Profil Jack Ma, Pendiri Alibaba dan Kiat Suksesnya

26 Jun 2015 08:08 5736 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Kita bisa belajar untuk berusaha mencapai kesuksesan dari seorang Jack Ma, sang pendiri Alibaba Group.

Profil Jack Ma-Jack Ma atau Ma Yun merupakan seorang pengusaha yang berasal dari negeri Cina yang lahir pada tanggal 15 Oktober 1964. Jack Ma awalnya adalah seorang guru bahasa Inggris yang pernah mengajar di Hangzhou Electronics Technology College. Perjalanan karir Jack Ma tidak semulus apa yang sudah diraihnya sekarang. Ia pernah mengalami beberapa kali penolakan kerja saat ia melamar. Salah satu kisahnya adalah ketika ia melamar di sebuah restoran cepat saji KFC. Pada saat itu ada 24 orang pelamar termasuk dirinya dan ternyata yang lolos adalah sebanyak 23 orang. Hanya dirinya yang tidak diterima bekerja di restoran tersebut.

 

Awal Terbentuknya Alibaba Group

Jack Ma sendiri mulanya bukanlah seseorang yang menguasai teknologi internet. Tahun 1995 menjadi awal perkenalannya dengan internet. Pada saat itu ia ingin mencari dua kata, yaitu ‘China’ dan ‘Beer’. Akan tetapi, proses pencariannya pada saat itu di internet tidak sesuai dengan yang diharapkannya. Akhirnya, ia mendapatkan bantuan dari salah seroang temannya di Amerika untuk membuat sebuah website. Website sederhana tersebut berisi tawaran jasa translate dari bahasa China. Website sederhana yang dibuatnya tersebut bisa menjadi jalan untuknya membangun pertemanan dengan banyak orang. Hal tersebutlah yang menjadi sebuah inspirasi terbentuknya Alibaba Group. Websitenya yang bernama Alibaba.com menjadi salah satu website bisnis online yang dirintisnya dari sebuah apartemen kecil. Saat itu pun ia harus bergelut dengan jaringan internet yang berjalan lambat. Situs bisnis online tersebut menjadikan Jack Ma, sang ayah dari dua orang anak, seorang penghubung antara seluruh konsumen di dunia dengan para eksportir China.

Profil Jack Ma, Pendiri Alibaba dan Kiat Suksesnya

Alibaba Group Menjadi Retail Online Besar Dunia

Bisnis onlinenya terus berjalan sampai akhirnya, Alibaba Group bentukannya menjadi salah satu retail online terbesar yang ada di dunia. Alibaba Group memang masih berada di bawah Wall-Mart, akan tetapi ia masih mengungguli dua retail online lainnya jika digabungkan yaitu Amazon dan ebay. Alibaba Group tidak hanya diam sampai di sana saja, grup retail online China ini mulai merambah pasar Amerika dan ikut bersaing dengan menanamkan modal yang besar yaitu sebanyak 1 miliar dolar pada beberapa perusahaan start up. Perusahaan-perusahaan tersebut di antaranya adalah Fanatics, Tango, Kabam, Lyft, Uber, dan ShopRunner.

 

Kiat Sukses Seorang Jack Ma

Menjadi orang sesukses Jack Ma, bukan berarti tanpa perjuangan keras. Ada usaha keras, strategi, dan kiat-kiat yang ditempuh olehnya. Berikut beberapa kiat sukses Jack Ma.

  • Jeli dan pintar dalam melihat peluang usaha.

Pinta dan jeli dalam melihat peluang besar menjadi salah satu kiat suksesnya. Pada saat ia mendirikan bisnis e-commerce, dari sana ia melihat satu permasalahan yang sering dihadapi oleh para pengusaha China. Masalah utama tersebut adalah kurangnya pihak mentor yang bisa menjadi penghubung para pengusaha kecil serta kurangnya infrastruktur. Ia berhasil menjadikan permasalah tersebut sebagai sebuah peluang yang besar.

  • Mempunyai visi yang besar dan semangat membangun berbagai jaringan.

Jack Ma sadar, bahwa internet bisa menjadi jalan besar yang bisa menghubungkan dan menjembatani dunia bisnis terutama untuk masyarakat China. Salah satu cara untuk merealisasikan visinya tersebut adalah dengan mulai membangun koneksi yang kuat. Koneksi yang kuat ini membuatnya bisa menarik dana investasi dari rekan-rekannya.

  • Selalu belajar dari mereka yang sudah sukses.

Jack Ma merupakan contoh pebisnis sukses yang selalu dan banyak belajar dari mereka yang sudah mencicipi kesuksesan. Alibaba merupakan salah satu perusahaan perdagangan melalui internet. Hanya saja, Alibaba bukan perusahaan yang menyimpan persediaan dan menjualnya, grup ini hanya menjadi sebuah perantara. Sebagai perantara, Alibaba mampu untuk mengumpulkan komisi-komisi dari jasa yang telah diberikan. Bisnis model ini merupakan jenis bisnis yang lebih menguntungkan.

  • Pemilihan nama grup atau perusahaan yang tepat.

Pemilihan nama perusahaan harus dilakukan sebaik mungkin. Pemilihan nama cukup yang simpel, mudah diucapkan, tetapi bermakna besar dan sesuai dengan visi perusahaan. Nama Alibaba sendiri diambil Jack Ma dari nama tokoh Si Ali Baba dalam cerita negeri 1001 Malam. Karakter dari tokoh Ali Baba sendiri bagi Jack Ma sesuai dengan visi dari bisnis yang dirintisnya. Nama Alibaba ini dicetuskan pada tahun 2006 ketika ia sedang berada di sebuah kedai di San Fransisco dan tengah menikmati teh.

 

Demikianlah pembahasan tentang profil Jack Ma dan kiat-kiat suksesnya. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. [DIA]

Tags Biografi

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel