Ipad Pro Contek Microsoft Surface?

14 Sep 2015 16:55 1985 Hits 0 Comments
Ipad Pro, menggunakan aksesoris smartkeyboard ala Surface dan Stylus Pen ala Note Tab.

Ipad Pro Contek Microsoft Surface?

Apple baru saja memperkenalkan tablet terbaru andalannya, Ipad Pro, yang memiliki ukuran layar jumbo sebesar 12,9 inci. Berbeda dengan produk tablet Ipad sebelumnya yang berukuran dibawah 10 inci. Selain ukuran layar, Ipad Pro juga dilengkapi dengan perangkat tambahan berupa Smartkeyboard dan stylus pen.

Sejak pertama kali diperkenalkan lima tahun silam, Ipad merupakan salah satu produk gadget besutan Apple yang menjadi pundi-pundi uang bagi perusahaan asal Cupertino Amerika tersebut. Tentunya disamping Iphone, yang juga merupakan produk andalan Apple sejak pertama kali meluncur ke pasar.

Dalam presentasi yang dilakukan oleh mendiang Steve Jobs, Ipad sejatinya adalah produk gadget yang akan mengisi ruang kosong antar produk berkategori laptop dan Smartphone. Waktu itu, mendiang Steve Jobs mengatakan, bahwa ada ruang kosong antara produk Laptop dan Smartphone, dari ide itulah akhirnya Ipad diperkenalkan.

Sebelum Ipad diperkenalkan ke publik, sudah ada produk Netbook, yang merupakan spesies Laptop dengan layar lebih kecil dan tentunya lebih mobile, namun Apple memiliki pemikiran produk kategori Netbook belum revolusioner, dikarenakan kemampuan hardware yang kurang mumpuni, dan waktu itu, harga Netbook memang terbilang lebih murang daripada harga Laptop pada umumnya.

Akhirnya Ipad menuai sukses luar biasa sejak pertama kali debut. Ipad adalah perangkat yang dapat dioperasikan tanpa bantuan alat tambahan, semua interaksi antara pengguna dengan Ipad menggunakan layar sentuh. Namun dalam Ipad generasi terbaru, Ipad Pro, Apple tampaknya keluar dari pakem, Ipad akan dilengkapi dengan Smartkeyboard dan Pena digital sebagai tambahan aksesorisnya.

Perangkat tablet yang dilengkapi dengan keyboard fisik, sebelumnya sudah diperkenalkan ke publik, yaitu Microsoft Surface. Surface sudah diperkenalkan ke publik sebanyak tiga seri, namun Microsoft tampaknya kurang menuai sukses dari produk tabletnya tersebut. Untuk urusan pekerjaan, tampaknya orang masih lebih nyaman menggunakan Laptop dibandingkan dengan Surface.

Ipad Pro Contek Microsoft Surface?

Kemudian, yang menjadi pertanyaan adalah, kenapa justru saat ini Ipad akan dilengkapi dengan Smartkeyboard sebagai aksesoris tambahannya. Tentunya Apple memiliki alasan tersendiri dengan produk hasil besutannya tersebut.

Ya, dalam kuartal pertama 2015, raihan penjualan Ipad pertama kali kalah dengan Macbook, laptop besutan Apple. Jika dibandingkan dengan saat pertama kali di rilis, angka penjualan perangkat tablet memang cenderung turun, hal ini tidak hanya terjadi pada Ipad, namun juga perangkat tablet besutan vendor lain.

Tampaknya ada alasan kuat dari Apple untuk meluncurkan Ipad Pro, yang merupakan tablet jumbo Apple dan dilengkapi dengan Smartkeyboard ala Microsoft Surface dan stylus pen ala Samsung lini Galaxy Tab Note.

Apakah Apple meniru langkah Microsoft Surface atau Samsung dengan Galaxy Tab Note dalam jajaran tabletnya. Dugaan ini tentunya bukan tanpa alasan, mengingat sebelumnya Microsoft sudah memiliki lini produk Surface yang juga dilengkapi dengan Keyboard fisik. Bahkan seorang komikus, Joel Watson sebelumnya sudah pernah meramalkan akan hadirnya Smartkeyboard untuk perangkat Ipad.

Ipad Pro Contek Microsoft Surface?

Tentunya Apple punya alasan tersendiri dengan produk andalannya kali ini, berbagai fitur lengkap Smartkeyboard dan Pensil pintar dari Apple tentunya memiliki keunggulan.

Perangkat tablet, sepertinya menyediakan ruang yang kurang luas untuk melakukan inovasi jika dibandingkan dengan perangkat smartphone, hal inilah mungkin yang menjadi alasan Apple memproduksi Ipad Pro yang dilengkapi keyboard tambahan dan stylus pen. Dengan kelengkapan keyboard, untuk urusan produktivitas jelas akan lebih bisa dikerjakan, maka tidak heran jika saat presentasi Ipad Pro, Apple juga mengundang orang dari divisi Microsoft Office untuk turut berpartisipasi dalam pengenalan Ipad Pro.

Ipad Pro Contek Microsoft Surface?

Selain untuk produktifitas, Ipad Pro juga mampu mengerjakan tugas lebih berat, seperti pengoperasian aplikasi AutoCad, aplikasi yang bisa digunakan untuk desain bangunan, dan untuk pengoperasian aplikasi ini juga membutuhkan sumberdaya perangkat yang besar.

Itulah mungkin yang menjadi visi Apple untuk produk terbarunya kali ini, yaitu memperluas fungsi tablet menjadi lebih tinggi, bukan hanya untuk aktivitas multimedia atau bermain game, namun juga untuk alat produktifitas hingga untuk keperluan desain grafis.

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel