Sedikit Catatan Tentang Virtual Reality

4 Aug 2015 08:24 3798 Hits 0 Comments
Teknologi Virtual Reality, teknologi interaksi kita dengan komputer masa depan.

Virtual Reality, istilah ini mungkin sering kita dengar di berita dari media cetak maupun dari media on line. Teknologi virtual reality diprediksi akan menjadi tren teknologi interaksi antara manusia dengan komputer di masa yang akan datang.

Dengan teknologi virtual reality, memungkinkan pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan ataupun object yang ada dalam komputer, pengguna komputer bisa seolah-olah berinteraksi secara langsung dengan kontennya. Wow, ini menarik, sebab permainan game akan terasa lebih nyata ketika kita memainkannya. Virtual reality juga memungkinkan dimanfaatkan dalam bidang pendidikan, militer, kesehatan, bagi para pengguna tentunya akan mendapatkan manfaat dari penerapan teknologi virtual reality.

Ketika teknologi virtual reality diterapkan kedalam permainan, kita menjadi seolah-olah hadir dalam permainan tersebut, hal ini tentunya menghasilkan sensasi berbeda dalam permainan video game yang selama ini kita mainkan. Begitu juga teknologi virtual reality ini diaplikasikan kedalam tempat simulasi militer, pendidikan, tentunya akan lebih hidup suasana pendidikan yang dijalankan.

Okey, kita akan membicarakan video virtual reality dulu, konten video yang memungkinkan kita bisa seolah-olah hadir didalamnya. Berbagai macam vendor elektronik telah memproduksi camera video yang mempunyai kemampuan untuk merekam video virtual reality, seperti Nokia yang baru-baru ini juga memproduksi kamera Ozo yang dapat digunakan untuk merekam video virtual reality. Ciri khas kamera yang bisa digunakan untuk membuat konten video virtual reality adalah adanya banyak kamera yang berkeliling dalam satu set kamera, hal ini memungkinkan semua sudut gambar yang kita abadikan dapat ditangkap dengan sudut 360 derajat.

Bagi kita yang ingin menikmati konten video virtual reality, kita harus menggunakan perangkat khusus seperti kaca mata 3D virtual reality.

Harga dari kacamata 3D virtual reality berbeda-beda mulai dari ratusan ribu hingga jutaan, tentunya dengan spesifikasi yang berbeda pula. Pabrikan yang sudah memproduksi kacamata virtual reality seperti Oculus Rift, Samsung Galaxy Gear atau yang lainnya. Google juga tidak mau kalah, google menghadirkan cara membuat kacamata virtual reality yang dibuat dari kardus, namanya adalah Google Cardboard. Google Cardboard dapat kita buat sendiri dengan material kardus yang kita lipat-lipat sesuai dengan pola template yang sudah ditentukan dari Google.

Contoh Game Virtual Reality bisa dilihat dibawah:

Contoh Video Virtual Reality bisa dilihat dibawah:

(Anda bisa menggeser video dengan meletakkan kursor ke video dibawah dan digeser 3600)

 

Tags

About The Author

wan 67
Expert

wan

Mencoba Hobi tulis menulis
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel