7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

6 Aug 2015 18:00 5718 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Jangan kalah dengan bule yang sudah coba berbagai masakan ini

Banyak dari kita yang mungkin merasa malu karena negara Indonesia terkenal sebagai negara yang di dalam pemerintahannya terdapat banyak koruptor.

Walaupun demikian, banyak hal-hal yang bisa dibanggakan oleh kita sebagai warga Indonesia. Salah satunya adalah makanan yang turun-temurun menjadi makanan favorit para penduduk. Makanan yang sudah biasa kita makan sehari-hari ternyata cukup populer di luar negeri.

Berikut 7 makanan asal Indonesia yang para orang asing pun suka menyantapnya.

Rendang

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Siapa yang tak kenal rendang? Masakan yang memang ditujukan untuk orang-orang yang suka rasa pedas dan tak suka rasa manis ini merupakan resep warisan turun-temurun di Minangkabau yang terletak di Sumatera Barat.

Memiliki bahan dasar daging sapi, makanan ini diolah dengan campuran rempah-rempah asli Indonesia. Sehingga terciptalah Rendang yang berwarna kecoklatan dan terlihat gurih.

Masakan ini populer di berbagai belahan dunia dan masih menjadi salah satu dari 50 masakan terenak di dunia.

Sate / Satay

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Sate adalah makanan yang dibuat dengan cara menusuk potongan daging kecil ke tusukan yang biasanya terbuat dari bambu kemudian diolesi sedikit bumbu dan dibakar hingga matang (berwarna kehitaman). Setelah matang biasanya sate ditaburi bumbu kacang dan kecap.

Di Indonesia banyak berbagai jenis sate. Mulai dari sate Madura, sate Padang, sate Ponorogo, sate Tegal, sate Ambal, Sate Makassar, dan lain-lain

Sejak abad ke-19, makanan ini sudah populer di kalangan masyarakat Indonesia hingga akhirnya sekarang cukup populer di negara-negara Asia Tenggara seperti Singapura, Brunei, Malaysia, Thailand dan Filipina.

Nasi Goreng

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Sebagai salah satu masakan tradisional Indonesia, nasi goreng di negara kita umumnya dibuat dengan mencampur nasi dengan telor, bakso dan lainnya kemudian digoreng. Berbeda dengan nasi goreng di luar negeri.

Satu lagi yang membedakan nasi goreng di Indonesia dengan nasi goreng di luar negeri adalah penggunaan kecap dan acar dalam proses pembuatannya.

Nasi goreng Indonesia banyak disukai penduduk dunia, contohnya penduduk Jepang.


Bakso

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Merupakan makanan favorit lainnya yang berasal dari indonesia. Tidak seperti rendang yang harus selalu ditemani nasi agar terasa nikmatnya, bakso bisa dimakan tanpa bumbu apa-apa. Alasannya, bakso sudah memiliki rasa khas yang disukai semua kalangan dari berbagai umur dan status sosial.

Bakso dibuat dari campuran daging sapi yang digiling dan tepung tapioka. Setelah dicampur, adonan dibentuk seperti bola-bola dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang seukuran kelereng hingga yang seukuran bola voli.

Untuk penyajiannya, bakso yang sudah dimasak dengan cara direbus bisa dimakan langsung atau ditambah dengan bumbu kuah yang terdiri dari campuran saos, kecap dan sambal. Itu di Indonesia, berbeda dengan bakso  di Uruguay yang dicampur anggur merah, atau bakso di Itali yang bumbunya terdiri campuran minyak olive, keju, garam dan oregano.

Gado-gado

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Makanan yang terbuat dari berbagai macam sayuran yang sudah direbus kemudian dipotong kecil-kecil dan ditaburi bumbu kacang. Sayuran yang digunakan pada gado-gado umumnya terdiri dari bayam, kangkung, kubis, tauge dan kacang panjang.

Makanan ini merupakan makanan khas betawi yang umumnya tinggal di Jakarta. Terlepas dari kesederhanaan dan tampilannya yang minimalis. Gado-gado ternyata pernah memenangkan kompetisi masak internasional yang diadakan di Italia pada tahun 2010 lalu.

Berkat kemenangan gado-gado di kontes ini, makanan ini menjadi terkenal di negara yang terkenal dengan pizza dan sphagettinya itu.


Pempek

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Setiap orang pasti tahu soal makanan yang satu ini. Makanan asal palembang yang terbuat dari campuran ikan yang sudah diolah dan tepung tapioka ini cukup populer di negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei dan Thailand.

Diantara bermacam-macam bentuk pempek, yang paling populer dikalangan pembeli adalah pempek kapal selam yang didalamnya terdapat telur ayam.

Untuk penyajiannya, setelah pempek digoreng hingga terlihat kekuningan dan mengembang, pempek kemudian ditaburi saus khasnya yang terbuat dari campuran gula merah, asam jawa, cuka dan air.

Tempe

7 Masakan Indonesia Yang Mendunia

Salah satu makanan tradisional yang kaya akan gizi dan merupakan makanan favorit kaum vegetarian di seluruh dunia.

Makanan yang terbentuk dari hasil fermentasi kacang kedelai ini sangat disukai kaum vegetarian karena teksturnya yang menyerupai daging dan rasanya yang enak.

Pada umumnya penyajian tempe adalah dengan menggorengnya. Namun, pada kenyataannya, tempe dapat disajikan dalam berbagai cara.

Beberapa negara tempat tempe menuai popularitasnya adalah Jerman, Jepang dan Amerika serikat. Dan baru-baru ini, tempe juga mulai populer di Inggris setelah diperkenalkan oleh seorang warganya yang telah cukup lama tinggal di Indonesia bernama Will Mitchell. [FM]

Tags kuliner

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel