Privasi dan Keamanan Dimata Apple

20 Nov 2015 03:47 1926 Hits 0 Comments
Apple sangat memperhatikan privasi dan keamanan pengguna.

"Kita tinggal di sebuah dunia di mana informasi dapat membuat perbedaan antara hidup dan mati. Maka dari itu kita harus melindungi data privasi, bila tidak, kita akan menghadapi konsekuensi lebih merugikan dibandingkan kehilangan uang,"  ungkap Bos Apple, Tim Cook beberapa waktu yang lalu.

Pernyataan yang diungkapkan oleh Bos Apple tersebut menitikberatkan betapa pentingnya privasi di ranah jagat internet. Dalam pernyataanya tersebut, Apple menyindir perusahaan yang menggunakan informasi pengguna sebagai basis monetisasi keuntungan perusahaan.

Perusahaan yang sangat sukses di jagat raya internet, memang dikenal memiliki layanan gratis didalamnya, sebut saja Facebook dan Google. Namun pertanyaan yang menyeruak adalah, darimana perusahaan tersebut memperoleh keuntungan?

Sindiran Apple memang tidak secara tersurat ditujukan kepada Facebook maupun Google, namun melihat model bisnis yang dimiliki kedua perusahaan internet tersebut, secara tidak langsung memang pernyataan tersebut ditujukan untuk Google maupun Facebook, ataupun perusahaan sejenis.

"Konsumen harus mengontrol informasi mereka. Anda mungkin menyukai layanan gratis, tapi menurut kami layanan-layanan itu tidak sepatutnya memiliki email, riwayat pencarian dan bahkan kini data foto keluarga Anda. Kami pikir, suatu hari konsumen akan melihat tujuan dari itu semua," tambah bos Apple tersebut.

"Apple tidak pernah bekerjasama dengan badan pemerintah dari negara manapun untuk membuat backdoor di dalam produk atau layanan kami. Kami juga tidak pernah mengizinkan ada akses ke server kami dan kami tidak akan pernah melakukannya," 

Tak bisa disangkal, layanan gratis yang ada di internet memang bertaburan dimana-mana, dan kita sebagai pengguna memang dituntut jeli untuk menyikapinya. Dalam era seperti sekarang ini, sulit rasanya melepaskan diri dari berbagai macam layanan gratis tersebut. Bahkan mungkin bagi sebagian kita, layanan tersebut memberikan manfaat yang sangat besar bagi kita.

Sebut saja layanan email, sosial media, hingga pesan instant, tak dapat dipungkiri, layanan tersebut memberikan manfaat besar bagi kita, terutama untuk komunikasi di era modern seperti sekarang ini.

Belajar dari peringatan Apple tersebut, mari kita lebih bijak dalam mengelola aktivitas jagat maya kita. Tetap eksis di dunia maya, tanpa harus mengorbankan privasi dan keamanan kita. 

Tags Apple

About The Author

wan 62
Bolpoint

wan

Mencoba Hobi tulis menulis

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel