Memperkuat dan Mempertajam Intuisi

3 Nov 2015 10:04 3879 Hits 0 Comments
Melatih intuisi dalam keseharian kita

                Kita bisa juga disebut “makhluk intuitif”. Dalam melakukan berbagai tindakan, sadar atau tidak, kita selalu melibatkan “kekuatan intuisi” kita. Kekuatan intuisi merupakan bentuk aktualisasi “indera keenam” kita. Kita semua tahu, bahwa manusia dikaruniai Tuhan dengan lima indera yang lebih dikenal dengan sebutan panca indera. Disamping panca indera, kita sesungguhnya juga memilikii indera keenam yang aktualisasinya sering disebut intuisi ini.

                Banyak ontoh yang melibatkan kekuatan intuisi ini bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, disuatu tempat kita pasti pernah merasa ada yang menatap ke arah kita, dan ketika menengok ternyata benar. Kejadian seperti ini pasti melibatkan kekuatan indera keenam atau intuisi, karena kelima indera saat itu tidak sedang berfokus ke orang yang sedang menatap kita. Pana indera kita umunya memerlukan fokus pikiran untuk bisa bekerja, tetapi indera keenam selalu bekerja tanpa memerlukan fokus pikiran.

                Akan tetapi sungguh disayangkan sebagian dari kita, karena alasan-alasan kesibukan, dan kesalah pahaman mengangggap bahwa intuisi hanyalah suatu kebetulan belaka, sehingga menyebabkan ketidak perayaan kepada kekuatan indera keenam. Hal itu mengakibatkan melemahnya kekuatan intuisi kita. Semakin kita berpikir hanya menggunakan logika, semakin melemah kekuatan intuisi. Padahal, tuhan memberikan kekuatan indera keenam ini sebenarnya untuk melengkapi kemampuan kita agar bisa menjalani kehidupan didunia ini dengan sebaik-baiknya.

                Kita bisa mengasah kekuatan intuisi agar tetap bisa bekerja membantu kita. Dengan kekuatan intuisi ni, kita akan memperoleh peringatan untuk melakukan sesuatu atau tidak melakukanya. Dengan demikian, kita bisa terselamatkan dari kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan, karena intuisi selalu siap membantu kita.

                Ada beberapa cara untuk mengembangkan dan meningkatkan potensi kekuatan intuisi, yaitu:

  • Cobalah mengingat dari mana munculnya ide, wawasan, gambaran atau firasat anda.
  • Catatlah perasaan desakan untuk melakukan sesuatu dan tanggapilah beradasarkan desakan itu.
  • Cobalah menceritakan pengalaman firasat anda kepada orang lain. Bentuklah perkumpulan untuk sharing dengan teman sepaham.

 

Intuisi kita sesungguhnya bisa menjadi jalan keluar yang efektif pada saat kita mengalami kebuntuan berpikir mengenai masalah. Pada saat kita sudah terbentur dinding dan tidak memiliki solusi apapun terhadap masalah-masalah kita, kekuatan indera keenam atau intuisi ini bisa memberikan jalan keluarnya. Intuisi bisa menghindarkan kita dari kesalahan-kesalahan yang tidak bisa terdeteksi oleh panca indera kita. Sinyal-sinyal intuisi yang kita terima janganlah diabaikan, karena itu menimbulkan kerugian bagi hidup kita.

About The Author

Mas Haidar 33
Ordinary

Mas Haidar

u will See, if u want to know me.. so catch up on me

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel