Antivirus Gratis Tidak Benar-benar Gratis

9 Jun 2015 09:00 2687 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Antivirus gratis sebenarnya tidak benar-benar gratis karena selalu ada sponsor atau hal lainnya.

Antivirus gratis saat ini bertebaran di internet. Perusahaan-perusahaan Antivirus tak enggan melebel produknya gratis. Sebenarnya, seharusnya kita sudah bertanya mengapa software yang sedemikian penting dan besar bisa digratiskan. Tidak, mereka tidak benar-benar gratis. Produsen Antivirus membundel adware, spyware, toolbar dan junk lainnya untuk mendapat uang secara cepat. Sebelumnya, Antivirus gratis menyediakan iklan yang mendorong pengguna untuk meng-upgrade menjadi produk premium. Sekarang perusahaan Antivirus gratis menghasilkan uang melalui iklan, tracking dan junkware. Kita mungkin tidak sadar akan hal tersebut apalagi untuk program yang berjalan di background, atau mungkin Anda tahu tetapi menganggapnya wajar karena produknya gratis. Tetapi sebelumnya, mari kita lihat penjelasan di bawah.

 

Bagaimana mereka menghasilkan uang dari PC Anda?

Berikut adalah ringkasan singkat cara perusahaan Antivirus menghasilkan uang. Ini mirip dengan cara yang diterapkan freeware lainnya untuk Windows dengan memasukkan junk ke komputer Anda.

 

  • Mengubah search engine

Ada perusahaan Antivirus gratis yang mencoba mengubah search engine browser Anda ke search engine yang mereka pilih. Mereka kemudian mendapat uang ketika Anda mengklik iklan pada halaman hasil pencarian search engine tersebut. Terkadang ini di lebel dengan ‘secure search’, tetapi sebenarnya Anda menggunakan search engine murahan yang tujuannya hanya untuk uang.

 

  • Mengganti home page

Perusahaan Antivirus juga ingin mengubah home page Anda, mengarahkan ke website yang bisa menghasilkan uang untuk mereka

 

  • Ask Toolbars atau yang sejenis

Banyak program gratisan yang membawa Ask toolbar. Beberapa perusahaan menggunakan versi yang sudah diubah namanya dari Ask Toolbar, tetapi itu masih saja Ask Toolbar yang banyak mengganggu pengguna internet.

 

  • Junkwere

Perusahaan Antivirus menambahkan program lainnya (atau penawaran) di installer mereka yang secara otomatis terinstal secara default. Mereka mendapat bayaran dari pembuat program tersebut jika Anda menginstalnya. Hitungannya per instal.

 

  • Tracking

Perusahaan Antivirus melacak kebiasaan browsing Anda dan rincian pribadi lainnya. Beberapa perusahaan mungkin menjual data tersebut untuk mendapatkan uang lebih.

 

Comodo Free

Comodo free berusaha mengubah mesin pencari di web browser Anda ke Yahoo! Dan membundel software GeekBuddy. Dia juga membundel produk Comodo lainnya yang mungkin tidak Anda harapkan seperti pengubah server DNS ke server Comodo dan menginstal Chromodo (browser berbasis Chromium yang dibuat Comodo). Sebagai perusahaan software yang bergerak bukan hanya di satu bidang, Comodo memiliki celah keamanan yang besar. Ada banyak peluang software buatan Comodo lainnya masuk ke PC Anda walau Anda tidak menginginkannya. Bila Anda ingin menginstalnya, selalu perhatikan custom installation.

 

Ad-Awere Free

Ad-Awere Lavasoft mengusung ‘Web Protection’ yang akan mengamankan pencarian online Anda dengan menetapkan SecureSearch sebagai home page dan search engine default. Walau namanya sepertinya baik, ini tidak benar-benar merupakan fitur keamanan. Sebaliknya, hanya mengalihkan browser web Anda untuk menggunakan search engine Yahoo! Di background, ini berarti juga mendukung Bing. Jika Anda lebih suka Bing, tidak ada masalah, tetapi mengapa Anda tidak menggunakan langsung situs Bing? Melalui situs Bing langsung Anda akan mendapat pengalaman yang lebih baik ketimbang melalui perantara Ad-Awere buatan Lavasoft.

 

Avira, Avast, AVG dan Bitdefender

Avira mengarahkan Anda untuk menginstal Avira SafeSearch Plus yang merupakan nama lain dari Ask Toolbar. Hasil pencariannya akan mengarahkan Anda ke Ask.com. Avast! merupakan Antivirus gratis yang jauh lebih baik dari yang ada di daftar ini, tetapi mereka tetap membundel adware pada instalernya. Untungnya avast! Memberikan penawaran Google Toolbar dan Dropbox yang merupakan software berkualitas. Jadi mungkin Anda membutuhkannya. Anda juga memiliki pilihan untuk tidak menginstal produk tambahan dari avast!. AVG memiliki seperangkat alat tambahan yang cukup menjengkelkan seperti Toolbar AVG Security, AVG Reward, AVG Web TuneUp dan SecureSearch. Tetapi, AVG memberikan instruksi untuk menghapus ini semua. Sebelumnya, banyak sekali penawaran yang diberikan AVG dan sepertinya belum ada perubahan saat ini. Jadi, Anda perlu hati-hati dalam menginstal AVG Free. Bitdefender memang tidak memasang junkware ke PC Anda, tetapi mereka membundel toolbar atau software yang mirip saat instalasi.

 

Jadi Antivirus apa yang harus di gunakan?

Cukup menjengkelkan mungkin karena Antivirus gratis ini membawa junkwere yang bisa terinstal sewaktu-waktu. Beberapa produk Antivirus yang legal dan gratis seperti Microsoft Windows Defender (Windows 8, 8.1 dan 10) yang dibundel Mirosoft saat pembelian Windows. Atau juga Microsoft Security Essentials untuk Windows 7. Bitdefender adalah antivirus yang solid, tidak menawarkan sampah tetapi membawa toolbarnya sendiri. Avast! Tidak sempurna karena dia menawarkan perangkat lunak tambahan walau yang dia tawarkan adalah software berkualitas. AVG penuh junk yang menjengkelkan beberapa waktu lalu, tetapi baik-baik saja ketika kita mencobanya. Kami lebih menyarankan avast! Dari pada AVG jika Anda ingin Antivirus gratis. [RIC]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel