Kebiasaan dalam Menyambut Bulan suci Ramadhan

4 Jun 2015 19:32 3762 Hits 0 Comments
Persiapan kita lakukan untuk memulai langkah baru dalam mengarungi sesuatu yang baru :)

Ramadhan sebagai bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim, hendaknya disambut dengan cara yang berbeda dari bulan-bulan yang lain. Hendaknya disambut dengan persiapan yang spesial. Seperti ketika kita ingin memasuki pusat kota, pastilah kita akan mempersiapkan banyak barang ataupun material serta fisik yang baik sebelum menginjakkan kaki didalamnya. Maka dari itu sebaiknya kita melakukan persiapan yang matang sebelum memasuki bulan Ramadhan.

Berikut ini, beberapa persiapan berdasarkan kebiasaan dalam lingkungan masyarakat penulis untuk menyambut bulan suci Ramadhan :

1.Berpuasa 3 hari sebelum bulan memasuki bulan Ramadhan

Banyak orang yang merasa berat saat memulai puasa pertama, kedua, bahkan sampai puasa ketiga. Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan seperti ini, banyak yang menjalankan puasa sunnah 3 hari sebelum bulan Ramadhan tiba. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menjalankan puasa tersebut, salah satunya yaitu sebagai ajang pembiasaan untuk memudahkan menahan  dihari-hari diawal Ramadhan.

2.Membersihkan barang-barang

Kebiasaan membersihkan barang-barang terutama pakaian memang sudah biasa atau sering dilakukan, bahkan setiap minggu pasti dilakukan. Beda halnya untuk menyambut bulan Ramadhan, banyak keluarga yang sengaja membersihkan pakaian atau barang-barang lainnya, dengan tujuan agar didalam bulan Ramadhan, bukan hanya diri yang dipersiapkan untuk bersih dan suci (fitrah) tetapi juga harus bersih secara keseluruhan, mulai dari barang-barang yang digunakan sampai dengan isi hati dan keimanan seorang muslim.

 

Baca juga :

               Ini 5 Ciri Anda Terlalu Banyak Konsumsi Gula Saat Puasa

               Hal yang Harus Diperhatikan Saat Datang ke Acara Bukber

 

3.Menyiapkan makanan spesial.

Yang satu ini, yang paling dinantikan. Tak sedikit keluarga yang sengaja menyiapkan makanan spesial untuk makan sahur diawal Ramadhan. Dengan menyiapkan makanan spesial, maka diharapkan agar saat berpuasa kita tidak mengeluh saat harus menahan selama 12 jam lamanya. Karena kita sudah diberikan kesempatan untuk menikmati makanan spesial.

4.Menerangi halaman rumah.

Malam sebelum pergi shalat tarawih, banyak juga keluarga yang sengaja menerangi halaman rumahnya dengan lampu-lampu menyerupai lilin, bahkan sampai mengelilingi rumahnya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar keluarga selalu mendapatkan cahaya

Itulah cara menyambut bulan suci Ramadhan yang jadi kebiasaan dalam lingkungan masyarakat kami. Bagaimana dengan dilingkungan masyarakatmu ?

Tags

About The Author

Arwin Darwis 30
Ordinary

Arwin Darwis

Setidaknya, ada keinginan untuk BERKARYA. .
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel