Apple Music, Layanan Streaming Musik dengan Fitur yang Tak Biasa

9 Jun 2015 18:30 2681 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Layanan streaming musik ini didukung penuh dengan layanan Apple dan perusahaan Beats

Layanan Streaming Musik-Pengumuman kehadiran Mac OS X 11 El Capitan dan sistem operasi iOS 9 mungkin bukan hal yang mengejutkan di ajang WWDC 2015. Yang cukup mengejutkan justru adalah kehadiran Apple Music, sebuah layanan streaming besutan Apple. Layanan streaming ini tentunya menarik perhatian karena Apple tidak hanya menghadirkan layanan musik streaming seperti layana lain yang serupa. Layanan ini didukung penuh dengan layanan Apple lainnya serta dukungan dari perusahaan Beats. Tidak hanya itu, layanan ini didukung dengan 30 juta koleksi lagu. Sebuah jumlah yang tentunya sangat banyak. Layanan ini menjadi istimewa karena didalamnya terdapat fitur-fitur menarik seperti berikut ini.

 

1. Fitur For You

Fitur ini merupakan fitur yang memungkikan pengguna memilih kategori dan musik tertentu sesuai selera Anda. Pilihan dan kategori musik favorit juga bisa dihadirkan dengan cara yang lebih speisfik. Fitur ini juga mengharuskan penggunanya untuk memasukan data seperti genre musik dan artis favorit. Tidak hanya itu, fitur ini akan membuat pengguna bisa melihat album dan lagu terbaru yang hadir di layanan ini.

 

2. Dukungan Siri

Siri merupakan layanan asisten virtual pintar dari Apple. Layanan ini tentunya mendukung penuh Apple Music dalam hal pencarian lagu lewat suara. Sebagai contoh, jika pengguna ingin mencari lagu pada tahun tertentu, maka pengguna cukup memerintahkan hal itu lewat suara. Nantinya, Apple Musid dengan dukungan Siri akan menampilkan hasil pencarian berdasarkan perintah suara Anda. Perlu diingat, perintah suara yang didukung adalah perintah suara dalam bahasa Inggris.

 

3. Radio 24 Jam

Apa peranan Beats dalam Apple Music? Beats ternyata menghadirkan layanan Apple Music Radio berupa stasiun radio yang mengudara 24 jam, Beats 1. Layanan radio ini akan dikelola oleh Zane Lowe dan Ebro Darden, dua ahli musik yang akan bertanggung jawab penuh dengna konten di stasiun radio ini. Stasiun radio ini tidak hanya menghadirkan lagu tetapi juga menghadirkan wawancara  ataupun juga obrolan khas radio pada umumnya.

 

4. Layanan untuK Keluarga

Perlu diingat, Apple Music bukanlah layanan gratis. Layanan ini merupakan layanan premium alias layanan berbayar. Layanan ini dibanderol dengan harga $9.99 per bulan. Sebuah banderol harga yang tergolong murah tentunya. Menariknya, layanan berbayar juga memiliki opsi paket  keluarga. Layanan paket keluarga ini lebih murah dibandingkan layanan perorangan. Layanan paket keluarga ini hanya dibanderol dengan harga USD14.99 per bulan untuk enam orang anggota keluarga. Layanan keluarga ini bisa berfungsi via  iCloud Family Sharing. Untuk mempromosikan layanan ini, Apple membuat kejutan dengan menghadirkan layanan gratis selama 3 bulan saja.

 

5. Fitur  Jejaring Sosial

Fitur jejaring sosial dalam layanan Apple Music adalah memungkinkannya pengguna untuk berinteraksi dengan para musisi atau artis favorit. Para musisi bisa mengungah apapun dalam layanan ini sehingga pengguna Apple Music bisa mendapatkan kabar lebih cemat dan juga bisa memberi komentar terhadap apapun yang dikirimkan oleh musisi tersebut. Fitur jejaring sosial ini disebut sebagai Apple Music Connect.

Dari fitur-fitur tersebut, Apple Music memang akan menjadi layanan streaming musik yang berbeda. Apalagi layanan ini akan hadir di semua pernagkat besutan Apple mulai 30 Juni 2015. Tidak hanya itu, Apple Music juga akan hadir pada perangkat Apple TV. Dan yang mengejutkan, Apple Music akan hadir pada perangkat Android musim gugur nanti. [HMN]

Tags Apple

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel