7 Gadget Kuno yang Unik dan Menarik Perhatian

7 Aug 2015 14:00 5453 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Tujuh gadget jaman dulu yang unik dan menarik 

Gadget identik dengan canggih, modern, dan melibatkan banyak fitur serta teknologi didalamnya.  Gadget juga menjadi semacam“penanda” bahwa barang-barang semacam ini hanya ada di zaman modern. 

Pernyataan tersebut ternyata kurang tepat. Gadget ternyata tidak selalu identik dengan dunia modern. Pada zaman dulu, gadget ternyata sudah ada. Bentuknya tentu berbeda dengan gadget zaman sekarang. 

Mekanisme gadget pada zaman purba juga tidak dilengkapi dengan sistem operasi  dan navigasi layar sentuh. 

Untuk itu, mari simak 5 gadget jaman dulu  berikut ini. 


1. Antikythera Mechanism

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Perecaya atau tidak, benda ini disebut sebagai komputer tertua didunia. Benda ini hidup lebih dari dua ribu tahun yang lalu. Kegunaannya saat itu adalah untuk memprediksi posisi bintang-bintang yang ada di langit. 

Bisa dibilang antikythera mechanism merupakan gadget jaman dulu yang digunakan untuk kepentingan astronomi.  Namun, kabarnya benda ini juga memiliki fungsi yang alin. 

Benda yang kabarnya berasal dari Yunani ini  mampu menghitung kapan gerhana matahari bisa terjadi. Orang-orang Yunani saat itu juga sudah mampu emngatur hari dan kalender dengan siklus yang berlangsung selama empat tahun menggunakan alat ini. 

 


2. The Coso Artifact

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

The Coso Artifact  merupakan sebuah benda  yang mirip busi (bahkan benda ini bisa disebut busi). Benda ini  ditemukan pada awal tahun enam puluhan oleh seorang bernama Wallace Lane. 

Hal yang menarik dari The Coso Artifact adalah bahwa benda ini sudah digunakan sejak 500 ribu tahun yang lalu. Padahal busi baru ditemukan pada abad ke-19.

Namun, ada juga yang meyakinini bahwa ini tidak berasal dari 500 ribu tahun yang lalu. Ada pandangan yang menyatakan bahwa benda ini mungkin hasil dari proses alam. Tapi, ada juga yang menyatakan bahwa bendar berasal dari alien. 

Apapun itu, The Coso Artifact membuktikan bahwa pada zaman dulu ternyata  ada alat yang cukup menarik. 

 


3. Baigong Pipes

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Di dekat Gunung Baigong, Tiongkok, ditemukan artefak berbentuk pipa.  Itulah kenapa artefak ini disebut sebagai “Baigong Pipes”

Hal unik dari “pipa-pipa” ini adalah susunannya yang seperti mengarah seperti mau membentuk piramid. 

Artefak ini sendiri ditemukan secara tidak sengaja. Para ilmuwan yang menemukannya sedang melakukan pencarian fosil dinosaurus. Tapi, kemudian mereka menemukan artefak ini. 

Tidak ada yang tahu guna dari artefak  ini. Yang menarik, banyak peneliti mengungkapkan bahwa dulunya tidak ada peradaban atau orang yang tinggal didekat artefak ini. 

 


4. Roman Dodecahedra

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Ada banyak artefak Romawi yang bisa disebut sebagai gadget kuno atau gadget jaman dulu. Tapi, ini yang terbaik. Pasalnya, artefak ini tidak hanya ditemukan di satu tempat tetapi di banyak tempat seperti jepang, Perancis, dan Swiss. 

Artefak dengan bentuk seperti wajah pentagonal ini memiliki lubang bundar. Tidak ada yang tahu pasti kegunaan lubang tersebut. Para ilmuwan juga belum mengetahui mekanisme dari benda ini. 

Ada yang menyebut benda ini sebagai artefak untuk kepentingan kegiatan keagamaan. Ada yang menyatakan bahwa Roman Dodecahedra dekoratif saja. 

 


5.  The Msterious Airplanes

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Artefak yang juga dikenal dengan nama Quimbaya ini merupakan artefak yang ditemukan di daerah Kolombia sekitar tahun ke-1000 M. 

Hal yang unik dari artefak ini adalah kemiripan bentuknya yang seperti pesawat modern. Karena itulah, artefak ini dipercaya sebagai gadget penting. 

Sayangnya tidak ada yang tahu mekanisme atau cara kerja dari artefak ini. Beberapa ilmuwan sendiri berpendapat bahwa arteefak ini adalah sebuah patung yang melambangkan burung, kadal, amfibi, dan serangga. 


6. Byzantine Tablet

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Jauh sebelum tablet yang dikenal sekarang sebagai sebuah pernagkat dengan layar lebar dan navigasi layar sentuh, orang-orang Bizantium pernah mengunakannya untuk keperluan lain. 

Tablet tersebut merupakan tablet dengan lima panel yang ditumpuk bersama-sama.  Frame yang digunakan tentu tidak dari plastik, metal, ataupun  logam melainkan dari bahan lilin.

 


7. Baghdad Battery

7 Gadget Kuno yang  Menarik Perhatian

Banyak yang menganggap bahwa Baghdad Battery merupakan gadget kuno yang cukup aneh yang pernah ditemukan. 

Aneh karena gadget ini memang sebuah baterai namun fungsi dan kegunaannya dipertanyakan ketika orang-orang di masa lalu membuatnya. Betapa tidak, benda yang ditemukan pada tahun 1936 di Irak ini memang memiiliki fungsi layaknya baterai pada umumnya. 

Nah, itulah tujuh gadget dari zaman dulu kala yang sudah ditemukan. Selain ketujuh gadget ini, tentu saja masih ada gadget jaman dulu yang diyakini cukup memiliki manfaat pada masanya. [HMN]

 

Sumber  ThisBlogRules & BeforeitNews

Sumber gambar  1, 2, 3, 4, 5, 6 7 

Tags Unik

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel