Tips Mudah Memperbaiki Android yang Bootloop

24 Jul 2015 10:00 7678 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
 Mudah memperbaiki Android yang mengalami bootlloop atau stuck di bootloader atau bagian yang lainnya

Tips Mudah Memperbaiki Android yang Bootloop-Karena Android sangat fleksibel dan diberikannya kemungkinan kepada pengguna untuk memodifikasinya, tidak sedikit user yang mengalami kesulitan. Namun, yang perlu Anda catat sebelum memodifikasi Android, sebaiknya Anda paham dulu kemungkinan apa kendala yang akan dihadapi. Yang paling sering adalah bootloop atau bila kerusakannya cukup parah mungkin hardbrick.

Dua istilah tersebut perlu Anda pahami dan tahu cara mengatasinya sebelum mengoprek Android Anda. Jadi, ketika menghadapi kedua masalah ini Anda tidak langsung panik dan segera membawa smartphone Anda ke service centre. Logikanya, kita mengotak-atik software Android yang kemungkinan kecil sekali bisa merusak hardware. Jadi selama software-nya yang bermasalah, seharusnya ada jalan keluar. Berikut Tips memperbaiki Android yang bootloop.

Tips Mudah Memperbaiki Android yang Bootloop

Pengertian Bootloop

Bootloop merupakan masalah pada OS Android yang gagal masuk ke sistem. Jadi, Android Anda tersangkut pada bagian boot tertentu entah itu saat di bootloader (gambar saat pertama menyala) atau bootanimation (animasi saat ingin masuk ke sistem). Pada umumnya pada kedua bagian ini bootloop terjadi walau tidak menutup kemungkinan ketika sedang proses upagrade aplikasi sebelum masuk ke tampilan Android Anda. Bootloop secara menyeluruh kita kategorikan sebagai keruskan menengah karena masih memungkinkan kita untuk menggunakan setidaknya fastboot Android. Berikut jenis-jenis bootloop dan cara mengatasinya.

 

-Lightbootloop

Merupakan bootloop tingkat paling ringan. Biasanya ini terjadi ketika Anda menginstal APK, bermain game atau kegiatan normal lainnya tetapi, tiba-tiba Android Anda mati tua reboot sendiri dan mengalami bootloop. Ketika Anda mencoba untuk menyalakannya kembali, bootloop tetap tidak teratasi. Cara mengatasinya, diamkan sejenak Android Anda atau lepas baterai bila memungkinkan. Setelah 10-15 menit kembali pasang baterai dan nyalakan Android Anda. Bila tidak berhasil, berarti bootlloop Anda masuk ke tingkat berikutnya. Sebagai cacatan, melakukan reboot berulang-ulang kali bisa menyebabkan hardbrick. Untuk itu, Anda perlu memberikan Android Anda istirahat beberapa waktu bila sudah mulai terasa panas. Untuk lebih mengetahui mengenai hardbrick, Anda bisa membaca artikel kami Cara Mengatasi Hardbrick Pada Android atau Ponsel yang Tidak Mau Menyala .

 

-Medium bootloop

Medium bootloop bisanya berasal dari custom recovery yang Anda gunakan, bisa karena menginstal custom recovery tau juga menginstal file zip dari custom recovery. Custom recovery memang memiliki kemampuan yang jauh lebih baik dari recovery bawaan, tetapi yang perlu Anda ketahui tidak semua custom recovery sama, jadi pastikan Anda memasang recovery yang tepat untuk Android Anda. Custom recovery yang umum digunakan Andalah PhilZ Touch atau CWM dan TWRP. Kedua custom recovery ini paling banyak digunakan karena suport berbagai perangkat Android. Ketika Anda sudah memastikan custom recovery yang digunakan sesuai untuk perangkat Anda, tetapi mengalami bootloop setelah menginstal file zip melalui custom recovery, Anda perlu menginstal kembali ROM terakhir yang Anda gunakan (sebelum terjadi bootloop). Lakukan wipe cache dan dalvik atau art, restart Android Anda. Bisanya bootloop karena instalasi file zip bisa teratasi dengan ini.

 

-Hard bootloop

Tingkatan bootloop paling parah, tetapi tetap kita tidak perlu membawanya ke service centre karena bisa mengatasinya sendiri. Pada bootloop ini kita tidak bisa masuk ke recovery mode, hanya sampai pada bootloader saja, tetapi Anda masih bisa masuk ke mode fastboot dengan menekan tombol Power + Down saat ponsel reboot sebelum dia menyala. Pada mode ini, Anda bisa mereset ulang ROM Anda dengan bantuan PC/Laptop tentunya menggunakan software tambahan. Pada umumnya, perangkat Android menggunakan Odin, SP Flash untuk ponsel seperti Imo, Axio, Advand Vandroid, HTC, Acer dan lain sebagainya. Bila Anda menggunakan Odin, ikuti cara berikut, Cara Flash Samsung Young Odin. 

Menggunakan SF Flash juga tidak jauh berbeda dengan Odin. Bila Anda memutuskan untuk menggunakan Fastboot, caranya juga akan berbeda setiap handphone termasuk code untuk menjalankan fastboot dan biasanya setiap brand memiliki fastboot tersendiri untuk Windows. Setelah memutuskan menggunakan cara yang mana, Anda harus menyiapkan sistem image (stock ROM) perangkat Anda kemudian lakukan proses restock firmware. Adan bisa menemukan tata cara proses me-restock perangkat Anda di XDA Developer. Hampir semua jenis Android ada di sana. Selamat mencoba.


Demikian informasi tentang  cara mudah memperbaiki Android yang bootloop. Semoga informasi ini membantu Anda dalam menyelesaikan masalah bootlop di Android. [RIC]

 

 

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel