Ecocapsule: Rumah Unik dan Futuristik yang Ramah Lingkungan

20 Sep 2016 01:00 3041 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ecocapsule adalah rumah unik dan futuristik,

Di masa sekarang ini, meskipun merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia, rumah tinggal justru bisa menjadi salah satu objek masalah. Jangankan membeli rumah, harga tanah saja (terutama di perkotaan) sudah tidak mungkin berhitung ratusan ribu per meternya. Belum lagi setelah mendirikan rumah, Anda harus mampu membayar berbagai pengeluaran seperti pajak bumi dan bangunan, biaya air, biaya listrik, biaya telepon, biaya sampah dan kebersihan, dan sebagainya. Lantas pernahkah terbersit dalam benak Anda, berandai-andai, adakah tempat tinggal di dunia ini yang bisa kita dirikan di mana saja, mendapat air gratis, mendapat listrik gratis, dan ramah lingkungan?

Ecocapsule: Rumah Unik dan Futuristik yang Ramah Lingkungan

Jika Anda pernah mendengar Ecocapsule, mungkin ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang pusing soal hunian yang nyaman, modern, dan ramah lingkungan. Dirancang oleh sekelompok arsitek muda dari Slovakia, Ecocapsule bisa menjadi pilihan sarana hunian di masa depan. Kemampuannya membangkitkan listrik sendiri dari sumber energi terbarukan, mendapatkan air bersih dari hujan, dan tentunya mudah dibangun di mana saja, adalah keunggulan utama Ecocapsule.

Konsep Modern, Berteknologi Canggih, dan Ramah Lingkungan

Ecocapsule adalah rumah portabel. Artinya, rumah ini bukan bangunan permanen yang hanya bisa dibangun di satu tempat dan tidak bisa dipindah lagi. Ecocapsule justru dirancang untuk bisa dipindahkan dengan mudah, agar penggunanya dapat mendirikan tempat tinggal di mana saja, bahkan di tempat-tempat yang tidak memiliki sumber energi listrik sekalipun.

Meskipun dirancang untuk bisa ditinggali bahkan di tempat yang tak terjangkau jaringan listirk, Ecocapsule bukan berarti tidak membutuhkan energi listrik sama sekali. Di zaman sekarang, sulit rasanya membayangkan hidup tanpa listrik—meskipun tak dipungkiri bahwa masih banyak saudara-saudara kita di Indonesia ini sendiri yang masih mampu bertahan hidup meskipun kesulitan mendapatkan listrik.

Ecocapsule adalah rumah yang mampu mendapatkan energi listriknya sendiri. Kemampuan inilah yang membuatnya dijuluki “sustainable home”, rumah yang ramah lingkungan, yang dapat menghasilkan listrik sendiri secara berkelanjutan. Ecocapsule mendapatkan listrik dengan mengonversi berbagai sumber energi terbarukan yang bisa didapatkan sendiri secara gratis dari alam: energi matahari dan energi angin.

Skema penyimpanan energi dan air Ecocapsule

Di permukaan atap rumah Ecocapsule, ditempeli deretan sel surya berukuran 2,62 m2. Deretan solar cell ini berfungsi ssebagai pembangkit listrik berkekuatan 600W. Selain itu, tersedia pula perangkat baling-baling yang tiangnya dapat ditarik dan dipanjangkan. Baling-baling pembangkit listrik tenaga angin ini dapat menghasilkan listrik 750 watt. Kedua sumber energi listrik tersebut disambungkan dengan baterai berkapasitas 9744Wh sehingga penghuni Ecocapsule selalu memiliki cadangan energi meskipun sedang tidak ada angin atau cahaya matahari.

Selain listrik, kebutuhan dasar lainnya yang dapat dipenuhi secara swadaya oleh Ecocapsule adalah ketersediaan air bersih. Untuk mendapatkan air bersih, Ecocapsule bisa menadah air hujan dan embun, menyaringnya, kemudian menyimpannya untuk keperluan lain.

Tim Nice Architect

Ecocapsule adalah rumah ramah lingkungan yang dirancang oleh tim Nice Architects. Mereka adalah sekelompok arsitek muda yang berasal dari Bratislava, ibukota negara Slovakia. Tim ini beranggotakan Tomas Zacek, Igor Zacek, Sona Pohlova, Matej Pospisil, Alexandra Bundalova, Katarina Cienikova, dan Matej Michlik. Selain merancang Ecocapsule, sebagai tim arsitek mereka juga berpengalaman dalam berbagai proyek pembangunan kantor BIG, Dominique Perrault, VenhoevenCS dan sebagainya.

Untuk mengontak tim ini tentang Ecocapsule, Anda dapat memanfaatkan alamat kontak berikut.

Parickova 18
82108 Bratislava
Slovak Republic
E-mail: info@ecocapsule.sk

 “Dwelling With The Spirit of Freedom”

Sebagai rumah portabel, Ecocapsule sangat cocok digunakan sebagai sarana tempat tinggal oleh orang-orang yang beraktivitas di tempat-tempat terpencil. Ecocapsule dapat dimanfaatkan untuk kegiatan penelitian di tempat terpencil, sarana akomodasi bagi pekerja proyek dan kegiatan survey, tempat tinggal darurat ketika terjadi bencana alam, juga untuk penginapan turis atau untuk rumah tinggal orang-orang yang berjiwa adventurous dan lebih senang dekat dengan alam.

Ecocapsule: Rumah Unik dan Futuristik yang Ramah Lingkungan

Di dalam unit Ecocapsule, terdapat berbagai fasilitas penunjang yang lazim ditemukan pada rumah tinggal. Tersedia kamar mandi shower yang lengkap dengan jamban/toilet. Tersedia pula tempat tidur lipat ukuran single-bed (satu orang), sebuah lemari serbaguna, dapur mini, meja serbaguna (untuk makan atau kerja). Ecocapsule juga memiliki satu ruangan penyimpan barang yang bervolume lebih besar tetapi hanya bisa dibuka dari luar. Terdapat satu pintu untuk akses keluar masuk dan dua jendela besar yang bisa dibuka.

Ecocapsule: Rumah Unik dan Futuristik yang Ramah Lingkungan

Semua fasilitas tersebut terdapat di dalam bangunan berukuran 4,5 meter x 2,4 meter dengan tinggi 2,5 meter. Ruangan tempat tinggal yang tersedia adalah sekitar 8 meter per segi. Dengan dimensi tersebut, Ecocapsul dapat diangkut dengan menggunakan kontainer yang digantung dengan helikopter, truk besar, atau dengan trailer mobil.

Jika Anda tertarik memiliki rumah portabel dengan ukuran ringkas, efisien energi, dan ramah lingkungan ini, Anda dapat mengontak produsennya langsung. Dari segi harga, mungkin rumah ini masih tergolong cukup mahal. Tim Nice Architects berniat membuka pemesanan akhir tahun ini dan berencana mewujudkan pesanan tersebut di tahun berikutnya.

Tags Teknologi

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel