Mengapa Tombol Dislike Facebook Sangat Penting?

17 Sep 2015 11:23 2228 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tentang tombol dislike Facebook 

Sebagai pengguna setia Facebook, saya kadang ingin melakukan banyak hal sesuai keinginan. Misalnya memilih tombol âlikeâ (suka) pada status Facebook yang dikirimkan oleh teman atau dibagikan teman. 

Sayangnya, saya tidak bisa memilih tombol tidak suka (dislike) pada status yang menurut saya negatif.  Atau status yang memang tidak membuat saya tertarik untuk memilih âlikeâ. 

Ini tentu saja karena Facebook tidak menghadirkan fitur tombol tombol "tidak suka" alias "dislike" pada kiriman di Facebook. Jika tidak suka dengan kiriman tertentu, Facebook menyarankan untuk menontaktifkan pemberitahuan atau menyembunyikan kiriman tersebut. 

Namun, itu cukup merepotkan. 

Pasalnya, tidak semua kiriman yang dikirim oleh teman di Facebook mengandung hal-hal yang tidak saya suka. Jika saya memilih opsi tersebut, saya malah tidak bisa melihat lagi kiriman teman saya nantinya. 

Karena itulah, menurut saya tombol âdislikeâ Facebook memang patut dihadirkan. 

Bukan hanya saya yang menginginkan adanya tombol âdislikeâ. Banyak orang juga yang menginginkan tombol tersebut hadir di laman jejaring sosial itu. 

Alasannya tentu saja agar mereka bisa lebih leluasa memilih hal-hal yang mereka suka dan hal-hal yang mereka tidak suka. 

Banyaknya permintaan ini akhirnya membuat Faceboo merencanakan kehadiran tombol âdislikeâ. Dikutip dari Kompas.com (17/08?2015), Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook menyatakan bahwa timnya memang sedang mempersiapkan tombol tersebut. 

Mark Zuckerberg menyatakan bahwa nantinya tombol âdislikeâ akan menjadi tombol untuk mengungkapkan empati terhadap berbagai kiriman. Misalnya, ada status yang menuliskan kabar duka, kabar bencana, maka tentunya tombol âdislikeâ ini bisa digunakan. 

Ini berbeda dengan sekarang ketika ada kiriman berisi  kabar duka, kiriman tersebut malah banyak disuka atau diberi jempol. Jika nantinya sudah ada tombol âdislikeâ, tentu orang akan lebih memilih tombol tersebut. 

Hanya saja Mark Zuckerberg menyatakan bahwa tombol âdislikeâ nantinya tidak digunakan untuk kepentingan memberikan pernyataan buruk terhadap kiriman status orang lain.  Sekali lagi, tombol tersebut lebih ditujukan sebagai pengganti tombol âlikeâ untuk peristiwa sedih. 

 

Tentu saja, saya sebagai penggunan Facebook cukup senang dengan kabar ini. Malah mungkin saya tidak perlu memberikan pernyataan negatif lewat komentar pada posting yang tidak saya inginkan. Cukup tombol dislike saja. 

 

Tags Facebook

About The Author

Graha 54
Expert

Graha

akun alternatif Hilman Graha @HilmanMN Blogger, Techno Writer, social media enthusiast, hilman.my.id jinggaprasetya.wordpress.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel