5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute Stick

9 Aug 2015 16:29 9196 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Lima komputer mini pilihan terbaik 

Kehadiran Intel Compute Stick membawa peta pasar komputer desktop sedikit berubah. Segmen pasar ini yang tadinya dikuasai oleh komputer desktop besar kini perlahan berubah ke komputer yang lebih kecil. 

Kepraktisan, ukuran kecil, dengan kemampuan yang sudah cukup mumpuni untuk tugas kantor membuat komputer mini memang bisa jadi pilihan komputer utama. 

Tidak aneh, jika kemudian Intel Compute Stick dinantikan kehadirannya. Produk ini di Indonesia dengan banderol harga Intel Bay Trail 1,33GHz ini dibanderol dengan harga Rp 2 jutaan. 

Anda yang memang tertarik dengan perangkat komputer mini bisa membeli perangkat Intel Compute Stick ini. 

Namun, komputer mini tidak hanya Compute Stick. Masih banyak pilihan komputer mini lainnya yang bisa dijadikan andalan untuk berbagai tugas atau bahkan untuk memainkan game-game ringan. 

Beberapa komputer mini pilihan lainnya adalah sebagai berikut. 

 


1. Windows 8.1 Guleek i8

5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute StickPerangkat dengan nama lengkap Windows 8.1 Guleek i8 Quad-Core Smart mini PC Box  ini bisa jadi pilihan untuk Anda yang membutuhkan komputer dimanapun dan kapanpun. 

Yang perlu Anda lakukan tentunya hanyalah menghubungkan perangkat ini melalui HDMI type D ke perangkat display yang mendukung layar beresolusi 1080p. 

Perangkat ini memiliki ukuran 15.1 x 8.2 x 1.1cm Tentu ukurang kecil tersebut membuat Guleek i8 mudah dibawa kemana-mana. Apalagi, berat smartphone ini hanya 0,3kg. Benar-benar ringan. 

Perangkat ini ditenagai dengan Intel BayTrail Quad Core 1.8GHz dan RAM 2GB. Memori penyimpannnya 16GB dengan kapasitas baterai 3000mAh. 

Dengan segala kelebihan tersebut, perangkat komputer mini ini dibanderol seharga Rp 1,8 jutaan di salah satu toko online ternama di Indonesia. 

 


2. Vvikoo All In One PC Fusion VPC E350 D

5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute Stick

Perangkat ini sangat cocok digunakan sebagai komputer utama di rumah maupun di kantor. Anda bisa menggunakan komputer ini untuk berbagai tugas. 

Anda juga tidak akan diribetkan dengan ukuran yang besar mengingat komputer ini merupakan sebuah komputer mini pilihan terbaik dengan ukuran kecil, yakni hanya 30x10x40 cm saja. 

Kemampuan komputer ini sudah cukup mumpuni untuk pekerjaan komputasi sehari-hari. Di dalamnya sudah terdapat prosesor AMD E350 1.6 Ghz HD6310 dengan memori RAM 2 GB. Terdapat pula pengolah grafis terintegrasi  AMD HD6310,

Untuk penyimpanan, tersedia kapasitas 500GB. Tentu ini merupakan kapasitas yang cukup untuk menyimpan data, baik dokumen, musik, maupun video. 

Sayangnya, kompute rmini dengan dukungan port USB 3.0, USB 2.0, VGA, HDMI belum dilengkapi dengan sistem operasi. Anda yang membeli perangkat ini, tentu harus menginstal sistem operasi sendiri. 

Dengan kelebihan tersebut, komputermini ini dibanderol dengan harga Rp 2,3 juta. 

 


3. HC MeegoPad T01 Windows 8.1 Mini PC Dongle

5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute Stick

Perangkat ini bisa dibilagn sebagai saingan terdekat dari Intel Compute Stick. Pasalnya, komputer mini bekerja menyerupai dengan Intel Compute Stick, yakni mencolok ke perangkat TV unttuk mengubahnya menjadi PC. 

Anda tidak perlu repot untuk menginstal sistem operasi karena didalamnya sudah tersemat Windows 8.1.  Anda juga bisa lebih mudah membawa perangkat ini karena ukurannya yang sangat kecil. 

Secara performa juga tidak kalah dengan Intel Compute Stick. Perangkat ini sudah diotaki dengan Intel Quad Core Bay Trail-T dengan dukungan RAM 2GB. 

Sayangnya, harga perangkat dengan ruang penyimpanan 16GB ini  sedikit mahal dibandingkan dibandingkan Intel Compute Stick. Harga produk ini, yakni Rp 2,6 juta saja. 

 


4. Thinkway S MINI Stick PC 232

5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute Stick

Perangkat mini ini juga bisa jadi pilihan terbaik untuk digunakan bagi Anda yang membutuhkan komputer super mini. 

Ukurannya yang terbilang kecil, yakni hanya panjang 11 cm  dan bobot 46 gram membuatnya mudah dibawa kemana-mana di saku Anda. 

Secara kemampuan juga tidak kalah. Perangka tini, sudah dilengkapi dengan Intel atom BayTrail Z3735F dengan kecepatan 1,83GHz.  Dukungan RAM 2GB membuat komputer mini ini bisa digunakan untuk keperluan komputeasi sehari-hari. 

Perangkat dengan OS Windows 8.1 Bing dan penyimpanan 32GB dibanderol dengan harga Rp 2,8 juta saja. 

 


5. Asus VivoMini UN42-M057Y

5 Komputer Mini Pilihan Selain Intel Compute Stick

Perangkat ini adalah sebuah kotak mini berukuran 131 x 131 x 42mm yang bisa digunakan sebagai perangkat komputer pendukung aktivitas Anda.  

Perangkat ini cukup ringkas dan berdesain efisien sehingga membuat Anda bebas meletakan Asus VivoMini dimana saja. Bahkan ditempelkan pada bagian belakang monitor pun bisa. 

Dengan dukungan Intel Celeron 2957U yang merupakan prosesor berdaya listrik rendah, membuat Asus VivoMini cocok untuk Anda yang butuh perangkat komputer hemat energi. 

Tidak perlu takut performanya kurang, karena komputer ini dilengkapi RAM 2GB dan chipset grafis Intel HD Graphics yang cukup mupuni. 

Tersedia pula ort HDMI dan Display Port++ yang memungkinkan Anda untuk menhubungkan dengan monitor lebih dari satu. 

Dengan kelebihan tersebut, komputer dengan Windows 8.1 dibanderol dengan harga cukup mahal, yakni Rp 3,4 jutaan.

Tentu saja ini membuat perangkat ini sebenarnya tidak bersaing dengan Intel Compute Stick melainkan dengan Intel NUC yang memiliki konsep hampir sama. 

 

Nah, itulah 5 produk komputer super kecil pilihan yang bisa jadi referensi untuk Anda. Jika Anda menyukai produk Intel Compute Stick, maka tentunya Anda bisa memilih produk tersebut. 

Lain cerita, jika Anda kurang menyukai Inttel Compute Stick  dan membutuhkan produk alternatif, maka 5 PC Mini tersebut bisa jadi pilihan terbaik. [HMN] 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel