya ditafsirkan oleh orang-orang yang ngunduh kawruh-nya sampai ke negeri Cina. Tiba-tiba petir menggelegar di siang bolong membuat saya tersedak. Melihat saudara-saudara yang menafsirkan quran secara sembrono tanpa menggunakan aturan yang sudah ada. Berbekal Quran terjemahan Kementrian Agama, sudah berbicara orang yang memakai tasbih hinga maulidan tidak sesuai dengan Quran dan bidah serta haram.  Mubaligh, macam apa ini ?

(bersambung)

Tags opini

About The Author

Fadli rais 42
Ordinary

Fadli rais

Pecinta mamah muda made in Indonesia
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel