Empat Games Mengasah Kosa Kata

3 Jul 2015 11:15 5362 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Permainan mencari kata membantu mengasah kekayaan kosa kata dalam berbagai bahasa. 

Games Mengasah Kosa Kata-Bermain dengan aplikasi yang menguji kemampuan kosa kata, adalah alternatif kegiatan mengisi waktu yang bisa mengasah otak dan kemampuan berbahasa seseorang. Untuk itu, berikut ini kami akan mengulas beberapa permainan mencari kata atau word search game. Permainan-permainan ini adalah aplikasi game untuk ponsel bersistem operasi android yang dapat mengasah koleksi kosa kata Anda, bukan hanya dalam bahasa Inggris, tapi juga Indonesia, dan bahasa-bahasa asing lainnya.

 

1. Word Search (Melimots)

Permainan yang diulas pertama ini adalah permainan besutan Melimots. Permainan ini dapat diunduh gratis melalui Google Playstore. Ukurannya yang hanya sekitar 2 MB sangat irit dan tidak makan kapasitas media penyimpanan.

Permainan pencarian kata ini adalah permainan dengan konsep sederhana. Anda tinggal mencari kata-kata yang terdaftar dari dalam lautan huruf yang disusun dalam kolom dan baris. Kata yang dicari dapat berurutan.

Empat Games Mengasah Kosa Kata

Tampilan dan antarmuka permainan Word Search dari Melimots terbilang minimalis, namun tetap manis. Konsep permainannya simpel dan mudah dimengerti. Terdapat dua latar belakang: light (terang) atau dark (gelap). Setiap kata yang telah ditemukan akan ditandai dengan highlight warna-warni yang dapat diganti menjadi abu-abu jika pilihannya dinyalakan. Terdapat sistem penghitungan waktu untuk menentukan skor anda. Semakin cepat Anda menemukan semua kata yang didaftar, semakin tinggi pula skor yang Anda raih.

Pilihan bahasa yang tersedia dalam aplikasi permainan Word Search dari Melimots cukup banyak. Bahasa-bahasa itu antaralain American English, British English (ya, dua bahasa ini memang banyak memiliki penulisan kata yang berbeda), Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Nederlands, Polandia, Portugis, dan Portugis Brasil.

 

2. Hex Word Search

Hex Word search adalah permainan mencari kata yang unik. Meskipun pada dasarnya gameplay-nya sama-sama menderetkan huruf sampai membentuk kata yang diinginkan, tampilan permainannya yang unik menjadi unsur pembeda utama.

Jika pada umumnya permainan mencari kata memberi tampilan puzzle berupa baris dan kolom yang bersusun kotak, pada permainan Hex Word Search, huruf-huruf disusun berselang-seling karena tiap hurufnya dibingkai oleh bentuk segi enam—maka dari itu dinamakan hex (dari kata hexagonal ‘segi enam’).

Empat Games Mengasah Kosa Kata

Permainan Hex Word Search juga menyediakan kategorisasi kata-kata yang ingin dimainkan. Ada kategori television shows, science, animals, food & drink, dan sebagainya. Setiap kategori ini juga rupanya memiliki subkategori. Jumlah kata yang bisa dimainkan tentunya fantastis.

Permainan ini dikembangkan oleh TheWordSearch.com. File instalasinya yang hanya 1.2 MB dapat dipasang ke sistem android minimal 2.3.3. Tersedia bahasa

 

3. Cari Kata Cinta

Permainan cari kata yang satu ini agak unik dari yang lain. Bukan dari segi konsep dan gameplay tapi dari segi kosa kata yang harus ditemukan. Permainan yang dikembangkan oleh Nayaka ini dalam deskripsinya menyatakan “tidak cuman asah otak tetapi dapat sesuatu di dalamnya” dan “Setiap kali bermain mendapat kalimat-kalimat bijak tentang apa itu cinta”.

Empat Games Mengasah Kosa Kata

Permainan ini dapat diunduh dari Google Playstore dengan ukuran 6 MB. Karena permainan ini sangat ringan, ponsel dengan Android minimal 2.3 dan memori kurang dari 1 GB pun sudah dapat memainkannya dengan lancar.

Dari tampilan antarmukanya, permainan ini simpel dan penuh dengan tebaran love di mana-mana. Konsep gameplaynya sama dengan permainan cari kata pada umumnya. Terdapat sebuah kolam huruf dan daftar kata. Anda harus mencari kata-kata di dalam kolam huruf tersebut. Yang unik, kata-kata yang terdaftar dalam permainan ini umumnya berhubungan dengan cinta dan perasaaan kasih-sayang.

Setelah menemukan semua kata yang diminta, di akhir setiap level Anda akan disajikan sebuah kalimat tentang cinta. Ada yang bijak, ada pula yang gombal. Tapi pada dasarnya, ini aplikasi permainan cari kata yang unik dan patut untuk dicoba. Dan jangan khawatir, permainan ini tidak akan menanyakan atau mendiskriminasikan Anda jomblo atau bukan.

 

4. Word Search by Pink Pointer

Meskipun ukuran programnya tidak terlalu jauh berbeda dari aplikasi permainan lain yang kami ulas di sini, game cari kata yang dikembangkan oleh Pink Pointer ini bisa dibilang lebih massif daripada permainan lain yang diulas lebih dulu.

Empat Games Mengasah Kosa Kata

 

Cara bermainnya memang klasik. Mirip seperti permainan cari kata yang lain, terdapat kolam huruf dan daftar kata. Anda harus menemukan seluruh kata dalam daftar kata untuk menyelesaikan permainan. Puzzle kolam kata dalam permainan ini dikategorikan sesuai bahasa dan tingkat kesulitannya.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah banyaknya pilihan bahasa yang ditawarkan. Anda dapat bermain dengan daftar kata dalam bahasa Inggris, Indonesia, Jepang, Korea, Tiongkok, Taiwan, Prancis, Jerman, Denmark, Ceko, Yunani, Estii (Estonia), India, Italia, Rusia, Turki, dan masih banyak lagi. Total ada 37 bahasa yang bisa dipilih. Wow! Jika Anda bosan dengan daftar bahasa Indonesia, Anda bisa mencoba bermain dengan bahasa lain.

Empat Games Mengasah Kosa Kata

Meskipun memiliki fitur yang lengkap, instalasi permainan ini tidak terlalu besar. Dalam deskripsinya di Google Playstore, ukuran instalasi aplikasi ini berbeda untuk tiap perangkat atau ponsel pintar. Namun di platform Sony Experia E1 yang kami uji, permainan ini hanya berukuran 12 MB.


Demikianlah informasi tentang permainan word search untuk mengolah kosa kata. Semoga membantu. [SN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel