7 Gadget Keren dan Praktis bagi Anda yang Sering Bepergian

8 Oct 2015 14:00 2566 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Orang yang sering bepergian seperti pebisnis atau pehobi travelling akan membutuhkan kepraktisan, kenyamanan, dan keamanan yang didapatkan dengan gadget-gadget ini.

Bagi orang yang sering bepergian, tentu paham betapa repotnya memilih dan mengatur barang-barang yang harus dibawa. Belum lagi tata susunannya di dalam tas agar bisa muat, tidak sesak, dan tidak menyulitkan ketika harus mengambil suatu barang dari dalam tas.

Setiap maskapai penerbangan juga biasanya menetapkan batas maksimal bobot bagasi yang boleh dibawa oleh penumpang—beberapa perusahaan penerbangan kecil malah sangat pelit menjatahi bobot maksimal bagasi penumpangnya. Oleh karena itu, membawa barang yang benar-benar diperlukan adalah prioritas.

Lantas, apa saja barang yang baiknya di bawa selama perjalanan? Selain barang-barang pribadi yang sifatnya wajib seperti pakaian yang cukup, persediaan makanan dan minuman secukupnya, obat-obatan pribadi, dan dokumen-dokumen penting seperti kartu identitas dan kartu ATM, beberapa gadget dan peralatan berikut ini mungkin cocok untuk Anda sertakan dalam perjalanan Anda.

Gadget dan perlatan-peralatan ini adalah barang-barang yang sengaja dirancang untuk kemudahan dan kenyamanan Anda selama bepergian.

 

1. Tas Kompresi dengan Kompartemen khusus

Compression sack atau tas-kantong kompresi adalah jenis tas yang sepertinya lebih populer di kalangan pencinta alam, pendaki gunung, atau backpacker karena kemampuannya mengangkut berbagai macam barang sambil mengompres ukurannya menjadi lebih kecil.

Dengan begitu, penggunanya dapat membawa tas dengan ukuran yang lebih kecil dan dimasukkan ke dalam ransel yang ukurannya lebih besar.

Namun begitu, kebanyakan compression sack tidak memiliki kompartemen khusus yang membagi space di dalam kantong tersebut untuk barang-barang tertentu, misalnya memisahkan benda-benda basah dengan benda yang harus kering, atau memisahkan pakaian bersih dengan alas kaki atau pakaian kotor.

Perkecualian ialah tas kompresi Hoboroll dari GobiGear. Tas seharga nyaris $40 ini berukuran 10x15 inci, dibuat dari bahan nylon 30D yang ringan namun kuat, dan memiliki berbagai kantong kompartemen yang bisa dimanfaatkan memisahkan barang-barang Anda agar tidak saling merusak atau mengotori.

 

2. Pelembab Udara dengan Colokan USB

7 Gadget Keren dan Praktis bagi Anda yang Sering Bepergian

Setiap lokasi atau negara yang berbeda memiliki tingkat kelembapan udara yang berbeda. Ada tempat yang lebih tinggi ada pula yang lebih rendah kelembapannya. Jika Anda orang yang kurang terbiasa tinggal di tempat yang tingkat kelembapannya berbeda dari tanah air, mungkin alat ini bisa bermanfaat.

Satechi Portable USB Humidifier adalah perangkat pelembap udara (humidifier) yang mampu mengubah kelembapan suatu ruangan.

Jika ruangan tersebut kering dan kurang lembap, alat ini dapat menguapkan air langsung dari botol air minum Anda. Jika ruangan terlalu lembap, alat ini dapat menyemprotkan partikel ke udara agar terasa lebih sejuk. Praktis ‘kan?

 

3. Tudung Hujan Instan

Asesoris dan Gadget untuk Anda yang Sering Bepergian

Namanya cuaca, siapa yang tahu? Kadang di musim panas, bisa saja turun hujan. Di musim hujan pun begitu, bisa saja panas terik muncul tiba-tiba. Maka tidak jarang yang namanya ramalan cuaca keliru.

Bepergian sambil hujan tentu merepotkan. Anda harus siap berbagai peralatan dan perlengkapan seperti payung, jas hujan, dan sebagainya. Jika Anda orang yang tidak suka membawa terlalu banyak perlengkapan karena ribet, maka Anda mungkin akan menyukai tudung hujan instan ini.

Hood-To Go disebut sebagai tudung hujan instan karena pada dasarnya Anda bisa mengombinasikan tudung hujan ini pada pakaian manapun—direkomendasikan jaket berbahan kulit atau material lain yang anti air, sebenarnya. 

 

4. Router Mini

7 Gadget Keren dan Praktis bagi Anda yang Sering Bepergian

Belakangan ini banyak hotel yang menawarkan fasilitas koneksi Internet melalui sambungan Wi-Fi. Sayangnya, seringkali tidak semua kamar bisa mendapatkan sinyal yang bagus dari pemancar Wi-Fi yang tersedianya.

Jika Anda sering mengalami hal ini, Anda dapat memanfaatkan sebuah router-repeater, yaitu alat yang menangkap sinyal Wi-Fi yang lemah kemudian memancarkannya kembali menjadi sinyal yang lebih kuat.

Router-repeater seharg a$40 buatan Satechi ini misalnya. Hebatnya lagi, selain sebagai router-repeater, alat ini juga bisa menjadi plug converter jika kebetulan Anda membawa perangkat elektronik seperti charger atau adapter yang model colokannya berbeda dari yang tersedia di tempat yang Anda singgahi.

 

5. Alarm Pintu Portabel

7 Gadget Keren dan Praktis bagi Anda yang Sering Bepergian

Keamanan adalah hal krusial dalam setiap perjalanan, baik itu soal keamanan barang bawaan ataupun keamanan tempat berakomodasi ketika bepergian.

Terutama hal yang kedua tadi, keamanan tempat akomodasi adalah urusan penting yang tidak dapat ditawar. Tidak ada seorang pun yang ingin terganggu ketika beristirahat, apalagi ketika dalam perjalanan.

Jika Anda sering merasa keamanan di tempat Anda menginap terlalu longgar atau justru berkesan tidak aman, Anda perlu menggunakan alarm pintu portabel ini. 

Cukup gantungkan alatnya di gagang pintu, selipkan sensornya ke sela pintu. Jika sensor tadi mengindikasi adanya gerakan mencurigakan pada pintu (misalnya dibongkar paksa atau dibuka tanpa izi), unit alarm akan berbunyi cukup keras (91 dB). Unit alarm produksi Belle Hop ini ditenagai dengan dua baterai kancing seperti yang digunakan pada jam tangan.

 

6. Kantong Cuci Portabel

Scrubba Washbag adalah sebuah kantong cuci portabel. Dengan kantong ini, Anda dapat mencuci sendiri pakaian tanpa harus menggunakan mesin cuci atau mencari tempat laundry. Cukup masukkan pakaian kotor, isikan air secukupnya, lalu tambahkan deterjen.

Selanjutnya, Anda cukup mengucek pakaian sampai bersih. Lakukan hal yang sama untuk membilas pakaian, tentunya tanpa ditambahi deterjen.

Bisa dibilang kantong cuci ini adalah mesin cuci paling praktis di dunia karena bisa beroperasi tanpa membutuhkan tenaga listrik, bisa dibawa kemana-mana dengan mudah karena bisa masuk ke dalam tas, serta cocok untuk mereka yang sering berkemah (camping) dalam waktu lama, para surveyor atau pekerja lapangan, juga bagi para mahasiswa yang tinggal di kos-kosan yang tidak memiliki mesin cuci.

 

7. Name Tag dengan Pemancar Lokasi

Tak ada seorang pun yang mau barangnya hilang selama bepergian. Apalagi jika yang hilang adalah tas yang kebetulan berisi berbagai dokumen penting, uang yang jumlahnya tidak sedikit, atau berisi komputer atau gadget lain yang di dalamnya tersimpan data-data penting.

Kehilangan tas selama bepergian bisa terjadi di mana saja. Gara-gara tertukar atau salah ambil di pengambilan bagasi, ataupun karena ada yang sengaja mencuri.

Name tag dari Calypso ini memiliki perangkat location tracker dan koneksi Bluetooth 4.0. perangkat ini mampu memancarkan sinyal radio sampai jarak 60 meter. Baterai dalam perangkat ini bisa bertahan 6 bulan dan dapat diganti dengan mudah jika habis dayanya.

Demikianlah tujuh gadget dan peralatan keren dan praktis yang dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang sering bepergian. Dengan alat-alat tersebut, perjalanan anda bisa menjadi lebih aman, nyaman, praktis, dan menyenangkan!

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel