5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di Android

25 Jun 2015 16:00 4739 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Aplikasi Al-Quran menjadi salah satu aplikasi bermanfaat agar bisa membantu Anda membaca Al-Quran di mana saja.

Aplikasi Al-Quran-Membaca Al-Quran saat ini bisa lebih mudah dilakukan karena sudah banyak bermunculn aplikasi Al-Quran untuk smartphone Android. Selain aplikasi untuk membaca Al-Quran, ada juga Al-Quran dalam bentuk mp3 yang bisa didengarkan. Bagi Anda yang gemar bepergian, aplikasi Al-Quran ini akan banyak membantu saat Anda ingin mengaji Al-Quran di mana saja. Berikut uraian 5 jenis aplikasi Al-Quran untuk Android yang bisa diunduh dengan gratis.

 

Quran Terjemah

5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di Android

Quran Terjemah merupakan salah satu aplikasi Al-Quran di android yang bisa diunduh secara gratis. Aplikasi ini mulai dirilis sejak 26 Desember 2013 dan dikeluarkan oleh QT-Media. Aplikasi ini ternyata tidak hanya tersedia dalam versi android, tetapi juga tersedia dalam versi web dan versi windows PC. Aplikasi ini tersedia dalam tiga versi terjemahan, yaitu bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan bahasa Malaysia.

 

Al-Quran al-Hadi

Aplikasi Al-Quran ini merupakan aplikasi besutan pengembang Indonesia yaitu Pusat Kajian Hadis. Aplikasi ini dirilis pertama kali pada tanggal 2 Juni 2015. Aplikasi Al-Quran al-Hadi ini memberikan kemudahan pada penggunanya untuk membaca, mengkaji, dan memahami Al-Quran. Aplikasi ini dilengkapi dengan indeks tematik yang akan membantu mengkaji isi kandungan dari Al-Quran yang lebih terstruktur, dibuat dalam bentuk skema yang besar dan lebih detail dan pada akhirnya mulai ditunjukan ayat serta artinya.

5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di Android

Fitur lainnya adalah fitur kajian ayat. Untuk mengetahui arti dan tema apa dari ayat Al-Quran yang dibaca, Anda bisa memasukkan ayat yang dimaksud dan hanya tinggal pilih tombol cari. Kajian yang dibahas dalam ayat tersebut kemudian akan muncul. Aplikasi ini memberikan Anda dua manfaat yaitu bisa mengetahui beberapa dalil yang sumbernya langsung dari Al-Quran dengan mudah dan bisa mengetahui tentang tema dari kajian ayat-ayat dalam Al-Quran.

 

Marbel Juz Amma

5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di AndroidAplikasi ini berisi berbagai surat yang terkandung di dalam Juz Amma. Aplikasi besutan Educa Studio ini dirilis pada tanggal 26 April 2015. Fitur-fitur yang bisa dinikmati di antaranya huruf arab, cara bacanya yang dilafalkan secara latin, dan artinya. Aplikasi Marbel Juz Amma ini memiliki desain yang menarik. Surat-surat yang tercantum dalam Juz Amma tersebut di antaranya Al-fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, Al-Nashr, Al-Kafirun, Al-Kautsar, Al-Maun, Al-Quraisy, Al-Fill, Al-Humazah, Al-Ashr, Al-Takaatsur, Al-Qaari’ah, AL-Adiyat, Al-Zalzalah, AL-Bayyinah, Al-Qadr, Al-Alaq, At-Tin, Al-Insyirah, Ad-Dhuha, Al-Lail, Asy-Syams, Al-Balad, Al-Fajr, Al-Ghasyiyah, Al-A’la, At-Thariq, Al-Buruj, Al-Insyiqaq, Al-Muthaffifin, Al-Infithar, At-Takwir, Abasa, An-Naziat, dan An-Naba’.

 

Belajar Membaca Al-Quran

5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di Android

Aplikasi Belajar Membaca Al-Quran ini merupakan aplikasi belajar yang cocok untuk anak-anak. Akan tetapi, selain untuk anak-anak, aplikasi ini juga bisa digunakan oleh orang dewasa yang belum lancar membaca Al-Quran. Aplikasi besutan X-Gaf Studio ini dirilis pada tanggal 28 mei 2015. Untuk bisa menikmati aplikasi ini, smartphone yang Anda gunakan harus sudah memiliki aplikasi Adobe Air dan Android denganh versi 2.3 ke atas. Desain yang ditampilkan sangat berwarna dan akan disukai oleh anak-anak.

 

Quran Kata per Kata

5 Aplikasi Al-Quran yang Bisa Diunduh di Android

Aplikasi ini dirilis pada tanggal 29 Januari 2014 oleh Saliima Software. Aplikasi Quran Kata per Kata ini akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk membaca serta mempelajari Al-Quran. Dilengkapi juga dengan penggunaan font yang istimewa. Fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi ini adalah terjemahan per kata*, adanya beberapa pilihan Qari*, dan terjemahan ayat-ayat yang dilengkapi dengan tafsir dari Jalalayn dan Ibnu Abbas.

Selain fitur-fitur tersebut terdapat juga fitur lainnya yang akan membuat Anda menyukai aplikasi Al-Quran ini di antaranya, bookmark halaman, tanda dari tajwid yang berwarna, pilihan menu untuk mengunduh audio, pilihan menu untuk mengecek hafalan dari Quran dan untuk mendengarkan audio saja, fitur untuk Zoom In dan Zoom Out*, bookmark ayat*, terjemahan yang disajikan serta tafsirnya sudah tersedia dalam bahasa Indonesia kecuali untuk tafsir Ibnu Abbas tersedia dalam bahasa Inggris, penyusunan dibuat per halaman berdasarkan Mushaf Madinah, tadabbur makna per ayat* bisa sambil mendengarkan audio, dan tersedia fitur berbagi baik pada email, whatsapp, sms, dan lain-lain. Untuk fitur yang diberi tanda bintang (*), penggunaannya dibatasi sebelum dilakukan proses registrasi.

Demikianlah beberapa aplikasi Al-Quran yang bisa diunduh di Android yang bermanfaat terutama untuk menemani kegiatan mengaji di bulan puasa. Semoga pembahasan ini bermanfaat untuk Anda.[DIA]

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel