Tips Membagi Tampilan Jendela Dokumen pada Microsoft Word

27 Aug 2015 09:00 13124 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda membutuhkan lebih dari satu jendela untuk menampilkan satu dokumen, berikut ini triknya!

Pernahkah suatu ketika Anda mengerjakan sebuah naskah dokumen teks yang sangat panjang di Microsoft Word, lantas Anda perlu membuka kembali suatu halaman lain dari naskah dokumen Anda? Halaman lain itu terletak di halaman yang jauh dari halaman yang saat ini sedang Anda kerjakan.

Sepintas hal yang akan Anda lakukan tentunya tinggal menggeser scroll bar dan kembali ke halaman yang dibutuhkan. Praktis memang.

Akan tetapi bagaimana kalau hal ini harus dilakukan berkali-kali? Cara yang lebih efisien untuk menangani keperluan tersebut adalah membagi tampilan dokumen menjadi dua bagian. Bagaimana caranya? Menggunakan fitur Split View adalah salah satu solusinya.

Fitur split view pada Microsoft Word dapat Anda gunakan untuk keperluan semacam ini. Namun bisakah tampilan satu dokumen dibagi menjadi lebih dari dua? Apakah split view bisa membagi tampilan dokumen menjadi lebih dari dua area kerja? Ada fitur lain yang digunakan untuk itu. Berikut ini adalah tips untuk membagi tampilan jendela dokumen pada Microsoft Word.

 

Menggunakan Split View

Fitur Split View adalah fitur yang sudah sejak lama tersedia pada Microsoft Word. Bahkan Microsoft Word versi lawas seperti Word 97 sudah memiliki fitur Split View ini.

Untuk menggunakan fitur Split view pada Microsoft Word 2010 dan 2013, klik tab View, kemudian di group Window, klik tombol Split.

Setelah mengeklik tombol Split, Word akan memecah area kerja dokumen Anda menjadi dua bagian secara horizontal. Setiap bagian area kerja ini, dapat Anda ubah pengaturan pandangannya (seperti zoom dan view mode) sendiri-sendiri.

Dengan penampilan dua panel seperti ini, Anda dapat dengan mudah berpindah halaman di satu panel sementara di panel yang lain tetap pada halaman yang saat ini sedang Anda kerjakan. Selain itu, Anda juga bisa dengan mudah memindahkan teks dari satu halaman ke halaman lain secara cepat. Caranya, seleksi suatu bagian teks di satu panel, lalu drag-and-drop bagian teks yang diseleksi itu ke panel yang lain.

Split-4

Jika Anda sudah tidak membutuhkan Split view, hilangkan Split view dengan mengeklik tombol Remove Split yang berada pada tab View dan group Window.

Cara lainnya, dobel klik garis pembatas/pembagi antara dua panel layar dokumen Anda.

Fitur Split View punya satu kekurangan. Split view hanya bisa memecah area kerja dokumen menjadi dua bagian, tidak bisa lebih, dan hanya secara horizontal. Pembagian horizontal bisa jadi merepotkan jika Anda bekerja dengan komputer berlayar tipe widescreen (layar lebar), apalagi kalau berlayar widescreen dan berukuran kecil. Ini karena tinggi layar widescreen jelas jauh lebih pendek daripada ukuran lebar layar tersebut sehingga luas area kerja menjadi semakin sempit per pembagiannya.

Solusi untuk masalah layar widescreen yang berukuran kecil seperti ini mungkin lebih cocok jika layar kerja dokumen dibagi secara vertikal, sehingga ada dua tampilan dokumen yang sama di sebelah kiri dan sebelah kanan. Akan tetapi sayangnya, fitur Split View tidak bisa secara vertikal.

Lantas, adakah cara untuk membagi dua tampilan dokumen Word secara vertikal? Ikut tips dan langkah-langkah yang berikut ini.

 

Membuka Satu Dokumen pada Lebih dari Satu Jendela Dokumen

Tahukah Anda kalau satu dokumen Word sebenarnya bisa dibuka pada lebih dari satu jendela? Ada fitur yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut. Fitur ini bernama New Window. Tombol untuk fitur ini bisa Anda temukan pada tab dan group yang sama dengan fitur Split view.

Sekarang, mari kita coba untuk membuka dokumen dalam lebih dari satu jendela dengan fitur tersebut. Caranya, klik tab View, lalu di group Window, temukan tombol New Window.

Klik tombol tersebut. Microsoft Word akan membuka satu jendela baru untuk menampilkan dokumen yang sama seperti yang Anda buka sebelumnya. Jika jendela yang sebelumnya di-Maximize, coba lihat ke Task Bar Anda, atau Restore jendela yang baru muncul.

Fitur New Window memungkinkan Anda membuka lebih dari satu jendela dokumen yang sama. Dua, tiga, empat jendela, terserah seperlunya Anda. Yang jelas, setiap jendela tambahan dari dokumen yang sama, akan ditandai dengan nomor di belakang nama file seperti pada gambar.

Kemudian, jika Anda ingin menyusun jendela-jendela dokumen tambahan ini agar bisa berdampingan secara vertikal, klik kanan pada Task Bar untuk mengeluarkan context menu, lalu pilih Show windows side by side.

Kurang lebih tampilannya akan menjadi seperti di bawah ini.

Oh ya, jika ada aplikasi lain yang ternyata ikut ditata berdampingan, ingat untuk me-minimize semua aplikasi selain jendela-jendela dokumen Microsoft Word tadi. Selamat mencoba, semoga tipsnya bermanfaat!

About The Author

Shafwan Nugraha 74
Expert

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel