Biografi Amelia Earhart, Pilot Perempuan Pertama di Dunia

12 Jun 2015 14:10 5731 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Amelia Earhart, seorang penerbang perempua yang juga ikut aktif memajukan dan mengenalkan dunia penerbangan.

Biografi Amelia Earhart-Amelia Mary Earhart yang lahir di Atchison, Kansas Amerika Serikat, merupakan pilot pertama perempuan di dunia. Amelia Earhart merupakan putri dari pasangan Edwin Earhart dan Amy Earhart yang dilahirkan di rumah kakeknya. Sang kakek, Alfred Otis merupakan mantan hakim federal yang sebenarnya tidak merestui pernikahan putrinya, Amy dengan Edwin Earhart yang menyebabkan hubungan rumah tangga keduanya berantakan.

 

Masa Kecil Amelia Earhart dan Pendidikannya

Amelia kecil merupakan anak yang tomboy, berdasarkan beberapa pendapat merupakan dampak dari berantakannya rumah tangga orang tuanya. Amelia dan adiknya, Muriel tetap tinggal bersama kakeknya di Atchison sampai ia berusia 12 tahun. Ketika Amelia berusia 10, sanga yah yang pada saat itu bekerja sebagai eksekutif di sebuah perusahaan kereta api mendapatkan promosi dan akhirnya dipindahkan ke wilayah Des Moines. Ayahnya pernah mengajak Amelia dan adiknya untuk melihat pesawat terbang di bagian Iowa, hanya saja saat itu Amelia berlum tertarik dengan pesawat.

Sebelum bersekolah di sekolah formal, Amelia sempat belajar secara informal bersama ibunya, Amy yang berprofesi sebagai guru. Baru pada tahun 1909 saat seluruh keluarganya bisa kembali berkumpul, Amelia mulai masuk sekolah umum dan duduk di kelas tujuh. Ayah Amelia memiliki masalah sering mabuk-mabukan, yang membuatnya terpaksa untuk pensiun pada tahun 1914. Pada tahun 1915, ayah Amelia mendapatkan pekerjaan di Great Notrthern Railway sebagai juru tulis. Kemudian Amy Earhat membawa Amelia ke Chicago dan tinggal di rumah temannya. Amelia melanjutkan sekolah SMUnya di SMU Hyde Park dan lulus pada tahun 1916. Ia sempat kuliah di Ogontz, Rydal, Pennsylvania, akan tetapi akhirnya ia tidak menyelesaikan kuliahnya.

Amelia sempat menjadi seorang asisten perawat dan bekerja di Rumah Sakit Militer Spadina di Toronto, Ontario. Ia terus melanjutkan pekerjaannya sebagai asisten perawat sampai terjadinya gencatan senjata yang menjadi tanda berakhirna masa Perang Dunia I yang ditandatangani pada tanun 1918 tepatnya di bulan November.

 

Karir dan Pengalaman Penerbangan Amelia Earheart

Pada tahun 1919, Amelia akan mendaftar ke Universitas Smith, tetapi ia akhirnya mengalihkan pemikirannya dan mendaftar ke Universitas Columbia untuk belajar kedokteran. Hanya saja, satu tahun kemudian ia berhenti dan memutuskan untuk mendampingi  orang tuanya di California yang sudah bersatu kembali. Ia pernah mengunjungi lapangan udara bersama ayahnya di Long Beach dan mendapatkan tumpangan dari Frank Hawks, sebuah tumpangan yang akhirnya menggiringnya untuk memutuskan belajar terbang dengan pesawat.

Ada banyak usaha yang ditempuhnya untuk bisa belajar di sekolah penerbangan. Ia bekerja sebagai pengemudi truk, fotografer, dan di sebuah perusahaan telepon lokal. Ia memulai pelajaran penerbangannya pada tanggal 3 Januari 1921 di dekat Long Bech, di lapangan udara Kinner. Enam bulan setelahnya, ia membeli sebuah pesawat dengan sayap ganda kuning Kinner Airster yang kemudian diberinya nama Canary. Ia berhasil menerbangkan Canary pada tanggal 22 Oktober 1922pada ketinggian 14.000 kaki. Ia memperolah izin terbang atau izin pilot pada tanggal 15 mei 1923 dengan nomor 6017 dari Federation Aeronautique Internationale.

Karir dan penerbangan yang pernah dilakukan oleh Amelia Earhart di antaranya sebagai berikut.

  • Tahun 1924 mengantarkan ibunya yang telah bercerai dari sang ayah ke Boston, Massachusetts dengan melintasi Amerika Serikat.
  • Menjadi anggota Perhimpunan Aeronotik Nasional cabang Boston.
  • Amelia pernah menerbangkan pesawat milik Lady mary Heathyang bernama Avro Avian 594 Avian III, SN: R3/AV/101 yang kemudian dibelinya dan dikirim ke Amerika.
  • Pada tahun 1928 pernah terbang sendiri melintasi Amerika Utara dan berhasil kembali.
  • Pada tahun 1923 mengikuti Balapan Udara Wanita Santa Monika-ke-Cleveland dan berhasil menjaga juara ketiga.
  • Pada tahun 1930 menjadi anggota dari Asosiasi Aeronatik Nasional dan aktif dalam promosi untuk didirikannya rekor wanita yang terpisah.
  • Pada tahun 1931, Amelia menerbangkan Pitcairn PCA-2 Otogiro. Penerbangan ini menciptakan rekor dunia karena ia mampu mencapai ketinggian 18.415 kaki.
  • Melakukan penerbangan transatlantik pada tahun 1932 dari pelabuhan Grace, Newfounland menuju Paris dengan menggunakan Lockheed Vega selama 14 jam 56 menit dan mendarat di padang rumput Culmore, Irlandia Utara karena masalah teknis dan cuaca yang tidak bersahabat.
  • Pada 11 Januari 1935 melakukan penerbangan dari Honolulu ke Oakland.
  • Pada 19 April 1935 melakukan penerbangan dari Los Angeles ke Meksiko.
  • Penerbangan keliling dunia yang dimulai pada tahun 1937, mengalami masalah dan dinyatakan hilang pada tanggal 2 Juli 1937 di pertengahan Samudera Pasifik dan di dekat pulau Howland. Amelia dinyatakan meninggal pada tanggal 5 Januari 1939.

 

Masih banyak pengalaman penerbangan serta rekor terbang yang diraih oleh seorang Amelia Earhart. Masalah menghilangnya Amelia juga masih menjadi sebuah perbincangan.

Demikianlah sekilas biografi tentang seorang Amelia Earhart. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.[DIA]

 

                                                                                                                                                         

 

 

 

 

 

Tags Biografi

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel