3 Mutlak Yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin

8 Jun 2015 10:12 7415 Hits 0 Comments
Siapapun kita, setidaknya kita adalah pemimpin bagi diri kita sendiri.

Kepemimpinan merupakan suatu hal yang mutlak dimilliki oleh setiap orang. Karena dengan memiliki jiwa kepemimpinan, seseorang dapat mengendalikan dirinya sendiri dan dapat memberikan arahan untuk orang lain. Sangat penting memiliki jiwa kepemimpinan yang bijaksana dan baik. Oleh karena itu prinsip – prinsip kepemimpinan harus ditumbuhkan pada kita sehingga kelak dapat mengatur sikap pribadi kita dan sebagai salah satu modal kita hidup bermasyarakat.

Lalu bagaimana caranya untuk mempersiapkan dan membentuk jiwa kepemimpinan yang baik pada diri kita? Apabila kita berbicara jiwa kepemimpinan ini, maka ini semua tidak terlepas pada masa – masa kita tumbuh seiring bertambah nya usia dan luasnya pergaulan kehidupan kita.

Lalu apa saja hal yang bisa kita lakukan supaya bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan yang baik dan bijaksana ini?

  • Tanggung Jawab

Tanggung jawab merupakan salah satu cara untuk melatih supaya jiwa kepemimpinan kita semakin tumbuh dan terasah. Karena dengan tugas tanggung jawab yang di emban maka akan semakin menjadikan kita pribadi yang lebih tangguh dan siap dengan segala kemungkinan yang dihadapi. Tanggung jawab ini bukan hanya sekedar kewajiban kita dalam suatu hal saja, lebih dari itu aspek tanggung jawab ini lebih luas.

  • Disiplin

Kita tentunya menghadapi dan melalui setiap detik dalam hidup ini dengan berbagai macam rutinitas. Nah untuk menumbuhkan sikap kepemimpinan ini disiplin merupakan poin yang harus dimiliki juga. Karena hal ini akan kita sebagai pribadi yang taat.

  • Toleransi

Sebagai manusia tentunya kita dilahirkan saling berbeda satu sama lain nya, sehingga memiliki perbedaan dalam aspek moril dan materil. Dengan toleransi sikap kita terhadap segala bentuk perbedaan , maka akan membentuk jiwa kepemimpinan yang merata tanpa melihat satu kubu.

Setidaknya itu 3 hal utama yang mutlak harus kita kuasai untuk bisa menjadi seorang pemimpin. Karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwasanya setiap manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Jadi sebelum kita bisa memipin orang lain, kita harus bisa memimpin diri kita sendiri untuk menjadi pribadi yang memang benar – benar dibutuhkan sebagai seorang pemimpin oleh  orang lain.

 

Tags

About The Author

Ridwan Ebing Setiadi 32
Ordinary

Ridwan Ebing Setiadi

seorang yang senantiasa tidak luput dari salah, khilaf, dan dosa. Seorang yang penuh dengan rasa ingin tahu tentang segala hal. seorang pria yang ingin memberikan manfaat bagi keluarga, orang disekitar lingkaran lingkungan serta khalayak pada umumnya. kegiatan di alam terbuka adalah rutinitas dan hobi yang saling berkesinambungan. dan menulis adalah salah satu cara pendokumentasian dari setiap perjalanan hidup yang dilalui selain dengan mata lensa kamera nya.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel