Amalan Baik Ketika Mendengarkan Adzan

24 Jun 2015 09:59 3665 Hits 2 Comments
Saling Mengingatkan dalam kebaikan, itu lebih baik daripada berdiam diri :)

Sebagai umat islam kita diberi kemudahan oleh Allah SWT untuk menabung amal melalui amalan-amalan yang mudah kita jumpai setiap harinya. Dimulai dari bangun tidur, hingga tidur lagi ada begitu banyak amalan yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah amalan saat mendengar kumandang adzan.

1. Tinggalkan aktivitas dan bersegera ke Masjid

Dari Al Aswad, dia berkata bahwa dia menanyakan pada ‘Aisyah mengenai apa saja yang dilakukan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam di rumahnya?
‘Aisyah menjawab : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membantu pekerjaan keluarganya, ketika ada panggilan shalat jama’ah, beliau bergegas pergi menunaikan shalat.” (HR. Bukhari)
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : “Seandainya setiap orang tahu keutamaan adzan dan shaf pertama, kemudian mereka ingin memperebutkannya, tentu mereka akan memperebutkannya dengan berundi.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda : “Sebaik-baik shaf bagi laki-laki adalah shaf pertama, sedangkan yang paling jelek bagi laki-laki adalah shaf terakhir. Sebaik-baik shaf bagi wanita adalah shaf terakhir, sedangkan yang paling jelek bagi wanita adalah shaf pertama” (HR. Muslim)

2. Usahakan Berwudhu (bersuci) di Rumah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian dia berjalan menuju salah satu rumah Allah untuk menunaikan kewajiban yang Allah wajibkan, maka satu langkah kakinya akan menghapuskan kesalahan dan langkah kaki lainnya akan meninggikan derajat” (HR. Muslim)

3. Berjalan Kaki ke Masjid

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah” (HR. Muslim)
“Setiap langkah menuju tempat shalat akan dicatat sebagai kebaikan dan akan menghapus kejelekan” (HR. Ahmad)

4. Tidak Tergesa-gesa Menuju Masjid

Abu Qotadah mengatakan : “Tatkala kami menunaikan shalat bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika itu terdengar suara beberapa orang yang tergesa-gesa. Kemudian setelah selesai shalat beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata : “Ada apa dengan kalian tadi?” Orang-orang yang tadi tergesa-gesa pun menjawab : “Kami tadi tergesa-gesa untuk shalat.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata : “Janganlah kalian lakukan seperti itu. Jika kalian mendatangi shalat, bersikap tenanglah. Jika kalian mendapati imam shalat, maka ikutilah. Sedangkan apa yang luput dari kalian, sempurnakanlah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Baca juga :

               5 Minuman dan Makanan Manis ini Paling Direkomendasikan untuk Buka Puasa

               Review MSI N730K 2GD5/OC V1: Kartu Grafis Multimedia yang Siap Gaming

 

5. Berdzikir Ketika Memasuki Masjid

Dari Abu Usaid, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, ucapkanlah: Allahummaftah lii abwaaba rohmatik (Ya Allah, bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu). Dan jika keluar dari masjid, ucapkanlah: Allahummaftah lii abwaaba min fadhlik (Ya Allah, bukakanlah padaku pintu kemuliaan-Mu).” (HR. Muslim)

6. Shalat Tahiyyatul Masjid, jangan Langsung Duduk

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian memasuki masjid, maka janganlah dia duduk sampai dia mengerjakan shalat sunnah dua raka’at (shalat sunnah tahiyatul masjid)” (HR. Bukhari)

7. Tidak Mengerjakan Shalat Sunnah Ketika dan Setelah Iqomah

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Apabila dikumandangkan iqomah, maka tidak ada shalat lagi selain shalat wajib.” (HR. Muslim)

8. Tidak Berdiri Ketika Iqomah Sebelum IMAM Berdiri

Dari Abu Qotadah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika iqomah sudah dikumandangkan, maka janganlah kalian berdiri sampai kalian melihatku berdiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)

_ISLAM ITU INDAH

_Salam Sukses Berkah

Tags

About The Author

Arwin Darwis 30
Ordinary

Arwin Darwis

Setidaknya, ada keinginan untuk BERKARYA. .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel