Tips Menggabung dan Memisahkan Isi File PDF dengan PDFTk Builder

19 Sep 2016 08:00 4274 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Memodifikasi buku digital berformat PDF praktis dengan program freeware PDFtk Builder.

 

Dewasa ini, sangat banyak aplikasi e-book publishing yang bertebaran di Internet dan siap untuk diunduh kapan saja. Aplikasi-aplikasi e-book publishing ini biasanya hanya mampu membuat output file dalam bentuk PDF. Untuk mengedit file dokumen tersebut setelah di-publish dalam bentuk PDF, diperlukan aplikasi lain yang berjenis e-book editor atau juga pdf editor. PDFtk adalah salah satunya. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengedit, menggabung, dan memisahkan file PDF yang telah di-publish secara digital.

Tentang PDFtk Builder

Belakangan ini, semakin marak tren membaca digital, yaitu membaca karya-karya tulis dalam bentuk digital alias e-book dan menggunakan perangkat digital (seperti perangkat Kindle, PDF reader, dan sebagainya). Tren ini juga diiringi dan dimotori oleh semakin banyaknya publikasi karya tulis dalam bentuk digital alias e-book. Bukan hanya buku dan majalah, berbagai media tulis lain seperti surat edaran, koran, novel, poster, sampai skripsi, tesis dan disertasi kini marak dipublikasikan dengan format PDF.

Tren membaca digital ini juga rupanya mendorong dan didukung oleh semakin banyaknya developer software yang membuat aplikasi digital publishing (penerbitan digital) seperti pembuat e-book (PDF creator dan semacamnya) dan pengedit e-book (PDF editor dan semacamnya). Khusus kategori editor e-book, kebanyakan aplikasi tersebut dibanderol dengan harga yang tidak begitu murah. Ada pun yang gratis biasanya bersifat online. Artinya, Anda harus mengunggah file PDF yang ingin Anda edit ke server suatu situs kemudian hasilnya nanti Anda unduh kembali dari situs yang bersangkutan.

Aplikasi online ini cenderung merepotkan, apalagi kalau Anda harus bekerja tanpa koneksi internet. Jika Anda membutuhkan sebuah pdf editor gratisan yang mampu digunakan secara offline karena bersifat standalone, maka PDFtk Builder mungkin jawabannya.

PDFtk Builder adalah sebuah program standalone yang digunakan untuk menggabung dan memisahkan file-file PDF. Program ini berlisensi freeware dan dapat dijalankan di berbagai sistem operasi. berukuran sangat kecil. File instalasinya berukuran tidak lebih dari 4 MB.

 

 

Salah satu keunggulan PDFtk dibanding program sejenis adalah kemampuannya untuk digunakan secara portabel, alias tanpa instalasi. Selain versi portabel, Anda juga bisa menggunakan versi terinstalnya. Keduanya dapat Anda peroleh dengan mudah dari berbagai sumber di Internet.

Mendapatkan PDFtk Builder

Untuk mendapatkan PDFtk Builder versi portabel maupun instalan Anda harus mengunduh instalernya terlebih dulu. Berikut ini kami paparkan cara mengunduh PDFtk.

 

  • Di laman tersebut, cari dan klik tombol “Download” (seperti pada gambar di atas) untuk mengunduh installer PDFtk Builder.
  • Tunggu proses pengunduhan selesai. Setelah tuntas, buka program installer pdftkb_setup.exe.

  • Instalasi PDFtk sangat mudah. Anda cukup menekan tombol Next untuk melanjutkan langkah-langkah instalasi sambil tetap memerhatikan pesan yang muncul di jendela installer tiap langkah yang dilalui.
  • Jika Anda memasang PDFtk Builder yang diinstal ke sistem Windows, Anda akan menemukan shortcut program tersebut pada Start Menu.

  • Jika Anda menggunakan PDFtk Builder versi Portabel, Anda harus membuka folder tempat Anda mengekstrak file-file program PDFtk Builder, kemudian menjalankan programnya dengan mendobel klik file program PDFtk Builder di folder tersebut.

Mengedit File PDF dengan PDFtk Builder

Setelah menjalankan program PDFtk, Anda dapat mengedit file PDF yang Anda butuhkan. Untuk menggabungkan dua atau lebih file PDF dengan PDFtk, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, masukkan buka dan masukkan file-file PDF yang akan digabungkan ke dalam daftar file PDF pada jendela PDFtk. Klik tombol Add PDF untuk membuka jendela pemilihan file.

  • Selanjutnya, masukkan seleksi nomor halaman yang Anda inginkan untuk diambil dan digabungkan ke file PDF yang baru. Misalnya Anda hanya membutuhkan halaman 6 sampai 12, maka masukkan tuliskan “6-12” di dalam kotak page.
  • Jika Anda membutuhkan beberapa bagian halaman sekaligus, Anda dapat memisah seleksi nomor halaman dengan tanda koma. Dalam gambar contoh, diperlihatkan bahwa bagian PDF yang akan diambil adalah satu lembar halaman 2 dan enam lembar halaman 6 sampai halaman 12. Kedua seleksi nomor halaman tersebut sekali lagi dipisah dengan tanda koma (,).

  • Jika Anda ingin menambahkan file PDF lain untuk digabung ke file PDF yang ingin dibuat, klik lagi tombol Add PDF kemudian lakukan langkah pertama tadi. Jangan lupa untuk mengeset lagi nomor halaman yang ingin diambil.
  • Anda juga bisa mengatur urutan penggabungan file-file PDF dengan menyesuaikan urutannya pada daftar file. Untuk mendahulukan file, naikkan file tersebut dalam daftar dengan menekan tombol Move Up. Untuk mengakhirkan file, turunkan file dalam daftar dengan menekan tombol Move Down.

  • Untuk membuang file dari daftar file, gunakan tombol Remove.
  • Jika semua pengaturan sudah oke, klik tombol Create PDF untuk mulai menggabungkan file.

Untuk memisahkan sebuah file PDF menjadi beberapa bagian, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik tab Split pada jendea program PDFtk Builder.

  • Klik tombol PDF Source untuk memilih file PDF yang ingin dipecah.\

  • Selanjutnya, klik tombol Save.

Demikianlah langkah-langkah menggabungkan dan memecah file PDF dengan PDFtk Builder. Semoga program ini dapat membantu Anda menyusun publikasi digital dalam bentuk PDF. Selamat mencoba! 

About The Author

Shafwan Nugraha 75
Professional

Shafwan Nugraha

Kontributor Plimbi. Level 70 Conjurer Mage lulusan College of Winterhold.

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel