4 Hal yang tidak boleh dilakukan ketika berkomunikasi

5 Jun 2015 18:53 8460 Hits 0 Comments
Jalinlah komunikasi yang baik dengan setiap manusia yang menjadi lawan bicara, karena sesungguhnya kita diajarkan untuk menjalin hubungan baik dengan setiap umat.

Komunikasi adalah pemberian atau penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Berarti ketika berkomunikasi ada suatu tujuan yang ingin dicapai dalam pembicaraan, yaitu memahami pesan atau berita yang disampaikan oleh lawan bicara, yang akan jadi bukti untuk menceritakan hal serupa kepada orang lain. Maka setiap informasi yang disampaikan hendaknya adalah sesuatu yang sesuai dengan fakta.

Berikut 4 hal yang tidak boleh dilakukan dalam komunikasi

1. Menganalisa

Dalam KBBI, menganalisa berarti melakukan penyelidikan terhadap sesuatu (karangan atau perbuatan dsb) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab-musabab, duduk perkaranya, dsb). Jika dalam berkomunikasi kita terlalu menganalisa suatu perkataan dari lawan bicara, itu akan membuat komunikasi menjadi kurang lancar dan efektif. Yang sebaiknya kita lakukan adalah memahami setiap perkataan atau pernyataan yang diungkapkan oleh lawan bicara, kemudian memberikan respon yang baik dn searah dengan pembicaraan.

2. Menyalahkan

Dalam berkomunikasi, ketika kita menyalahkan seseorang atas sesuatu yang terjadi, maka bisa menyebabkan perbedaan pendapat yang bisa memunculkan perselisihan. Hal ini harus dihindari jika kita menginginkan komunikasi berjalan dengan baik.

 

Baca juga :

               Mobil Tanpa Supir Baidu akan Hadir di Jalanan 5 Tahun Kedepan

               Review HP Envy 17-6700HQ: Touchcreen 17 Inci dengan Performa Kencang

 

3. Menginterogasi

Dalam KBBI, menginterogasi berarti melakukan pemeriksaan terhadap sesuatu melalui pertanyaan lisan yang bersistem. Hal ini juga dapat menyebabkan kurang lancarnya dan tidak efektifnya komunikasi yang sedang berjalan. Karena ketika sedang berkomunikasi, kita bukanlah berperan sebagai penyelidik atas setiap pernyataan yang diucapkan. Tetapi dalam komunikasi, kita melakukan suatu hubungan saling memberikan atau bertukar informasi, bukan menginterogasi.

4. Menghakimi

Menghakimi  berarti mengadili atau berlaku sebagai hakim terhadap suatu perkara. Ini juga harus dihindari, karena dalam berkumonikasi kita bukannya ingin menjadi hakim, tetapi menjadi pembicara dan lawan bicara yang baik. Agar pembicaraan lancar, kebiasaan menghakimi sesuatu haruslah dihindari, agar tidak terdapat perselisihan dengan lawan bicara.

Menjadi pendengar yang baik adalah suatu perbuatan yang sangat disukai oleh lawan bicara. Ketika kita dapat melakukan komunikasi sesuai dengan etika berkomunikasi, maka komunikasi itu akan berjalan lancar. Pertukaran informasi akan berjalan dengan baik dan akan mendapatkan manfaat bersama atas komunikasi yang telah dilakukan.

Menjadi lawan bicara, bukan berarti menjadi hakim, pengacara, penyelidik ataupun interpol.

Tags

About The Author

Arwin Darwis 30
Ordinary

Arwin Darwis

Setidaknya, ada keinginan untuk BERKARYA. .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel