5 Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Kesuksesan Jack Ma Pendiri Alibaba.com

11 Nov 2015 12:14 3911 Hits 0 Comments
Nama Jack Ma tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kiprahnya sebagai pendiri situsecommerce Alibaba.com, sukses mengantarkan perusahaan tersebut menjadi situs ecommerceterbesar di Tiongkok, dan juga salah satu yang terbesar tingkat dunia.

Nama Jack Ma tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Kiprahnya sebagai pendiri situsecommerce Alibaba.com, sukses mengantarkan perusahaan tersebut menjadi situs ecommerceterbesar di Tiongkok, dan juga salah satu yang terbesar tingkat dunia.

Kesuksesan itu tidak diraihnya dengan mudah. Banyak rintangan yang harus dilewati Jack. Meskipun ia berasal dari keluarga kurang mampu, namun keadaan itu tidak membuat ia menyerah dalam meraih kesuksesan hidup.

Dari bisnis yang telah lama dikembangkannya, banyak pelajaran dari hidupnya yang dapat diambil untuk memotivasi kita membangun bisnis baru. Seperti dilansir Time dalam “Valuing What Matters”, simak beberapa hal berikut ini:

Berpikir ke depan

“Kita dapat meraih kesuksesan hari ini, bukan karena kita melakukan pekerjaan besar hari ini saja. Itu karena kita sudah melakukannya dengan bermimpi dari lima belas tahun yang lalu,” kata Jack.

Ia melihat banyak orang gagal yang menjadi patah semangat dan kurang jeli dalam mencari kesempatan. Untuk itu, kamu harus bisa melihat semua kemungkinan dan peluang. Lalu carilah setiap potensi yang dapat membangun bisnismu. Miliki visi yang jelas dan fokuslah sampai berhasil.

Uang bukanlah kebahagiaan, melainkan tanggung jawab

Kepercayaan adalah pengukur tingkat kedewasaan. Dalam situasi apapun, pemimpin yang sukses akan tetap tenang, parcaya pada misinya, dan fokus pada hasil yang diinginkan.

“Ketika kamu memiliki satu juta dolar, kamu adalah orang yang beruntung. Saat kamu punya sepuluh juta dolar, kamu akan mendapat masalah dan sakit kepala, dan ketika kamu memiliki puluhan miliar dolar bahkan lebih dari itu, itu adalah sebuah tanggung jawab. Itu adalah sebuah kepercayaan yang dibebankan untukmu, bahwa kamu dapat mempergunakan uang itu lebih baik daripada orang lain,” katanya.

Mengharapkan yang tidak terduga

“Hidup itu seperti sekotak coklat. Kamu tidak akan pernah tau apa yang akan kamu dapatkan,” kata Jack. Ia percaya, kesuksesan tidak hanya diukur oleh banyaknya uang yang didapat.

Oleh karena itu, jangan memulai bisnis atau proyek hanya karena uang. Percaya atau tidak, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih menakjubkan, ketika kamu lebih fokus pada proses dan penciptaan karya yang bagus.

Kamu tidak butuh koneksi untuk meraih sukses

“Kami tidak punya ayah yang kaya atau paman yang berkuasa, kami hanya punya konsumen yang mendukung kami,” katanya. Ketika kamu tidak memiliki relasi dekat atau keluarga yang memiliki suatu jabatan tinggi, kamu tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis.

Sebab pada dasarnya rumus untuk sukses adalah rajin, bekerja keras, dan tidak pernah melupakan ambisi. Apapun bentuk usahamu, prinsip inilah yang akan selalu berlaku.

Untuk mengubah dunia, investasikanlah pada generasi muda

“Pakailah anak-anak muda, karena mereka akan menjadi besar. Anak muda akan menanam benih yang kamu tanamkan dalam pikiran mereka, dan ketika sudah tumbuh dewasa, mereka akan mengubah dunia,” katanya.

Banyak orang masih berpikir bahwa pengalaman hanya bisa didapat sesuai dengan jalannya usia. Dengan kata lain orang yang dianggap berpengalaman adalah orang yang sudah berusia tua.

Padahal anak muda memiliki potensi 100 kali lebih besar dari orang tua. Jangan sepelekan kekuatan dan potensi anak muda. Berdayakan anak-anak muda karena mereka berpotensi besar dapat mengembangkan bisnismu.

 

Tags

About The Author

hitsss 17
Novice

hitsss

Portal anak muda Indonesia. Wirausaha, bisnis, startup, kreativitas, gaya hidup | Mobiliari Group
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel