Berpikir dan Bertanya di Bumi

1 Nov 2015 15:35 2360 Hits 0 Comments
Begitulah bumi, selalu menghasilkan karya-karya berupa pemikiran yang abstrak logis, supralogis, serta jalan yang berkelok


Bumi ini selalu menjadi wahana yang sangat mengasyikan untuk mengajukan pertanyaan. Baik itu yang bias dilogikakan maupun yang jauh dari logika sehat manusia. Berbahagialah kawan-kawan bisa terdampar di bumi yang penuh dengan ribuan pertanyaan.  Siapa saja, memiliki hak untuk berpikir. Selama ia masih menginjakkan kedua kakinya di bumi, tak ada yang bisa membatasi proses berpikir.


Bertanya menjadi kebiasaan oral yang selalu dimiliki oleh masing-masing individu. Seperti pepatah mengatakan “Malu bertanya sesat dijalan”. Pesanya simple saja, bertanyalah pada setiap yang kalian temui, karena itu akan memberikan jalan, baik itu menguntungkan ataupun merugikan.  Yang terpenting adalah bertanya dulu. Bukan, akibat dari bertanya itu sendiri

 
Pertanyaan yang pernah di ajukan oleh Thales (585) “Unsur apa yang terpenting di alam ini ?”  pertanyaan yang menimbulkan sebuah jawaban  abstrak logis. Artinya sesuatu yang tidak beraturan ini sebenarnya bisa dilogikan dengan sebuah analisis yang cukup tajam.  Unsur alam yang begitu banyak memang layaknya seperti air. Unsur yang memiliki peran penting disini merupakan satu bentuk yang dapat menyusun sesuatu.  Air menjadi vital, karena alam ini memang sangat macam-macam unsurnya. Baik itu unsur berupa kebaikan maupun keburukan. Mereka saling berbaur untuk menjadi sebuah tempat yang nyaman.

Unsur yang utama ini berupa air kotor dan jernih.  Kotor semestinya disamakan dengan keburukan begitupun jernih dengan kebaikan. Murid dari Thalles, Aneximandros bertanya “apakah alam ini memiliki bata ?”. Alam ini tidak memiliki batas, karena keterabatasan itu tidak akan menciptakan negasi yang abstrak logis. Sehingga ia mengajukan gagasan alam tak terbatas agar berkesinambungan dengan objek penelitian filsafat yang abstrak logis.

Sehingga menimbulkan negasi antara udara dengan dingin, air dengan cair, dan api dengan panas.  Kedua tokoh ini menjadi orang yang koplak dalam bertanya. Manusia-manusia yang hidup di daerah Miletus, Asia Kecil.  Thales yang bertanya unsur dasar itu apa sedangkan Aneximenes oposisi dari unsur-unsur pembentuk alam. Meski alam yang tak selalu bersahabat dengan individu-individu yang melontarkan pertanyaan koplak.

Begitulah bumi, selalu menghasilkan karya-karya berupa pemikiran yang abstrak logis, supralogis, serta jalan yang berkelok. Berpikir dua kali saja tidak cukup, memerlukan ribuan bahkan ratus ribuan untuk kembli berpikir sembari bertanya. Bertanya sambil berpikir menjadikan dunia ini selalu indah. Manfatkanlah selama dilarang meng-koplak-kan diri dan orang lain.
 

Tags opini

About The Author

Fadli rais 42
Ordinary

Fadli rais

Pecinta mamah muda made in Indonesia
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel