Mau Berwirausaha Namun Modal Tak Mencukupi? Begini Caranya!

4 Jun 2015 23:00 3191 Hits 0 Comments
Modal tak selamanya berupa uang. Temukan langkah-langkah memulai usaha jika keadaan finansial Anda tak mencukupi di artikel ini.

Sebenarnya dalam usaha apapun itu, semuanya pasti membutuhkan modal. Hanya saja, banyak yang salah kaprah tentang modal. Banyak yang hanya mengartikannya dengan modal berupa uang. Padahal, modal tidaklah selamanya harus berupa uang. Modal dapat berupa tenaga, barang investasi, dan sebagainya. Namun, di antara semua jenis modal, yang paling pertama dan utama adalah kemauan. Jika di dalam diri Anda tidak ada kemauan untuk memulai usaha, maka sebuah usaha tidak akan berjalan sama sekali.

Lantas, bagaimana memulai usaha dari nol alias tanpa modal uang sama sekali? Silahkan simak tips-tips di bawah ini.

Manfaatkan Tenaga Anda

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, modal tidak hanya berupa uang. Salah satu hal yang dapat Anda  jadikan sebagai modal selain uang adalah tenaga. Selagi tubuh Anda masih sehat dan segar bugar, syukuri anugerah Tuhan ini dengan bekerja mencari uang yang halal. Jika Anda tidak sanggup atau tidak ingin bekerja di sebuah tempat alias menjadi pegawai sementara, Anda bisa memulai dengan menjadi reseller atau agen penjualan, misalnya. Dengan cara ini Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari pinjaman demi memulai usaha Anda. Tabung sebagian atau seluruhnya untuk modal usaha Anda nanti.

Kumpulkan  Informasi

Selama Anda melakukan point pertama, carilah informasi dan ilmu seputar dunia wirausaha. Entah itu di internet, tanya-tanya dengan yang sudah berpengalaman dan lain sebagainya. Pepatah mengatakan “pengalaman adalah guru terbaik”. Untuk itu, jadikan pengalaman Anda selama menjadi reseller barang, menjual penganan titipan orang lain dan sebagainya sebagai guru dalam belajar seluk beluk dunia usaha. Ibaratnya, sambil menyelam minum air.

Adakan Survey

Survey yang dimaksud disini bukanlah survey seperti yang diadakan oleh perusahaan tertentu atau semacamnya, melainkan survey atau ‘penelitian’ kecil-kecilan terhadap pasar tentang produk apa yang nantinya akan Anda jual. Caranya sederhana saja, misalnya lakukan pengamatan di sekitar tempat kerja atau lingkungan tempat tinggal Anda, atau bisa juga lakukan browsing di internet.

 

Baca juga :

               Bosan dengan Pekerjaan, Pindah Kerja atau Wirausaha?

               5 Tips Berguna Untuk Pengguna Windows 10 Yang Perlu Diketahui

 

Libatkan Passion

Passion atau gairah akan menjadi penyemangat Anda untuk terus bertahan. Jadi, lebih baik pilih jenis usaha yang sesuai dengan passion Anda, jangan hanya semata-mata bergantung pada tren. Bisnis yang dilandasi dengan passion cenderung lebih lama bertahan dan lebih menumbuhkan kepercayaan konsumen dibanding dari yang sekedar ikut-ikutan.

Siapkan Mental

Jika Anda telah mendapat cukup banyak informasi tentang dunia usaha yang akan Anda geluti serta telah memutuskan usaha apa yang ingin Anda jalankan, saatnya untuk menyiapkan mental Anda. Bergelut di dunia bisnis tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Dibutuhkan kerja keras, fokus dan tekad yang kuat. Sebuah bisnis akan mengalami jatuh bangun. Jadi, persiapkan mental Anda agar tetap bangkit di kala bisnis sedang surut.

Segera Mulai!

Apabila modal finansial Anda telah tercukupi untuk memulai bisnis dan secara mental pun Anda telah siap, lalu apa lagi yang Anda tunggu? Segera laksanakan rencana bisnis Anda. Terlalu banyak pertimbangan tanpa berani memulai hanya akan membuat ide usaha Anda sekedar menjadi angan-angan.

Berpikir Positif

Jangan takut gagal atau berpikiran usaha Anda akan bangkrut atau berhentii di tengah jalan. Jika Anda berpikir demikian, percayalah usaha Anda akan benar-benar gagal.  Anda adalah apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda. Karenanya, selalulah berpikir positif.

 

Demikianlah artikel mengenai cara memulai usaha tanpa modal keuangan. Ingat modal tak selamanya uang. Semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

Nur Ramadhana 33
Ordinary

Nur Ramadhana

An ordinary girl
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel