Salah Satu Cara Menguatkan Penglihatan Mata

8 Jun 2015 20:56 6170 Hits 0 Comments
Indahnya Islam adalah karena mengajarkan umatnya untuk beribadah sekaligus untuk keperluan kesehatan tubuhnya.

Setiap yang diperintahkan untuk dilakukan dan dilarang untuk dilakukan dalam Islam, pasti memiliki tujuan dan makna akan yang berguna untuk setiap orang yang mengerjakannya.

Salah satu contohnya adalah mengenai sholat. Gerakan sholat yang diterima oleh Rasulullah atas perintah Allah swt., bukanlah gerakan sembarang. Setiap gerakan dalam sholat, memiliki makna yang luar biasa khasiatnya. Hal ini telah banyak dibuktikan oleh para ahli dan orang-orang yang mendalaminya.

Dalam melaksanakan sholat, ada beberapa gerakan yang memakruhkan sholat. Salah satunya adalah memejamkan mata atau menutup mata rapat-rapat. Mengapa dalam sholat, umat Islam dianjurkan membuka mata ? Mengapa tidak boleh menutup mata ? Apakah hal ini dilakukan untuk jaga-jaga ? ataukah agar ketika ada orang lain yang mau menyerang orang yang sholat, maka orang tersebut dapat dengan mudah menghindarinya ? Kita mungkin saja mengatakan “bisa jadi ya, bisa jadi tidak”. Tapi ada hal yang lebih penting sehingga kita diperintahkan agar membuka mata ketika sholat.  Yaitu agar kita tetap fokus pada satu titik tempat sujud.

Hikmah di balik pandangan mata tetap fokus pada satu titik tempat sujud adalah: Saat Ruku', otot mata akan menekan lensa mata untuk meningkatkan visi dan saat bangun dari Ruku’ maka otot mata akan melonggar kembali. Sementara saat Sujud, lensa mata akan menyusut karena jarak antara mata dengan tempat sujud memendek, dan ketika bangun dari Sujud, maka itu akan mengendurkan otot-otot mata. Ini berarti secara tidak langsung, kita telah melatih dan menjaga kekuatan penglihatan mata kita. Hal semacam ini sangat penting untuk mereka yang penglihatannya lemah, dan juga penting untuk semua orang yang ingin kekuatan penglihatan matanya tetap terjaga.

Rasulullah SAW selalu memerintahkan kepada kita untuk membuka mata ketika sholat, terutama selama kita Ruku’ dan Sujud. Hal ini dapat kita lakukan selama 17 kali dalam sehari, bahkan sebanyak yang kita inginkan bisa kita lakukan. Semakin sering kita menjaga kekuatan penglihatan mata kita, maka semakin baik pengaruhnya untuk kesehatan mata.

Sebagai umat Islam, sudah sepantasnya kita mengikuti sunnah-sunnah dalam sholat. Jaga mata kita agar tetap fokus pada satu titik tempat sujud. Karena agama Islam telah mengajarkan agar kita dapat sehat secara batin dan rohani.

Inilah artikel yang sedikit menjelaskan kesehatan dalam perspektif Islam. Semoga dapat bermanfaat, khususnya kepada penulis.

Tags

About The Author

Arwin Darwis 30
Ordinary

Arwin Darwis

Setidaknya, ada keinginan untuk BERKARYA. .
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel