Komputer MIni Hemat Daya Berprosesor AMD

17 Aug 2015 11:24 2362 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Komputer mini dengan prosesor AMD ini besutan CompuLab

Komputer mini yang beredar di pasaran umumnya memiliki prosesor Intel sebagai  dapur pacunya. Sangat jarang komputer mini yang menggunakan prosesor AMD sebagai daya gedornya. 

Jikapun ada, jumlahnya memang sangat sedikit. 

Karena itulah, sebuah perusahaan bernama Compulab, menghadirkan komputer mini Fitlet-H sebagai sebuah PC Mini dengan dukungan prosesor AMD.  

Perusahaan tersebut menghadirkan banyak komputer mini yang dihadirkan awal tahun 2015, yakni Fit-PC dan seri MintBox, sebagai PC Mini dengan prosesor AMD. 

 

Seri Komputer Mini AMD Buatan CompuLab 

Beberapa komputer kecil yang dihadirkan oleh CompuLab diantaranya adalah sebagai berikut. 

1. Fitlet-B, komputer mini dengan prosesor AMD E1- Micro6200T yang didalamnya sudah tersemat grafis terintegrasi  Radeon R2. Komputer mini ini dibanderol dengan harga $129 tanpa storage dan RAM.  

2. Fitlet-I, komputer mini ini dibekali dengan chip AMD A4 Micro-6400T dengan pengolah grafis terintegrasi Radeon R3. 

3. Fitlet-X, komputer ini memiliki spesifikasi yang sama dengann Fitlet-i. Hanya saja komputer yang ini ditujukan untuk aplikasi industri karena sudah dibekali dengan jaringan hardware yang mumpuni. 

Komputer MIni Hemat Daya Berprosesor AMD
Ketiga model tersebut sudah mendukung port HDMI 1.4a dengan dukungan RAM sampai 8GB. Komputer mini tesebut juga sudah mendukung penyimpanan mSATA 3.0 6 Gpbs dengan kapasitas hingga 1TB.  

Tersedia juga kemungkinan penambahan port eSATA dan microSDXC. 

Komputer mini tersebut juga telah mendukung konektivitaas yang cukup lengkap, yakni 

  • Gigabit Ethernet
  • 802.11ac WiFi
  • Bluetooth 4.0
  •  2 USB 3.0 ports
  •  4 USB 2.0 ports
  • S/PDIF 7.1 channel audio, 
  • SMBUS konektor

 

Semua perangkat tersebut mendukung sistem operasi Windows 7, Windows 8, or Windows 8.1 64-bit. Tentu saja pengguna bisa melakukan upgrade ke Windows 10.Tersedia pula seri dengan dukungan OS Linux Mint, yang dinamakan MintBox. 

 

Fitlet-H, Komputer Mini AMD Bekemampuan Tinggi 

Setelah menghadirkan tiga komputer mini tersebut, CompuLab juga menghadirkan seri barunya, yakni Fitlet-H. 

Komputer mini Fitlet-H ini serupa dengan seri lainnya, yakni komputer berukuran kecil dengan kipas pendingin pasif. 

Fitlet-H merupakan komputer dengan performa paling tinggi diantara seri Fitlet lainnya. Komputer ini dibekali dengan chipset AMD Mullin, AMD A10 Micro-6700T/. 

Dengan prosesor tersebut, tentunya komputer mini ini bisa menghasilkan performa yang sangat bagus tetapi tetah ramah listrik. 

Komputer MIni Hemat Daya Berprosesor AMD
Lantas, spesifikasi seperti apa yang mampu diberikan oleh AMD A10 Micro-6700T yang tersemat pada Fitlet-H? 

Didalam AMD A10 Micro-6700T, tersemat prosesor quad core 64-bit dengan kecepatan 1.2 Ghz. Prosesor ini dibekali dengan pengolah grafis terintegrasi Radeon R6 yang tentunya lebih baik dibandingkan sebelumnya 

Dalam hal konektivitas, Fitlet-H juga sudah dibekali dengan konektivitas atau port yang hampir sama dengan seri lainnya . Diantaranya Gigabit Ethernet ports, 802.11ac WiFi, Bluetooth 4.0, dua buah HDMI ports, dan  7.1 channel audio with S/PDIF output.

Port lainnya yang tersemat di perangkat ini adalah dua port USB 3.0, enam port USB 3.0 dan juga microSD card slot. 

Yang menarik, Fitlet-H dibekali dengan slot RAM dengan dukungan hingga 16GB. Ini berarti, satu slot RAM mendukung sampai 8GB. 

Fitlet-H juga memungkinkan penggunanya untuk memilih jenis penyimpanan data. Pasalnya, Fitlet-H memiliki tempat untuk HDD 2,5 inci, atau SSD, atau mSATA SSD. 

Tersedia pula card slot untuk mSATA dan eSATAp jika pengguna menggunakan perangkat penyimpanan eksternal. 

Jika dibandingkan dengan seri Fitlet lainnya, Fitlet-H ini termasuk kompute rmini yang paling menjanjikan.  Apalagi Fitlet-H sudah tersemat teknologi prosesor AMD baru. Dukungan fitur konsumsi daya 4,5 watt menjadi kelebihan tersendiri dari Fitlet-H ini.

Dikutip dari Liliputing (15/08/2015), Fitlet-H tersedia dalam dua model. Dengan model paling murah dihargai $314 atau sekitar Rp 4,3 jutaan. 


Kesimpulan 

Ternyata, komputer mini besutan CompuLab ini cukup menarik dan tidak kalah dengan komputer mini dengan prosesor Intel. Ketersediaan varian dengan menggunakan OS Linux, yakni MintBox pun menjadi kelebihan tersendiri komputer kecil besutan CompuLab ini. 

Hanya saja, sayang komputer mini ini tampaknya tidak akan hadir di Indonesia. Namun, siapa tahu nantinya CompuLab memasukan produknya ke Indonesia. [HMN] 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel