Cerdas Memakai Kartu Kredit dan Konsekuen dengan Resiko yang Diberikan

10 Sep 2015 13:43 3496 Hits 0 Comments
Keberadaan bank atau lembaga keuangan nampaknya menjadi berkah bagi masyarakat mengingat ada banyak sekali tawaran produk-produk yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah finansial mereka, baik itu dalam bentuk pinjaman maupun dalam bentuk simpanan, jika menengok ke sini maka ada semakin banyak produk-produk yang ditawarkan oleh pihak bank demi kepentingan masyarakat umum, diantara produk tersebut adalah kartu kredit, tentunya banyak yang sudah tak asing dengan hal yang satu ini. Apalagi semakin lama ada semakin banyak pusat atau tempat berbelanja yang menerapkan cara pembayaran dengan tinggal gesek saja, alasannya karena jauh lebih aman dan juga nyaman dibandingkan dengan memberikan uang secara langsung.

Keberadaan bank atau lembaga keuangan nampaknya menjadi berkah bagi masyarakat mengingat ada banyak sekali tawaran produk-produk yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah finansial mereka, baik itu dalam bentuk pinjaman maupun dalam bentuk simpanan, jika menengok ke sini maka ada semakin banyak produk-produk yang ditawarkan oleh pihak bank demi kepentingan masyarakat umum, diantara produk tersebut adalah kartu kredit entah itu kartu kredit bca, mandiri, dll, tentunya banyak yang sudah tak asing dengan hal yang satu ini. Apalagi semakin lama ada semakin banyak pusat atau tempat berbelanja yang menerapkan cara pembayaran dengan tinggal gesek saja, alasannya karena jauh lebih aman dan juga nyaman dibandingkan dengan memberikan uang secara langsung.

Baca Juga : Cara Apply Kartu Kredit BCA Online di Tahun 2016

Bagi sebagian besar orang menggunakan kartu kredit sama artinya dengan menumpuk utang, karena pembayaran tak dilakukan secara langsung maka akan ada banyak sekali tagihan yang dibebankan pada penggunanya tiap bulan, namun hal ini sebenarnya hanya berlaku bagi mereka yang terlalu boros saja, karena jika pemakaian anda biasa-biasa saja maka tagihan juga dalam kategori biasa, hanya saja memang ada beberapa konsekuensi yang diberikan jika anda ingin membuat sebuah credit card, yaitu:

  • Nilai suku bunga, perlu diketahui bahwa setiap lembaga keuangan apapun itu pasti memiliki orientasi dalam hal keuntungan, dan salah satu perolehan keuntungan tersebut memang berasal dari suku bunga, setiap transaksi yang anda lakukan berpotensi untuk menghadirkan suku bunga, hanya saja dalam jumlah yang berbeda-beda, ada yang kecil namun ada juga yang paling besar.
  • Penghasilan tetap dan memadai, credit card memungkinkan anda untuk melakukan berbagai macam pembayaran dalam jumlah apapun tanpa uang, namun masih dengan limit yang ada di dalamnya. Meskipun begitu juga bahwa itu semua tak gratis, melainkan ada tagihan yang harus dibayarkan tiap bulannya, tentunya pihak bank juga akan memilih mereka dengan penghasilan yang memadai untuk menggunakannya bukan, konsekuensi yang satu ini wajib untuk diperhatikan setiap orang yang tertarik memilikinya.
  • Denda, denda memang tak selalu dirasakan setiap orang, namun besar kemungkinan bahwa anda akan merasakannya, mengingat pembayaran tagihan secara terlambat ada juga penarikan secara tunai menggunakan kartu tersebut semuanya berpotensi menghasilkan denda dengan jumlah yang tak sedikit.

Jika sekiranya anda mampu untuk menanggung beberapa konsekuensi dalam pemakaian credit card tersebut maka tak ada salahnya juga dengan membuat, mengingat di samping konsekuensi ada banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan dengan menggunakan credit card. Misalnya saja beberapa promo kartu kredit yang ditawarkan kepada para penggunanya.

Mereka yang dibekali dengan credit card seharusnya memang adalah yang pandai mengelola keuangan dan juga memiliki penghasilan yang cukup karena dengan begitu beberapa keuntungan ini bisa dengan mudah di dapatkan, yaitu:

  • Keamanan, pemakaian kartu tersebut jauh lebih aman dibandingkan dengan menggunakan uang secara tunai yang lebih tinggi resiko tindak kejahatannya.
  • Efisiensi, membawa uang dalam jumlah besar tentu akan memakan banyak uang, namun credit card mampu memuat dalam jumlah berapapun dan jauh lebih efisien.
  • Dapatkan cash back, hampir semua perusahaan penerbitnya memiliki link dan bekerjasama dengan beberapa perusahaan tertentu dan bentuknya adalah dengan memberikan hal yang satu ini pada konsumen.
  • Program tukar poin, setiap transaksi yang anda lakukan akan menghasilkan poin yang jika jumlahnya sudah terkumpul banyak maka bisa ditukarkan dengan berbagai macam hadiah menarik.
Tags

About The Author

Nina Anggreini 27
Novice

Nina Anggreini

Mahasiswi tingkat akhir yang sedang serius meriset untuk materi skripsi ilmu sosiologi

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel